Sukses

Unik! Smartphone ala Lego, Lebih Efisien dan Mudah Tambah Fitur

Ia menamai konsepnya dengan nama Phoneblocks. Sebuah perangkat elektronik hanya bisa lebih mudah diperbaiki maupun upgrade fitur.

Teknologi yang terus berkembang mendorong pembaruan terus-menerus di industri. Dunia perangkat elektronik dianggap yang paling banyak dan rajin mengadopsi pembaruan teknologi di produknya. Akibatnya sampah dari perangkat elektronik bertumpuk dan semakin besar.

Dave Hakkens menganggap bahwa cara membeli perangkat elektronik seperti saat ini sangat boros. Mereka akan langsung membuang perangkat miliknya karena rusak atau telah memiliki perangkat baru dengan teknologi terbaru.

"Saya harus mengganti ponsel saya hanya karena salah satu komponen rusak. Padahal, komponen lainnya tak mengalami gangguan," ungkap desainer asal Belanda itu sebagaimana dikutip dari Huffington Post.

Hakkens berfikir untuk membuat perangkat elektronik hanya bisa lebih mudah diperbaiki maupun upgrade fitur. Ia berharap bahwa perangkat elektronik seperti ponsel bisa dibuat seperti Lego yang lebih mudah untuk bongkar pasang.

Konsep yang dibuat Hakkens papan berlubang untuk memasang dan menghubungkan semua komponen seperti bluetooth, kamera, layar, port dan baterai. Penggunaan papan tersebut berfungsi untuk mempermudah ketika penggunanya harus mengganti komponen yang rusak atau sekedar meng-upgrade perangkat miliknya.

Ia menamai konsepnya dengan nama Phoneblocks. Video konsep produknya itu telah dimasukkan ke YouTube dan berharap mendapatkan dukungan dari para pencinta lingkungan dan teknologi.

Hingga Rabu lalu, telah ada 81 ribu orang yang memberikan dukungan melalui Twitterm Facebook dan Tumblr melalui layanan Thunderclap. Ia berharap bisa mencapai dukungan hingga 100 ribu agar bisa mewujudkan mimpinya membuat ponsel ala Lego. Penasaran lihat saja video berikut. (den/dew)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.