Sukses

Sebelum ke Indonesia, Bos Apple Tim Cook Genjot Investasi di Vietnam

Berdasarkan pengumuman terbaru, Apple akan meningkatkan nilai investasi mereka di Vietnam.

Liputan6.com, Jakarta - Apple dilaporkan memiliki rencana untuk meningkatkan jumlah investasinya di Vietnam. Kepastian ini diketahui bersama dengan kunjungan CEO Apple Tim Cook ke negara tersebut.

Mengutip informasi dari Reuters, Selasa (16/4/2024), Apple menyatakan akan menggelontorkan lebih banyak dana untuk pemasok komponen mereka yang ada di Vietnam.

Saat ini, Apple diketahui telah membelanjakan sekitar 400 triliun dong atau sekitar Rp 256 triliun ke pemasok supply chain mereka di Vietnam.

Tidak hanya itu, perusahaan juga mengklaim investasi yang sudah dilakukan di Vietnam telah menciptakan sekitar 200.000 lapangan pekerjaan. Jumlah itu berasal dari pekerjaan langsung, pemasok, hingga pengembang aplikasi.

Sebagai tindak lanjut dari rencana ini, Vietnam menyatakan akan membentuk satuan tugas untuk mendukung investasi yang dilakukan Apple.

Sekadar informasi, menurut CEO Apple Tim Cook, Vietnam saat ini telah menjadi hub manufaktur kunci bagi perusahaan.

Vietnam sendiri menjadi salah satu negara pemasok komponen produk Apple sejak 2020.

Ketika itu, Foxconn memilih memindahkan perakitan iPad dan MacBook ke Vietnam dari Tiongkok sebagai upaya meminimalkan dampak ketegangan perdagangan Amerika Serikat dan Tiongkok.

Berdasarkan data 2022, ada 22 pemasok komponen Apple yang ada di Vietnam. Beberapa pemasok tersebut di antaranya adalah Luxshare, Foxconn, Compal, hingga GoerTek.

Di sisi lain, usai mengunjungi Vietnam, CEO Apple Tim Cook dijadwalkan juga akan mengunjungi Indonesia. Ia disebut akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

CEO Apple Tim Cook Temui Presiden Jokowi Besok 17 April 2024, Mau Bahas Apa?

CEO Apple Tim Cook telah dipastikan akan berkunjung ke Indonesia. Kepastian tersebut diketahui dari Menkominfo (Menteri Komunikasi dan Informatika) Menkominfo.

Ditemui di Kantor Kemkominfo, Selasa (16/4/2024), Menkominfo mengungkap kalau Tim Cook akan mengunjungi Indonesia pada 17 April 2024. Adapun salah satu agenda bos Apple tersebut ke Indonesia adalah bertemu dengan Presiden Joko Widodo.

Berdasarkan informasi yang diterima dari Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kominfo Usman Kansong, Tim Cook akan bertemu dengan Presiden Jokowi di tanggal yang sama. Lantas, kira-kira apa yang akan menjadi pembahasan dalam pertemuan tersebut?

Terkait hal ini, Menkominfo belum mengungkap soal agenda atau topik yang akan dibahas dalam pertemuan antara Tim Cook dengan Presiden Jokowi. Namun, berdasarkan pernyataannya, ada kemungkinan salah satu topik yang dibahas adalah soal investasi.

Menkominfo memang tidak merinci lebih lanjut soal investasi yang dimaksud, ia hanya menyebut kalau dalam kunjungan bos Apple kali ini akan ada kejutan. 

"Yang pasti, semua perusahaan-perusahaan besar dari Amerika Serikat dan seluruh negara di dunia akan investasi yang signifikan di Indonesia. Nanti tunggu besok, ada kejutan," ujar Menkominfo.

Selain pertemuan dengan Presiden Jokowi, agenda Tim Cook lainnya ketika mengunjungi Indonesia adalah berkunjung ke Apple Developer Academy.

Untuk diketahui, Apple Developer Academy merupakan akademi pemrograman yang ditujukan untuk melatih para mahasiswa.

Hingga akhir 2023, Apple Developer Academy di Indonesia telah meluluskan hampir dari 400 mahasiswa. Adapun mahasiwa itu berasal dari kampus yang berada di Jakarta, Surabaya, dan Batam.

Disebutkan, ratusan mahasiswa itu telah menyelesaikan program selama 10 bulan. Selama proses tersebut, mereka mempelajari dasar-dasar pemograman, serta kompetensi profesional, desain, dan pemasaran. 

3 dari 3 halaman

Bos Apple Tim Cook Kunjungi Indonesia Besok 17 April 2024, Menkominfo Sebut Bakal Ada Kejutan

Sebagai informasi, kedatangan CEO Apple Tim Cook ke Indonesia sendiri sudah terungkap sejak bulan lalu. Disebutkan, ada Tim Cook akan meninjau Apple Developer Academy yang ada di Indonesia.

"Oh iya besok, dia datang tanggal 17," tutur Menkominfo saat ditemui usai Halal Bihalal Kemenkominfo di Jakarta, Selasa (16/4/2024). Kendati demikian, Menkominfo belum mengungkap soal agenda pembahasan ketika orang nomor satu Apple itu hadir di Indonesia.

Ia hanya menyebut kalau kedatangan Tim Cook akan membawa kejutan. Karenanya, informasi soal agenda dan rencana yang akan dibahas perlu menunggu ketika Tim Cook ada di Indonesia.

"Yang pasti, semua perusahaan-perusahaan besar dari Amerika Serikat dan seluruh negara di dunia akan investasi yang signifikan di Indonesia. Nanti tunggu besok, ada kejutan," ujar Budi Arie melanjutkan.

Ia juga menuturkan, dalam kunjungannya ke Indonesia, Tim Cook juga akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo. "Ya, terjadwalkan," tutur Menkominfo saat ditanya soal pertemuan bos Apple tersebut dengan Presiden Jokowi.

Meski tak banyak informasi yang diketahui mengenai agenda Tim Cook ketika hadir di Indonesia, tapi salah satu isu yang digadang-gadang akan dibahas adalah soal investasi.

"Akan diumumkan, akan melakukan investasi," tutur Menkominfo menutup pernyataan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini