Sukses

Redmi 13 Bakal Segera Rilis, Cek Bocoran Spesifikasinya

Xiaomi dikabarkan akan merilis Redmi 13, ponsel terjangkau yang siap meramaikan pasar smartphone budget.

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi dikabarkan akan merilis Redmi 13, ponsel terjangkau yang siap meramaikan pasar smartphone entry-level.

HP Redmi ini disebut-sebut akan menjadi penerus dari Redmi 12 yang mendapat sambutan baik. Hal itu terbukti dari penjualan yang dilaporkan terbilang baik.

Meski baru sebatas rumor, bocoran soal spesifikasi smartphone ini sudah mulai beredar di internet. 

Redmi 13 dirumorkan akan menggunakan prosesor MediaTek Helio G88, dan akan menjalankan HyperOS sebagai UI terbaru dari Xiaomi, sebagaimana dikutip dari Gizmochina, Jumat (5/4/2024).

Kabarnya, smartphone ini hadir lebih dulu untuk pasar India dan Amerika Latin.

Hal ini diketahui dari bocoran nomor seri “2404ARN45I” yang menunjukkan ponsel ini akan dijual di India, sedangkan nomor model “24049RN28L” akan dijual di Amerika Latin.

Redmi 13 dirumorkan akan hadir dengan dua versi, yakni model dengan fitur NFC dan non-NFC.

Xiaomi juga dirumorkan merilis POCO M6 dengan spesifikasi yang sama persis dengan Redmi 13.

Dikabarkan, POCO M6 akan tersedia secara global dan sudah menjalankan HyperOS dengan sedikit perubahan pada desain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Xiaomi Bakal Bikin HP Layar Lipat

Tak hanya merilis HP budget, Xiaomi juga dikabarkan akan merilis ponsel layar lipat untuk menyaingi Galaxy Z Flip.

Kehadiran HP layar lipat ini disebut sebagai langkah Xiaomi untuk bersaing di kategori HP layar lipat. Seperti diketahui, sejumlah brand HP Android saat ini sudah mulai banyak yang merilis HP layar lipat.

Sebagaimana dikutip dari Android Authority, informasi soal HP layar lipat ini diketahui dari kode yang ada di HyperOS.

Disebutkan, di UI terbaru Xiaomi itu ada sejumlah spesifikasi yang diduga terkait dengan perangkat dengan nama kode Ruyi. Adapun Ruyi diyakini sebagai nama kode untuk Xiaomi Mix Flip.

Berdasarkan kode sumber yang ditemukan, HP lipat Xiaomi ini disebut mengusung kamera utama 50MP Omnivision OVX 8000 dengan ukuran sensor 1/1.55-inch.

Ada pula kamera telephoto beresolusi 60MP yang memakai sensor Omnivision OV60A dengan ukuran 1/2.61-inch. Untuk kamera depan, HP layar lipat ini memiliki sensor 32MP.

Masih belum ada informasi lebih lanjut mengenai ketersediaan kamera ultrawide di ponsel ini.

Dari spesifikasi yang beredar, ada kemungkinan Xiaomi Mix Flip ditujukan untuk bersaing dengan Galaxy Z Flip 6 dalam hal fotografi terutama kemampuan zoom.

3 dari 4 halaman

Daftar HP Xiaomi dan Poco yang Bakal Dapat Update HyperOS

Sementara itu, Xiaomi akan memberikan pembaruan HyperOS ke beberapa smartphone besutannya, termasuk HP Redmi dan Poco.

Perusahaan teknologi asal China itu memberikan pembaruan HyperOS ke beberapa model smartphone dan tablet mereka secara bertahap.

HyperOS menghadirkan antarmuka lebih segar dan peningkatan optimalisasi sistem yang lebih baik dari MIUI.

Kendati demikian, masih banyak smartphone dari keluarga Xiaomi yang belum kebagian update HyperOS, termasuk jajaran HP baru mereka.

Kini, Xiaomi akan menggulirkan pembaruan HyperOS ke lebih banyak ponsel, termasuk Redmi Note 13, Redmi 13C, dan masih banyak lagi.

Sebagai informasi, Redmi Note 13 merupakan ponsel keluaran terbaru di tahun 2024. Meskipun merupakan HP Xiaomi tipe baru, namun HP ini masih menggunakan software MIUI berbasis Android 13.

Setelah beberapa bulan rilis, akhirnya Xiaomi akan menghadirkan pembaruan HyperOS ke Redmi Note 13 dan jajaran smartphone lainnya.

Nomor build pembaruan HyperOS untuk smartphone tersebut adalah OS1.0.2.0.UNGMIXM untuk Redmi Note 13, OS1.0.1.0.UGPMIXM untuk Redmi 13C / POCO C65, dan OS1.0.3.0.TKCMIXM untuk POCO X4 Pro 5G.

Redmi Note 13 dan Redmi 13C menerima pembaruan HyperOS berbasis Android 14, sedangkan POCO X4 Pro 5G menerima pembaruan HyperOS berbasis Android 13.

Diharapkan pembaruan baru tersebut dapat diakses oleh semua pengguna dalam beberapa minggu ke depan.

 
4 dari 4 halaman

Penjualan Mobil Listrik Xiaomi SU7 Laris Manis

Di sisi lain, penjualan mobil listrik Xiaomi SU7 hingga mencapai 88.898 pemesan hanya dalam 24 jam pertama.

Banyaknya peminat dari mobil listrik ini menyebabkan pemesanan menghadapi kemungkinan menunggu lebih lama hingga 7 bulan.

Disitat dari Reuters, melalui aplikasi mobil Xiaomi, perusahaan tersebut menyarankan waktu pengiriman model SU7 Standard dan Pro dapat memakan waktu hingga 18-21 minggu atau di sekitaran awal hingga akhir Agustus. 

Sedangkan untuk varian model termahalnya, SU7 Max akan delay lebih lama hingga 27-30 minggu yang artinya akan dimulai pada awal hingga akhir Oktober mendatang.

Varian trim SU7 Standard dibanderol dengan harga 215.900 yuan (Rp 474,2 juta), sedangkan varian atasnya, Pro dan Max masing-masing berada di 245.900 yuan (Rp 540,1 juta) dan 299.900 yuan (Rp 658,7 juta).

Selain tiga opsi varian tersebut, Xiaomi juga meluncurkan versi khusus yang disebut Founder's Edition yang membuka pemesanan awalnya dengan volume sebesar 5 ribu unit pada hari yang sama dengan peluncurannya. Kuota tersebut sukses terjual habis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.