Sukses

Balasan Email di Gmail Bakal Didukung Gemini AI

Google bakal menggulirkan kecerdasan buatan Gemini AI ke lebih banyak layanannya, termasuk untuk membantu pengguna membalas email yang ada di Gmail.

Liputan6.com, Jakarta - Google tampaknya bakal mulai menggulirkan penerapan Gemini AI di layanan email Gmail miliknya. Hal ini sejalan dengan kegigihan Google untuk mendistribusikan Gemini ke seluruh layanannya.

Khusus untuk penerapan Gemini di Gmail, Google disebutkan tengah bersiap untuk menambahkan saran balasan email yang didukung Gemini.

Mengutip Android Headlines, Kamis (4/4/2024), saat ini Google belum mengumumkan rencana tersebut secara resmi. Namun, dengan kegigihan Google menghadirkan Gemini di semua produknya, tak heran kalau perusahaan ingin melakukan hal ini.

Pengguna kini memang sudah bisa memakai Gemini di Gmail. Femini hadir di fitur Bantu saat menulis pesan.

Penerapannya, ketika pengguna ingin mengetik email, mereka memiliki opsi untuk mengetuk ikon pensil kecil. Lalu, pengguna bisa mengetikkan jenis email apa yang ingin dituliskan.

Sementara, saran balasan email Gmail yang didukung Gemini bakal membantu di sisi menjawab email. Alih-alih memberi tahu pengguna tentang apa yang harus dikirim ke seseorang, Gemini pada fitur balasan akan memberi tahu pengguna email apa yang harus dibalas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Balasan yang Disarankan Cukup Lengkap

Berdasarkan tangkapan layar yang beredar, terlihat Gemini menunjukkan beberapa balasan yang sangat singkat. Namun, pada tangkapan layar kedua, memperlihatkan balasan yang lebih lengkap.

Saat ini hampir tiap aplikasi chat dan email memiliki cara untuk saran balasan. Yang membedakan adalah kesadaran percakapan alias conversational awareness.

Pindai Semua Email

Gemini akan memindai seluruh email dan mengumpulkan semua konteks dan kebutuhan untuk merumuskan balasan. Lalu, dengan memakai AI generatif, Gemini bakal menghasilkan balasan, sesuai dengan konteksnya.

3 dari 4 halaman

Pengguna Bisa Kasih Feedback

Seperti kebanyakan tool AI generatif, pengguna bisa mengirimkan feedback. Di bawah saran, terdapat tombol "Saran Buruk?" yang jika diklik akan menyampaikan kepada Google bahwa balasan tersebut kacau.

Sayangnya, belum diketahui kapan Google berencana untuk meluncurkan fitur baru ini. Kira-kira kalau benar digulirkan, apakah ada banyak orang yang akan memakainya?

 

4 dari 4 halaman

Gemini Sudah Ada di Google Messages

Sekadar informasi, perusahaan telah menerapkan Gemini ke beberapa aplikasi. Salah satu aplikasi terbaru adalah Google Messages. Kini, beberapa pengguna sudah bisa memakai Gemini sebagai chatbot di layanan Google Messages.

Lewat penerapan ini, Gemini akan ada sebagai percakapan pesan teks spesifik sendiri. Di situ, pengguna bisa memakainya sama seperti chatbot lainnya. Misalnya untuk mengajukan pertanyanan, membuat gambar dan lain-lain.

Fitur ini masih dalam tahap perilisan sehingga mungkin para pengguna belum bisa melihatnya di layanan Google Messages.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.