Sukses

Intel Haswell Hadir Terintegrasi Dengan Kartu Grafis 'Iris'

Performa Iris diklaim tak hanya meningkat saat dihadapkan dengan gambar 3D, tapi juga saat dipakai untuk olah foto dan video.

Prosesor Intel Core Generasi keempat yang dikenal dengan nama sandi Haswell telah resmi hadir di tanah air. Bersamaan dengan kehadiran Haswell, ternyata Intel juga memperkenalkan kartu grafis teranyar besutan mereka yang diklaim sanggup menyaingi jenis kartu grafis tambahan (add-ons) yang umumnya digunakan saat ini.

Diperkenalkan dengan nama Iris, GPU (graphics processor unit) ini hadir dengan konsep terintegrasi dengan CPU Haswell baik untuk laptop hybrid atau pun all-in-one (AIO) PC. Seperti yang telah diketahui sebelumnya, Haswell sendiri merupakan prosesor pertama Intel yang mengusung single chip platform, di mana komponen CPU dan GPU diintegrasikan dalam satu chip.

Performa Iris diklaim tak hanya meningkat saat dihadapkan dengan gambar 3D, tapi juga saat dipakai untuk olah foto dan video. Bahkan, GPU terbaru ini sudah mendukung resolusi Ultra HD yang setara dengan resolusi 4K (3840 x 2160 piksel). Selain itu, Iris juga telah mendukung format OpenCL dan DirectX 11.1.

Kartu grafis anyar besutan Intel ini memang diposisikan Intel untuk menunjang kebutuhan entertainment pengguna, khususnya multimedia dan gaming. Pada acara perilisannya yang berlangsung kemarin, Selasa (2/7/2013) di Senayan City Jakarta, kemampuan GPU Iris versi Pro diuji secara langsung oleh David Cahyadi selaku Channel Platform Manager Intel Indonesia dengan memainkan video game racing Grid 2.

"Performa Iris Pro sudah sangat mumpuni untuk mendukung berbagai kebutuhan hiburan pengguna, khususnya bagi kegiatan gaming. Kualitas grafis yang ditampilkan akan memberikan pengalaman baru bagi para gamer. Chip grafis Iris adalah jawaban keseriusan Intel di sektor tampilan grafis" kata David.

Dari hasil uji coba tersebut nampak GPU Iris Pro memiliki performa dua kali lipat lebih baik dari performa GPU Intel HD Graphics 4000 yang disematkan pada prosesor Intel Core generasi sebelumnya, Ivy Bridge. (dhi/gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini