Sukses

Bocoran Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6, Usung Desain Mirip Galaxy S24?

Peluncuran Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6 kurang dua bulan lagi, bocoran mengenai ponsel ini kian diperbincangkan. Terbaru, ada bocoran mengenai desain kedua ponsel itu.

Liputan6.com, Jakarta - Dua HP Layar Lipat Samsung, Galaxy Z Fold 6 dan Flip 6, kemungkinan akan mengusung desain yang mirip dengan flagship mereka tahun ini, Galaxy S24.

Perubahan desain dari HP layar lipat Samsung sudah pernah dilakukan sebelumnya. Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5 memperkenalkan desain gapless baru dengan bingkai lebih mendatar.

Kedua perangkat itu juga mengalami peningkatan dalam ukuran dan bobot, sehingga menghasilkan finishing yang lebih halus. Selain itu, model Flip menghadirkan peningkatan pada layar cover depan yang jauh lebih besar dari generasi sebelumnya.

Seakan ingin terus merombak desain dari kedua ponsel itu, Samsung dikabarkan bakal menghadirkan perubahan desain di Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6.

Bocoran render melalui produsen casing pihak ketiga mengungkapkan, sebagaimana dikutip dari Android Headlines, Sabtu (25/5/2024), Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 akan memiliki bingkai yang lebih datar dibandingkan seri terdahulu.

Leaker X, Roland Quandt telah mengunggah foto desain Galaxy Z Flip 6 dari berbagai sudut. Bila diperhatikan, lekukan bodi dari HP Samsung ini lebih datar dari seri sebelumnya. Bahasa desain yang diterapkan Galaxy Z Flip ini mirip dengan yang ada di Galaxy S24.

Dari foto tersebut pula, dapat disimpulkan bahwa Samsung telah memperkecil jarak antara layar Galaxy Z Flip 6 ketika dilipat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bocoran Desain Galaxy Z Fold 6

Selain bocoran desain Galaxy Z Flip 6, terdapat pula render foto dari desain Z Fold 6 yang akan hadir bersamaan dengan Flip 6.

Model Fold tersebut mengalami perubahan serupa pada bingkai dan desain kamera, meskipun penempatan speaker tidak berubah dari pendahulunya.

Perlu dicatat, bahwa gambar-gambar ini berasal dari produsen casing pihak ketiga dan terutama dimaksudkan untuk menyesuaikan casing buatan mereka agar presisi dengan dua ponsel tersebut.

Terdapat kemungkinan bahwa casing tersebut tidak secara akurat menggambarkan desain akhir atau elemen desain paling sesuai dari Galaxy Z Flip 6 dan Galaxy Z Fold 6 yang sebentar lagi akan rilis.

Pun demikian, karena peluncuran resminya kurang dari dua bulan lagi, bisa jadi bocoran desain tersebut akurat dari produk yang akan dirilis.

3 dari 4 halaman

Lipatan Layar Samsung Galaxy Z Flip 6 bakal Lebih Kecil dari Z Flip 5

Samsung Galaxy Z Flip 6 dirumorkan akan hadir pada Juli 2024 bersamaan dengan saudaranya, Galaxy Z Fold 6. Tampaknya kedua smartphone layar lipat terbaru ini akan menampilkan peningkatan yang tak terlalu besar, namun memberi pengaruh signifikan .

Menurut laporan baru dari pabrik Samsung di Korea, sebagaimana dikutip dari GSM Arena, Selasa (21/5/2024), Samsung Galazy Z Flip 6 akan menggunakan kaca ultra-tipis (Ultra Thin Glass/UTG) yang lebih tebal dibandingkan pendahulunya.

Kaca terbaru ini akan menghasilkan lipatan (crease) yang tidak terlalu mencolok di bagian tengah layar lipat. Hal ini merupakan peningkatan yang jelas merupakan kabar baik mengingat banyak pesaing Z Flip 6 kini memiliki lipatan layar yang minimal, bahkan tidak terlihat sama sekali.

Menariknya, desain dari engsel Galaxy Z Flip 6 tidak mengalami perubahan meski menggunakan UTG yang lebih tebal, sehingga lipatan layar masih terlihat, meski lebih kecil dari pendahulunya.

Laporan tersebut juga mengatakan ketebalan UTG Flip6 akan menjadi sekitar 50μm, naik dari 30μm pada Flip5. Tak hanya itu, lipatan dari Galaxy Z Flip 7 yang baru akan rilis tahun depan disinyalir akan mendapatkan engsel baru yang akan membuat lipatan layar lebih tersamarkan.

4 dari 4 halaman

Pakai Prosesor Snapdragon 8 Gen 3

Sementara itu, ponsel layar lipat ini dikabarkan akan menggunakan chipset dari Qualcomm, bukan buatan Samsung sendiri.

Sebelumnya, terdapat rumor yang mengatakan kalau Samsung Galaxy Z Flip 6 akan rilis dalam dua tipe prosesor berbeda. Di AS dan beberapa negara tertentu bakal menggunakan prosesor Snapdragon 8 Gen 3, sedangkan sisanya ditenagai chipset Exynos 2400.

Pun demikian, ada kabar baru kalau HP Layar lipat dari Samsung ini bakal menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3, alih-alih menggunakan chipset Exynos.

Menurut laporan dari Tom's Guide, sebagaimana dikutip dari Phone Arena, Rabu (15/5/2024), Samsung kemungkinan besar tidak akan meluncurkan Galaxy Z Flip 6 dalam dua prosesor berbeda.

Laporan tersebut juga memprediksi kalau produsen HP asal Korea itu akan menggunakan prosesor Qualcomm di seluruh negara, tak hanya di wilayah Amerika Utara.

Kabar ini disambut baik oleh pengguna yang lebih menyukai ponsel Samsung dengan chipset Snapdragon. Pasalnya, mereka menganggap SoC itu lebih andal dalam kinerja komputasi dan gaming daripada chipset Exynos.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.