Sukses

Oktober, Samsung Akan Luncurkan Smartphone Tizen Pertama?

Ponsel Tizen pertama Samsung akan resmi diluncurkan bulan Oktober tahun dan akan mendaratkan smartphone Tizen di 5 negara.

Meskipun terbukti sukses dengan smartphone dan tablet berbasis Android tidak menjadikan Samsung melupakan sistem operasi lain. Windows Phone 8 dan Bada merupakan sistem operasi lain yang juga mendapatkan perhatian perusahaan asal Korea Selatan.

Meskipun akhirnya Samsung memutuskan menghentikan produksi ponsel berplatform Bada dan menggantinya dengan sistem operasi Tizen. Sayangnya hingga kini Samsung belum memberikan sinyal kehadiran smartphone Tizen ke pasaran.

Laman Android Authority, Kamis (15/8/2013) menyebut jika ponsel Tizen pertama Samsung akan resmi diluncurkan bulan Oktober tahun ini. Samsung disebutkan akan mendaratkan smartphone Tizen di 5 negara terpilih dengan menggandeng operator lokal yang tergabung dalam Tizen Association.

Kelima negara tersebut yakni Jepang, Perancis, Amerika Serikat, China dan Rusia. Samsung yang bekerjasama dengan Intel dalam mengembangkan sistem operasi Tizen kabarnya tengah membuat aplikasi dalam berbagai bahasa yang mendukung di kelima negara tersebut.

Bukan hanya itu Samsung juga dikabarkan telah menganalisa pasar secara cermat sebelum memutuskan target yang hendak dituju. Mengingat Perancis, Rusia, dan China merupakan pasar yang cukup kuat untuk smartphone Bada serta memiliki tingkat penetrasi yang memungkinkan untuk dikembangkan.

Saat pertama kali Tizen Association meluncurkan Tizen 2.0 pada perhelatan Mobile World Congress di Barcelona, setidaknya dua operator yakni Orange dan NTT DoCoMo menunjukkan komitmen untuk mendukung perkembangan Tizen. Bahkan keduanya juga berencana merilis smartphone high-end Tizen pada akhir tahun 2013. (vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.