Sukses

Operator Tolak Pasarkan BlackBerry Z30

Salah satu operator terbesar di Kanada secara mengejutkan menolak untuk memasarkan BlackBerry Z30. Apa alasannya?

Setelah resmi diumumkan pada 19 September lalu, kini BlackBerry Z30 mulai memasuki tahap pemasaran. Namun sayang, tampaknya proses pemasaran handset berlayar sentuh seluas 5 inci pertama dari BlackBerry itu tidak semulus yang direncanakan.

Dikutip dari laman The New York Times, Senin (7/10/2013), BlackBerry mesti menelan pil pahit setelah salah satu operator terbesar di Kanada, Rogers, secara mengejutkan menolak untuk memasarkan BlackBerry Z30.

Presiden Rogers Robert Bruce beralasan bahwa pihaknya merasa BlackBerry Z30 kurang sesuai dengan kebutuhan pasar. Meski begitu, ia tetap menyatakan bahwa handset BlackBerry Z30 adalah sebuah produk smartphone yang sangat bagus.

"Kami harus membuat keputusan mengenai ponsel macam apa yang menarik bagi pelanggan kami," ujar Bruce.

Lebih lanjut Bruce menerangkan, BlackBerry Z30 yang mengandalkan navigasi layar sentuh merupakan perangkat segmen premium yang menyasar konsumen kelas atas dengan pangsa pasar cukup kecil. Hal ini tidak sesuai dengan strategi Rogers yang sedang serius menggarap konsumen yang lebih luas di kelas menengah ke bawah.

Menurut Michael Walkley, analis dari Canaccord Genuity T, penolakan Rogers merupakan sebuah tamparan keras bagi BlackBerry. Pasalnya, selama ini Rogers merupakan rekanan BlackBerry yang kerap berkerjasama di masa-masa awal kejayaannya. Bahkan, beberapa waktu lalu Rogers masih menjadi peluncur perdana handset BlackBerry Z10 di Kanada.

Namun, belakangan kebanyakan operator seluler memang merasa terbebani karena sulitnya menjual perangkat BlackBerry, khususnya seri Z10 yang telah mengsusng navigasi layar sentuh. Bahkan, hingga kini banyak distributor yang mengeluhkan menumpuknya stok BlackBerry Z10 di toko mereka.

BlackBerry Z30 merupakan handset pertama BlackBerry yang mengusung layar berukuran 5 inci Super AMOLED dengan resolusi 1280x768 piksel. Dipasarkan dengan bandrol premium 529 Poundsterling atau sekitar Rp 10 Jutaan, Z30 telah didukung dapur pacu prosesor dual core 1,7 GHz dengan RAM 2 GB, sistem operasi BB 10.2, serta memori internal 16 GB dan slot ekspansi memori eksternal.

Sebelunya BlackBerry juga telah memilih Malaysia sebagai salah satu negara tujuan peluncuran seri Z30 pada 26 September lalu. Sayangnya hingga kini belum ada kepastian kapan Z30 akan menghampiri Indonesia. (dhi/dew)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini