Sukses

Ini Deretan Fitur AI di iPhone pada Update iOS 18

iOS 18 akan segera hadir. Beberapa rumor menyebut Apple akan menghadirkan berbagai fitur AI untuk iPhone.

Liputan6.com, Jakarta - Sistem operasi iOS 18 akan segera hadir. Beberapa rumor menyebut Apple akan menghadirkan berbagai fitur AI untuk iPhone.

Apple berencana untuk memperkenalkan iOS 18 di event WWDC 2024, sebagaimana dikutip dari CNET, Minggu (31/3/2024).

Menurut analis Mark Gurman, iOS 18 akan menghadirkan pembaruan perangkat lunak "terbesar" dalam sejarah iPhone.

Gurman menulis bahwa OS dari Apple itu menghadirkan pembaruan yang "inovatif" ke iPhone lengkap dengan fitur dan desain baru.

Berita ini muncul di tengah perusahaan teknologi berbondong-bondong menerapkan generatif kecerdasan buatan (AI) ke sistem operasi.

Sebagai contoh, Microsoft membenamkan Copilot AI di seluruh perangkat yang menggunakan OS Windows 10 dan Windows 11.

Selain itu, beberapa waktu lalu Samsung memperkenalkan fitur Galaxy AI di lini Galaxy S24. Kemungkinan besar Apple akan menerapkan kecerdasan buatan generatif di iPhone 16 dan iOS 18.

Apple sebelumnya telah menanamkan fitur yang menggunakan AI, seperti deteksi foto duplikat, meniru suara pengguna, autocorrect keyboard, dan lain sebagainya.

Kendati demikian, perusahaan tersebut tidak meluncurkan produk AI generatif seperti Gemini Google atau ChatGPT OpenAI.

Namun, rumor yang beredar menunjukkan adanya perubahan terkait kecerdasan buatan di iOS 18. Simak selengkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Siri yang Lebih Cerdas

Pada pembaruan iOS 18, kecerdasan Siri akan lebih ditingkatkan dengan AI. Menurut Gurman, kecerdasan buatan yang digunakan nantinya akan membuat Siri dan aplikasi Messages dapat menjawab pertanyaan dan melengkapi kalimat secara otomatis.

Sebelum laporan dari Gurman, terdapat laporan di bulan September mengatakan Apple berencana menggunakan Large Language Model, bagian penting dari AI generatif, untuk membuat Siri lebih pintar.

Contoh yang dirinci dalam artikel tersebut menjelaskan bagaimana Siri dapat merespons perintah suara untuk mengerjakan tugas yang lebih kompleks, seperti mengubah sekumpulan foto menjadi GIF dan kemudian mengirimkannya melalui Messages.

3 dari 4 halaman

Peningkatan Pengalaman Chatting dengan Perangkat Android

Apple mengatakan akan menghadirkan dukungan RCS, standar perpesanan lintas platform, ke iPhone.

Menurut laporan 9to5Mac pada bulan November, juru bicara Apple mengatakan RCS akan hadir di iPhone "akhir tahun depan" dan akan kompatibel dengan iMessage.

Dukungan RCS dapat meningkatkan pengalaman perpesanan saat ini antara pengguna iPhone dan Android dengan menghadirkan fitur mirip iMessage.

Peningkatan tersebut mencakup pengiriman foto dan video berkualitas tinggi, tanda pesan telah dibaca, indikator pengetikan dan, enkripsi end-to-end.

Namun, penting untuk diingat bahwa iMessage akan tetap eksklusif untuk iPhone dan perangkat Apple lainnya. Dukungan RCS bukan berarti iMessage akan hadir di Android.

4 dari 4 halaman

Apple Umumkan Bakal Gelar WWDC 2024

Sementara itu, Apple mengumumkan bakal menggelar konferensi pengembang tahunan mereka, the Worldwide Developer Conference alias WWDC 2024.

Adapun gelaran WWDC 2024 dijadwalkan berlangsung pada Senin-Jumat 10-14 Juni 2024. Acaranya akan berlangsung di Apple Park pada 10 Juni.

Cara untuk mendaftarnya, para pengembang hanya perlu masuk ke laman pengembang Apple lalu klik Request to attend untuk bisa mendapatkan kesempatan. Selanjutnya, Apple akan mengumumkan apakah seseorang terpilih untuk mengikutinya.

Mengutip Gizchina, pada konferensi pengembang WWDC 2024 ini, Apple akan mengungkap sejumlah fitur baru yang menarik serta update software berbagai platform mereka.

Para pengembang juga bisa mempelajari berbagai kemampuan dari iOS 18, iPadOS 18, tvOS18, MacOS 15, watchOS 11, dan visionOS 2.

Tentunya hal tersebut bakal menjadi kesempatan emas bagi pengembang untuk bisa mengintip apa yang dikerjakan Apple.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.