Sukses

CEO Equnix: Inovasi Enkripsi Diperlukan untuk Cegah Kebocoran Data dan Penuhi Regulasi UU PDP

Menerapkan perlindungan data dalam mencegah kebocoran data bukanlah tugas mudah, karena diperlukan inovasi enkripsi end to end yang menyeluruh.

Liputan6.com, Jakarta Equnix jadi satu-satunya perwakilan Indonesia yang menghadiri perhelatan FOSSASIA Summit 2024, yang baru saja selesai digelar di Hanoi, Vietnam pada 8-10 April 2024.

Di acara konfersensi teknologi tersebut CEO PT Equnix Business Solutions, Julyanto Sutandang, tampil memaparkan tentang perlindungan data mutakhir dalam topik ‘Protecting your private data with Seamless Encryption in 11DB/Postgres’.

“Relational Database Management System (RDBMS) memainkan peran penting dalam dunia bisnis. Tidak akan ada bisnis tanpa transaksi, oleh karena itu RDBMS diperlukan untuk memastikan transaksi berjalan dengan baik," ujar Julyanto, dikutip Selasa (16/4/2024).

Ia menilai transaksi menjadi semakin kompleks dan banyak variasi data yang terlibat dalam sistem informasi.

"Hal ini menimbulkan kekhawatiran mengenai privasi data (risiko kebocoran data) dan kedaulatan data, selain juga integritas data,” kata Julyanto.

Ia menyebut menerapkan perlindungan data bukanlah tugas mudah. Diperlukan banyak faktor untuk mengaktifkannya, mulai dari kontrol akses, manajemen kunci, kemampuan pencarian dengan indeks, enkripsi cepat, dan dekripsi untuk memastikan transisi yang lancar antara sebelum dan sesudah penerapan enkripsi.

“Meski demikian, memiliki mekanisme perlindungan data yang hebat dan canggih adalah suatu keharusan dalam penerapan TI untuk bisnis saat ini. Sebagai bagian dari RDBMS yang hebat untuk bisnis, PostgreSQL telah diterapkan di banyak perusahaan besar, pemerintahan Indonesia, dan negara-negara Asia Tenggara lainnya,” ia menjelaskan.

PostgreSQL, Julyanto melanjutkan, memiliki kemampuan untuk mengenkripsi dan mendekripsi data sebagai bagian dari upaya mengaktifkan perlindungan data.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kebocoran Data Jadi Ancaman Mendesak

Pendekatan canggih itu diklaim sudah diterapkan pada 11DB/PostgresTM, yang disebut sebagai Equnix Seamless Encryption (ESE).

Di Indonesia sendiri, fitur enkripsi ini dikembangkan Equnix untuk membantu korporasi dalam memenuhi regulasi Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP) dan menjaga keamanan data korporasi.

“Kebocoran data pribadi telah menjadi ancaman mendesak bagi korporasi di seluruh dunia. Inovasi enkripsi diperlukan untuk menangani kebocoran data dan membantu korporasi mematuhi UU PDP yang berlaku dengan lebih efektif,” kata Julyanto.

Ia menjelaskan, kecanggihan ESE didukung oleh implementasi konsep end to end yang menyeluruh, menggunakan kunci manajemen standar dunia, yakni Hardware Security Module (HSM), Trusted Platform Module (TPM), atau OHSM (OnlineHSM).

3 dari 3 halaman

Infografis Kejahatan Siber (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini