Sukses

Setelah Reader, Google Akan Pensiunkan Google Latitude

Dengan ditutupnya layanan ini, pengguna Google Latitude tidak akan bisa berbagi lokasi keberadaan mereka. Daftar teman juga akan dihapus.

Bukan hanya Yahoo yang memiliki rencana menonaktifkan beberapa layanan miliknya tahun ini. Sang pesaing Google pun diketahui akan mempensiunkan salah satu layanan miliknya dalam waktu dekat.

Awal bulan Juli lalu, Google secara resmi menutup layanan Google Reader. Kini perusahaan asal Mountain View itu berencana akan menutup salah satu layanan berbagi lokasinya, Google Latitude.

Dilansir laman resmi Google, Kamis (11/7/2013), perusahaan asal Mountain View ini mengeluarkan pengumuman rencana penutupan Latitude pada 9 Agustus mendatang. Sebelumnya layanan Latitude tersedia untuk pengguna Google Maps pada perangkat Android, iPhone, BlackBerry dan desktop.

Dengan ditutupnya layanan ini, ini berarti pengguna Latitude tidak akan bisa berbagi lokasi keberadaan mereka lagi. Selain itu semua daftar teman dalam layanan Latitude akan dihapus oleh Google. Hal inilah yang menjadikan Google tidak menyertakan Latitude saat update Google Maps versi teranyar.

Google secara resmi menghentikan dukungannya untuk Google Maps for Mobile versi 6.14.4 dan menyimpan semua history berbagi lokasi Anda pada fitur Location Reporting. Pengguna yang masih ingin menggunakan fitur ini bisa mengaktifkannya lagi melalui akun G+.

Untuk berbagi lokasi, Google menyarankan pengguna beralih ke layanan Google Plus miliknya. Hingga saat ini pengguna Android bisa berbagi lokasi dengan teman dan keluarga di lingkaran G+.

Kemampuan yang sama akan tersedia untuk pengguna G+ yang mengaksesnya melalui perangkat iOS dalam waktu dekat. (vin/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini