Sukses

BBM Hadir di Indonesia dan Malaysia, Lebih Dulu Ada di iPhone

Konfirmasi resmi baru disampaikan akun resmi BBM di Twitter saat BBM muncul di Malaysia.

BlackBerry akhirnya merilis layanan chat populer BlackBerry Messenger untuk sistem operasi non-BlackBerry mulai Sabtu malam, (21/9/2013). Menariknya, BBM hadir lebih dulu di iOS ketimbang Android. Padahal BlackBerry berjanji lebih dulu menghadirkannya di Android.

Sebenarnya, BBM untuk iPhone untuk pengguna Indonesia sudah ada dan bisa diunduh di App Store sejak pukul 22.00. Ketika itu BBM muncul di halaman yang dibuat oleh BlackBerry Limited.

Konfirmasi resmi baru disampaikan akun resmi BBM di Twitter saat BBM muncul di Malaysia.

"Selamat pagi #Malaysia. #BBM for #iPhone now available in the App Store. #BBM4ALL," tulis akun @BBM pada pukul 23.45.

Sedangkan untuk Android, hingga pukul 00.45, aplikasi BBM belum terlihat di Google Play Store. Sebagian pengguna Android di Indonesia memang sudah ada yang bisa mengunduh BBM. Tapi unduhan didapat dari file apk yang banyak beredar di forum developer.

Tentu Anda tak bisa langsung menggunakan BBM di Android setelah mengunduhnya. Ada sejumlah tahapan yang harus dilakukan. Pertama, pastikan Anda sudah mendaftarkan email Anda di laman BBM.com. Nantinya notifikasi akan dikirim via email.
 
Kedua, pastikan Anda sudah memiliki BlackBerry ID atau BBID. Permintaan PIN akan diajukan bersamaan dengan pendaftaran via email. PIN juga akan diberikan via email. Jika pakai BBID yang lama, kemungkinan besar daftar kontak yang dulu pernah dimiliki akan kembali, selama masih terdaftar di sistem.
 
Nah, setelah itu tahapan berikutnya adalah mengunduh di Play Store/Apple App Store. Pengunduhan bisa dilakukan tanpa membayar alias gratis. Tentu ini bisa dilakukan jika Anda sabar menunggu, terutama bagi pengguna Android.

Jika sudah menginstal dan mengaktifkan, Anda bisa melakukan sinkronisasi via Email atau BBID. Anda juga bisa menyebar undangan kepada teman Anda melalui Facebook. (gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini