Sukses

Apple Bakal Rilis iPad Pro OLED dengan Chipset M3 di Mei 2024, Ada iPad Air Baru Juga

Apple dikabarkan akan meluncurkan iPad Pro OLED dan iPad Air baru pada Mei 2024. iPad Pro baru akan memiliki layar OLED dan chipset M3, sedangkan iPad Air akan memiliki layar 12,9 inci dan chipset M2.

Liputan6.com, Jakarta - Apple disebutkan berecana untuk meluncurkan lini tablet iPad Pro terbaru mereka yang sudah dilengkapi dengan layar OLED.

Kabar iPad Pro OLED ini diungkap oleh Mark Gurman dari Bloomberg, dan dijadwalkan akan meluncur pada Mei 2024 nanti.

Perusahaan berbasis di Cupertino tersebut juga dilaporkan bakal merilis tablet baru lainnya, yakni iPad Air dengan layar 12.9 inci.

Mengutip laporan Gurman via The Verge, Jumat (29/3/2024), selain menggunakan layar OLED, model iPad Pro baru Apple ini juga sudah dilengkapi dengan chipset M3.

Tak hanya itu, perusahaan juga kabarnya merubah bentuk Magic Keyboard untuk iPad Pro tersebut sehingga memiliki trackpad lebih besar.

Sementara untuk iPad Air, tablet baru milik Apple ini akan menggunakan chipset M2 generasi terkini dan memiliki dua ukuran layar.

Satu adalah iPad Air versi standar dengan layar 10.9 inci, dan 12.9 inci untuk varian lainnya. Informasi, lini iPad Pro saat ini masih menggunakan chipset M2, dan versi Air hanya pakai M1.

Kabarnya, Apple ingin meluncurkan lini tablet barunya ini pada akhir Maret atau April 2024. Namun, perusahaan masih membutuhkan waktu untuk menyelesaikan OS di iPad tersebut.

Bila memang benar, maka iPad Pro baru ini akan diluncurkan lebih awal dari ajang tahunan Apple, yakni Worldwide Developer Conference (WWDC) 2024.

Rencananya, Apple WWDC tahun ini akan digelar pada 10 hingga 14 Juni 2024. Pada ajang tahunan tersebut, perusahaan disebut-sebut akan memperkenalkan iOS 18 dengan integrasi AI di dalamnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apple iPhone 16 Segera Rilis, Hadirkan Tombol Baru dan Perombakan Desain

<p>Apple bakal melengkapi iPhone 16 dengan tombol tambahan, fungsinya? (Doc: MacRumors)</p>

Tahun ini, dikabarkan Apple akan meluncurkan smartphone generasi terbarunya, iPhone 16. HP ini akan membawa perubahan baru, salah satunya penambahan tombol baru di iPhone hingga desain yang lebih segar.

Menurut jurnalis Bloomberg Mark Gurman, sebagaimana dikutip dari Android Authority, Kamis (28/3/2024), iPhone 16 akan memiliki tombol baru yang disebut sebagai Capture Button. 

Diperkirakan, tombol tersebut akan muncul di sisi kanan perangkat. Menurut informasi, Capture Button bisa digunakan untuk memotret ataupun merekam video.

Laporan juga menyebut, tombol di iPhone terbaru ini bisa merespons berdasarkan keras atau tidaknya tekanan yang diberikan.

Sebagai contoh, apabila menekan tombol secara ringan akan mengatur kamera untuk fokus pada objek, sedangkan, ketika menekan tombolnya lebih keras, iPhone akan mengambil gambar atau mulai merekam.

3 dari 4 halaman

Bentuk iPhone 16

<p>iPhone 15 dan iPhone 15 Plus. Credit: Apple</p>

Disebutkan juga, pengguna dapat menggeser tombol tersebut ke kiri atau kanan untuk memperbesar atau memperkecil zoom.

Beberapa laporan lain menunjukkan perubahan desain dari lini iPhone 16. Kendati demikian, perombakan desain yang dilakukan Apple disebut tidak terlalu signifikan.

Laporan MacRumors membocorkan tiga purwarupa awal iPhone 16 yang berbeda. Purwarupa iPhone 16 pertama disebut berwarna kuning dengan kamera bergaya iPhone X.

Lalu, dda tombol volume yang dapat memberikan umpan balik berupa getaran dari mesin Taptic Engine.

Purwarupa iPhone lain hadir dalam warna merah jambu. Dari bocoran itu, smartphone ini disebut memiliki kamera yang disejajarkan secara vertikal, serta tombol volume terpisah.

Purwarupe ketiga, ditampilkan dalam warna Midnight Black, menampilkan kamera yang disejajarkan secara vertikal dengan tombol volume terpisah. Namun, iPhone ini memiliki Action Button lebih besar dan Capture Button baru.

4 dari 4 halaman

Layar iPhone 16 Akan Lebih Besar

Informasi mengenai iPhone 16 yang seharusnya rilis tahun depan sudah mulai beredar.

Sebelumnya, iPhone 16 dikabarkan akan mengusung layar yang lebih besar dari generasi sebelumnya.

Mark Gurman dan analis layar Ross Young sependapat kalau Apple berencana untuk meningkatkan ukuran kedua model iPhone 16 Pro “beberapa persepuluh inci secara diagonal.”

Layar iPhone baru itu diprediksi berukuran masing-masing 6,2 inci dan 6,8 inci untuk iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max, menjadikannya yang terbesar yang pernah ada untuk.

Sementara itu, 9to5Mac mengklaim iPhone akan menghadirkan seri “Ultra” di tahun depan dengan menghadirkan layar 6,9 inci, sedangkan iPhone 16 Pro yang lebih kecil bisa mendapatkan OLED 6,3 inci.

Sementara itu, untuk lini iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, Android Authority memperkirakan Apple akan tetap menggunakan ukuran layar yang sama dengan seri tahun lalu.

Analis layar Ross Young juga berpendapat bahwa Apple diperkirakan hanya akan menghadirkan layar dengan kecepatan refresh tinggi ke iPhone seri basic pada tahun 2025.

Hal tersebut menunjukkan bahwa iPhone 16 masih menggunakan refresh rate 60Hz untuk layarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.