Sukses

Saingi Xbox One, PS4 Pun Dibekali Fitur Navigasi Suara

Sony baru saja mengumumkan bahwa PS4 juga akan dibekali fitur Voice Command saat peluncurannya nanti.

Pernyataan Senior Director of Xbox Albert Penello yang mengatakan bahwa Xbox One memang lebih pantas dihargai lebih mahal dari PlayStation 4 (PS4) langsung mendapatkan reaksi dari Sony.

Bila pada saat itu Penello mengatakan Xbox One lebih unggul karena memiliki fitur perintah suara atau Voice Command, kini keunggulan tersebut sudah tak berarti lagi. Pasalnya Sony baru saja mengumumkan bahwa PS4 juga akan dibekali fitur Voice Command saat peluncurannya nanti.

Dikutip dari laman Polygon, Selasa (3/9/2013), berbeda dengan Xbox One yang memanfaatkan hardware Kinect sebagai perantara fitur perintah suara, Sony memanfaatkan fasilitas PlayStation Camera yang mereka miliki.

Pada siaran persnya pihak Sony menjelaskan, fitur perintah suara yang baru saja disematkan ini juga dapat berfungsi sebagai fitur keamanan. PlayStation Camera telah dibekali sensor Voice Recognition yang dapat mengenal suara pemiliknya. Dengan kata lain, Anda dapat melakukan pengaturan keamanan agar konsol PS4 Anda tidak bisa dimainkan oleh orang lain.

PS4 telah dipastikan akan melenggang di pasaran pada tanggal 15 November 2013 mendatang untuk wilayah Amerika Serikat dan 29 November di Eropa. Konsol ini dapat diperoleh dengan harga pasaran US$ 399 atau sekitar Rp 4 jutaan, tanpa menyertakan adanya aksesoris tambahan berupa PlayStation Camera. PlayStation Camera sendiri dapat Anda miliki secara terpisah dengan bandrol US$ 59 atau sekitar Rp 600 ribu. (dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.