Sukses

Sehari Setelah Lebaran Trafik Data Telkomsel Melonjak 14,37%

Peningkatan trafik data secara signifikan terjadi di area Sumatera, Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara yang mencapai 14,37% atau 268,25TB.

Pergeseran penggunaan layanan pesan singkat dan panggilan suara kedalam bentuk layanan data terus meningkat. Hal ini kerap terjadi pada momen-momen tertentu seperti perayaan Idul Fitri dan pergantian tahun.

Bahkan peningkatan pengguna data juga masih terjadi pada sehari setelah Idul Fitri. Telkomsel mencatat angka kenaikan layanan data pada H+1 sebesar 268,25TB (Terabyte) atau meningkat sebesar 14,37% di area tujuan mudik seperti Sumatera dan Jawa Bali.

Jika dibandingkan hari-hari normal, porsi kenaikan penggunaan data di area Sumatera melonjak 19,3% dan 35,91% untuk wilayah Jawa Tengah, Jawa Timr, Bali, dan Nusa Tenggara. Jika dibandingkan Lebaran tahun lalu, angka penggunaan data relatif mengalami penurunan hingga 86,26%.

Berbeda dengan trafik data yang mengalami peningkatan, layanan SMS dan voice justru mengalami penurunan hingga 24,49% dan 16,26% dibandingkan penggunaan di hari biasa. Untuk mengatasi lonjakan trafik data, SMS, dan voice Telkomsel menyebut sudah menambah 450 Base Transciver Station (BTS).

"Untuk mengatasi lonjakan trafik data, voice dan SMS kami juga menyiagakan 50 mobile BTS Combat (Compact Mobile Base Station) agar tingkat keberhasilan koneksi data dan pengiriman SMS diatas 99,8%," ucap Adita Irawati selaku Vice President Corporate Communication Telkomsel dalam keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, Minggu (11/8/2013).

Terbukti lonjakan trafik data sudah terjadi sejak H-3 Lebaran sebesar 16,7%. Titik peningkatan yang cukup signifikan berada di Jawa Bali sebesar 28,2% dan Sumatera sebesar 23,6%.

Layaknya sehari pasca Lebaran, pada hari ketiga jelang Lebaran layanan voice dan SMS juga mengalami penurunan masing-masing sebesar 8% dan 1,2%. (vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini