Sukses

iPhone 16 Bakal Tampil dengan Tata Letak Kamera Vertikal, Bisa Rekam Video Spasial?

Desain baru iPhone 16 bocor! Tata letak kamera vertikal baru, tombol 'Capture', dan kemungkinan perekaman video spasial. Simak bocoran terbaru dan spekulasi fitur canggih iPhone 16!

Liputan6.com, Jakarta - Bocoran iPhone 16 series kembali mencuat di internet. Sebelumnya, warganet dibuat terkejut dengan munculnya casing pertama iPhone 16 Pro.

Lewat bocoran iPhone 16 Pro tersebut, terungkap Apple bakal menambahkan tombol 'Capture' di samping bodi ponsel.

Kini, giliran model iPhone 16. Seperti iPhone 16 Pro, casing untuk iPhone 16 dan iPhone 16 Plus mengonfirmasi beberapa perubahan.

Salah satu paling terlihat adalah perubahan desai modul kamera, kini kedua sensor di iPhone tersebut tak lagi disusun secara diagonal.

Pada tahun ini, lensa kamera di kedua model ini akan diletakkan secara vertikal dengan rangkaian flash LED berada di tengah HP Apple di sebelah kanan tonjolan tersebut.

Mengutip GSM Arena, Senin (1/4/2024), prototipe model iPhone 16 non-Pro memiliki dua cincin terpisah untuk kedua kamera, dan diletakkan di permukaan berbentuk pil--seperti iPhone X.

Beberapa pihak meyakini, perubahan desain kamera tersebut adalah agar kedua ponsel mampu mendukung perekaman video spasial.

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus juga dikatakan meminjam Action Button dari iPhone 15 Pro, serta tombol 'Capture' yang sensitif terhadap tekanan seperti di iPhone 16 Pro.

Berhubung peluncuran iPhone 16 series masih sekitar bulan September 2024, besar kemungkinan terjadi perubahan dengan berjalannya waktu.

Karena itu, perlu diingat bocoran-bocoran ini masih sebatas bakal seperti apa bentuk iPhone 16 series tersebut saat dirilis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bocoran iPhone 16 Pro Ungkap Warna Favorit Bakal Kembali Hadir

<p>Apple bakal melengkapi iPhone 16 dengan tombol tambahan, fungsinya? (Doc: MacRumors)</p>

Bocoran iPhone 16 series, khususnya model iPhone 16 Pro semakin banyak beredar di internet dan jadi perbincangan banyak pihak.

Terkini, bocoran warna iPhone 16 Pro menjadi sorotan dan disebut-sebut akan menghadirkan opsi yang sempat absen di model iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

Diketahui, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max menghadirkan beberapa pilihan warna mulai dari Natural Titanium, Blue Titanium, White Titanium, dan Black Titanium.

Jika rumor tentang warna baru iPhone tahun 2024 ini benar, maka ponsel baru Apple ini bakal hadir dalam empat pilihan warna, termasuk tiga opsi dengan nuansa abu-abu berbeda.

Namun, yang paling menonjol adalah kembalinya warna populer di kalangan pemilik iPhone sebelum akhirnya Apple memutskan membuangnya pada tahun 2023.

Dikutip dari iMore, Sabtu (30/3/2024), warna lawas yang absen di lini iPhone 15 Pro dan kembali hadir adalah warna Rose.

3 dari 4 halaman

Warna iPhone 16

Capture Button di iPhone 16. Credit: The Information

Dalam kasus iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max, warna Rose ini akan tampil emas dengan lebih kekuningan ketimbang warna emas merah seperti sebelumnya.

Adalah unggahan ShrimpApplePro di jejaring sosial X. dengan menyebutkan iPhone baru Apple akan hadir dengan pilihan warna Space Black, White, Grey, dan Rose.

Ini bukan pertama kalinya sebuarh rumor menyatakan, warna iPhone 16 Pro akan berbeda dari tahun lalu. Sebelumnya, ponsel ini akan hadir dengan pilihan warna Desert Yellow.

Jika Apple mengikuti ritme rilis biasanya, kita dapat memperkirakan perusahaan akan mengumumkan iPhone baru dalam beberapa minggu pertama bulan September.

Setelah itu, perusahaan berbasis di Cupertino tersebut akan menjual ponsel barunya sekitar 10 hari kemudian. Model-model baru ini diharapkan akan diluncurkan bersamaan dengan model iPhone 16 dan iPhone 16 Plus baru. 

4 dari 4 halaman

Apple iPhone 16 Segera Rilis

iPhone lock screen with software iOS 16 (unsplash/Sarah B)

Di sisi lain, menurut jurnalis Bloomberg Mark Gurman, sebagaimana dikutip dari Android Authority, Kamis (28/3/2024), iPhone 16 akan memiliki tombol baru yang disebut sebagai Capture Button.

Diperkirakan, tombol tersebut akan muncul di sisi kanan perangkat. Menurut informasi, Capture Button bisa digunakan untuk memotret ataupun merekam video.

Laporan juga menyebut, tombol di iPhone terbaru ini bisa merespons berdasarkan keras atau tidaknya tekanan yang diberikan.

Sebagai contoh, apabila menekan tombol secara ringan akan mengatur kamera untuk fokus pada objek, sedangkan, ketika menekan tombolnya lebih keras, iPhone akan mengambil gambar atau mulai merekam.

Disebutkan juga, pengguna dapat menggeser tombol tersebut ke kiri atau kanan untuk memperbesar atau memperkecil zoom.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.