Sukses

Inovasi Baru, Baterai Nokia Lumia 925 Dicas Pakai Petir

Sebuah transformator dipasang untuk menangkap daya elektrik dari petir yang dipakai mengecas baterai Lumia 925.

Tenaga listrik menjadi kekuatan dasar yang harus tersedia untuk semua perangkat teknologi. Masih tak terbayang jika tanpa daya listrik gadget kita tetap bisa bekerja dengan baik di semua komponennya, tapi rasanya itu tak mungkin.

Para peneliti pun kemudian mencari cara membuat ponsel tetap bisa mendapat pasokan daya meski jauh dari colokan listrik. Alhasil, mereka mengujicoba mengisi ulang baterai dengan memanfaatkan petir.

Ilmuwan dari University of Southampton menggandeng Nokia untuk membuktikan kemampuan petir mengisi baterai. Kerjasama itu menjadikan Lumia 925 sebagai 'kelinci percobaan' dari cas baterai dengan petir tersebut.

Sebuah transformator dipasang untuk menangkap daya elektrik dari petir yang dipakai mengecas baterai Lumia 925. Voila, ketika kilatan petir melewati transfromator tersebut ponsel langsung menyala memperlihatkan tampilan saat mengecas baterai lewat colokan listrik.

Tapi sementara ini, petir yang dipakai mengisi daya ponsel di tes itu masih berupa petir buatan. Seperti Liputan6.com kutip dari Phone Arena, Senin (7/10/2013), para ilmuwan membuat simulasi petir menggunakan daya lebih dari 200 ribu volt yang dikirim melalui celah sebesar 300 mm yang menghasilkan daya serupa petir di alam bebas.

Seru juga kalau penelitian ini berhasil dan membuat kita tak perlu lagi mengandalkan colokan listrik saat mengisi ulang baterai. Semoga saja penelitian ini segera membuahkan hasil.

Penasaran dengan proses isi ulang pakai petir yang dilakukan peneliti asal Southampton? Saksikan saja videonya berikut. (den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.