Sukses

Samsung Galaxy Z Fold 6 Slim bakal Dirilis Bareng Galaxy S25 Series Tanpa S Pen, Alasannya?

Samsung dikabarkan akan meluncurkan smartphone layar lipat terbarunya, Galaxy Z Fold 6 Slim, pada awal 2025 tapi tanpa dukungan S-Pen. Kenapa?

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dijadwalkan akan meluncurkan smartphone layar lipat terbarunya dalam acara Galaxy Unpacked 2024 pada Juli mendatang.

Bocoran tentang Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 sudah beredar di ranah dunia maya, baik dari segi speisifikasi, fitur, dan prediksi harganya.

Akan tetapi, sebuah rumor tentang Samsung sedang mengembangkan seri smartphone layar lipat baru, Galaxy Z Fold 6 Slim, mencuat di internet.

Laporan terkini datang dari Ross Young, perusahaan konsultan rantai pasokan layar DSCC. Dia menyebutkan, HP Android layar lipat terbaru Samsung ini akan diluncurkan pada kuartal keempat tahun 2024.

Mengutip Gizchina, Minggu (26/5/2024), Galaxy Z Fold 6 Slim ini berpotensi meluncur bersamaan dengan Samsung Galaxy S25 series pada awal 2025.

Galaxy Z Fold 6 Slim tampil dengan layar lebih besar ketimbang Galaxy Z Fold 6. Akan tetapi, Samsung menghilangkan dukungan stylus S-Pen.

Karena hal tersebut, HP Android baru milik Samsung ini tampil dengan bodi lebih ramping. Menurut Young, detail ukuran dan spesifikasi layar ponsel layar lipat ini akan diungkap secara detail di "Foldable Report" mendatang.

Saol harga Galaxy Z Fold 6 Slim, ponsel baru milik Samsung ini diyakini akan tetap mempertahankan harganya sama dengan Galaxy Z Fold 6 versi standar.

Hal ini menunjukkan, Samsung ingin menawarkan pengalaman lebih premium kepada pengguna mereka tanpa harus menaikkan harga ponsel baru mereka secara signifikan.

Akan tetapi, masih ada beberapa rumor seputar nama akhir dari HP layar lipat ini. Walau beberapa laporan menyebut Galaxy Z Fold 6 Slim, lainnya mengatakan Galaxy Z Fold 6 Ultra.

Bila memang kabar ini benar, maka Samsung tampaknya semakin pede untuk menambah portfolio ponsel layar lipatnya dengan cepat dibandingkan pesaingnya.

Selain varian "Ultra", Samsung juga disebut-sebut sedang mengembangkan versi Galaxy Z Fold 6 FE dan Galaxy Z Flip 6 FE untuk menyasar ceruk pasar lebih terjangkau.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bocoran Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6, Usung Desain Mirip Galaxy S24?

<p>Samsung Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5 Resmi Diluncurkan, Ini Harga dan Spesifikasinya. (Liputan6.com/ Giovani Dio Prasasti)</p>

Lebih lanjut, dua HP Layar Lipat Samsung, Galaxy Z Fold 6 dan Flip 6, kemungkinan akan mengusung desain yang mirip dengan flagship mereka tahun ini, Galaxy S24.

Perubahan desain dari HP layar lipat Samsung sudah pernah dilakukan sebelumnya. Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5 memperkenalkan desain gapless baru dengan bingkai lebih mendatar.

Kedua perangkat itu juga mengalami peningkatan dalam ukuran dan bobot, sehingga menghasilkan finishing yang lebih halus. Selain itu, model Flip menghadirkan peningkatan pada layar cover depan yang jauh lebih besar dari generasi sebelumnya.

Seakan ingin terus merombak desain dari kedua ponsel itu, Samsung dikabarkan bakal menghadirkan perubahan desain di Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6.

Bocoran render melalui produsen casing pihak ketiga mengungkapkan, sebagaimana dikutip dari Android Headlines, Sabtu (25/5/2024), Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 akan memiliki bingkai yang lebih datar dibandingkan seri terdahulu.

Leaker X, Roland Quandt telah mengunggah foto desain Galaxy Z Flip 6 dari berbagai sudut. Bila diperhatikan, lekukan bodi dari HP Samsung ini lebih datar dari seri sebelumnya. Bahasa desain yang diterapkan Galaxy Z Flip ini mirip dengan yang ada di Galaxy S24.

Dari foto tersebut pula, dapat disimpulkan bahwa Samsung telah memperkecil jarak antara layar Galaxy Z Flip 6 ketika dilipat.

3 dari 4 halaman

Bocoran Desain Galaxy Z Fold 6

Bocoran Desain Galaxy Z Fold 6 (Dok: Android Headlines)

Selain bocoran desain Galaxy Z Flip 6, terdapat pula render foto dari desain Z Fold 6 yang akan hadir bersamaan dengan Flip 6.

Model Fold tersebut mengalami perubahan serupa pada bingkai dan desain kamera, meskipun penempatan speaker tidak berubah dari pendahulunya.

Perlu dicatat, bahwa gambar-gambar ini berasal dari produsen casing pihak ketiga dan terutama dimaksudkan untuk menyesuaikan casing buatan mereka agar presisi dengan dua ponsel tersebut.

Terdapat kemungkinan bahwa casing tersebut tidak secara akurat menggambarkan desain akhir atau elemen desain paling sesuai dari Galaxy Z Flip 6 dan Galaxy Z Fold 6 yang sebentar lagi akan rilis.

Pun demikian, karena peluncuran resminya kurang dari dua bulan lagi, bisa jadi bocoran desain tersebut akurat dari produk yang akan dirilis.

4 dari 4 halaman

Lipatan Layar Samsung Galaxy Z Flip 6 bakal Lebih Kecil dari Z Flip 5

Seorang pekerja Samsung mendemonstrasi Galaxy Z Flip pada acara Unpacked 2020 di San Francisco, Selasa (11/2/2020). Menjadi perangkat kedua dengan layar lipat karyanya, Samsung menghadirkan perbedaan desain pada Galaxy Z Flip jika dibandingkan ponsel generasi pertama, Galaxy Fold. (AP/Jeff Chiu)

Samsung Galaxy Z Flip 6 dirumorkan akan hadir pada Juli 2024 bersamaan dengan saudaranya, Galaxy Z Fold 6. Tampaknya kedua smartphone layar lipat terbaru ini akan menampilkan peningkatan yang tak terlalu besar, namun memberi pengaruh signifikan .

Menurut laporan baru dari pabrik Samsung di Korea, sebagaimana dikutip dari GSM Arena, Selasa (21/5/2024), Samsung Galazy Z Flip 6 akan menggunakan kaca ultra-tipis (Ultra Thin Glass/UTG) yang lebih tebal dibandingkan pendahulunya.

Kaca terbaru ini akan menghasilkan lipatan (crease) yang tidak terlalu mencolok di bagian tengah layar lipat. Hal ini merupakan peningkatan yang jelas merupakan kabar baik mengingat banyak pesaing Z Flip 6 kini memiliki lipatan layar yang minimal, bahkan tidak terlihat sama sekali.

Menariknya, desain dari engsel Galaxy Z Flip 6 tidak mengalami perubahan meski menggunakan UTG yang lebih tebal, sehingga lipatan layar masih terlihat, meski lebih kecil dari pendahulunya.

Laporan tersebut juga mengatakan ketebalan UTG Flip6 akan menjadi sekitar 50μm, naik dari 30μm pada Flip5. Tak hanya itu, lipatan dari Galaxy Z Flip 7 yang baru akan rilis tahun depan disinyalir akan mendapatkan engsel baru yang akan membuat lipatan layar lebih tersamarkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini