Sukses

Penjualan iPhone Jeblok Gara-Gara Pengguna di Tiongkok Pindah ke Huawei dll

Penjualan iPhone dinilai mengalami penurunan, salah satunya karena banyak pengguna di Tiongkok yang memilih untuk berpindah ke Huawei hingga merek Tiongkok lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam beberapa tahun terakhir, Apple mengalami penurunan dalam hal penjualan iPhone di Tiongkok. Padahal, pasar Tiongkok merupakan pasar yang sangat penting bagi pendapatan global Apple.

Namun selama beberapa waktu belakangan, posisi iPhone milik Apple yang dulunya merupakan merek smartphone dominan di Tiongkok terus ditantang oleh persaingan dari merek lokal, terutama Huawei.

Mengutip Gizchina, Rabu (10/4/2024), hal ini terjadi karena konsumen Tiongkok kini semakin memilih produk dalam negeri alih-alih iPhone, di tengah geopolitik Tiongkok dengan negara-negara barat.

Data dari UBS menyebutkan, penjualan iPhone pada Februari kemarin turun 4 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu (yoy).

Apple tercatat mengirimkan total 17,4 juta unit iPhone secara global. Jumlah tersebut turun dibandingkan 18,1 juta unit pada Februari 2023. UBS juga mengungkapkan, penurunan penjualan terbesar terjadi di Tiongkok, India, dan Amerika Serikat.

Sebelumnya analis Counterpoint menyoroti perubahan nyata di pasar smartphone Tiongkok.

Apple mengalami penurunan penjualan sebesar 24 persen dalam enam minggu pertama di 2024, dibanding periode yang sama tahun lalu. Adapun penjualan merek lain seperti Huawei meningkat 64 persen.

Penurunan ini disebabkan karena makin besarnya pangsa pasar merek smartphone lokal seperti Huawei, Xiaomi, Vivo, hingga Oppo yang merebut porsi pasar lebih besar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penjualan Apple Turun 16 Persen

Laporan UBS mengungkap penurunan penjualan iPhone 16 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Ini membuat Apple harus lebih gigih membuat strategi dan merebut kembali posisinya.

Bukan hanya di Tiongkok, penjualan iPhone di India turun 13 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Selama dekade terakhir, Tiongkok jadi salah satu pasar terpenting bagi iPhone, di luar AS. Tiongkok menyumbang 20 persen dari penjualan global Apple.

Namun, dominasi Apple di negeri tersebut menghadapi tantangan berat. Mulai dari karena melambatnya belanja konsumen serta meningkatnya persaingan lokal, termasuk dari merek lokal seperti Huawei.

 

3 dari 4 halaman

Imbas Penjualan iPhone di Tiongkok untuk Pasar Global

Penurunan penjualan iPhone di Tiongkok merupakan tren lebih luas yang memiliki implikasi bagi strategi dan pendapatan Apple di dunia.

Tiongkok biasanya menyumbang porsi besar bagi penjualan global Apple. Namun, seiring waktu, kini market share Apple di Tiongkok turun dari 19 persen (tahun lalu) menjadi 15,7 persen. Ini disebabkan karena konsumen yang memilih barang lokal serta kompetisi dengan berbagai merek.

4 dari 4 halaman

Perlu Terapkan Berbagai Strategi Agar Kembali Digdaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.