Sukses

Bocoran Samsung Galaxy Z Fold 6: Bakal Berbalut Bodi Titanium, Mirip Galaxy S24 Ultra

Samsung Galaxy Z Fold 6 dirumorkan akan menggunakan bodi titanium, seperti Galaxy S24 Ultra. Ponsel lipat ini akan lebih kuat, ringan, dan terkesan premium. Peluncurannya diprediksi pada Juli 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Bocoran Galaxy Z Fold 6 semakin ramai beredar di internet, di mana kali ini disebutkan ponsel layar lipat baru Samsung itu mengadopsi lini Galaxy S.

Galaxy Z Fold 6 rumornya bakal tampil dengan bodi titanium, sama seperti Galaxy S 24 Ultra yang Samsung umumkan pada Januari 2024.

Informasi ini diungkap oleh blogger teknologi Revegnus di akun X--sebelumnya dikenal bernama Twitter--pribadinya, yakni @Tech_Reve. Dia mencuitkan, "Z Fold 6 dilengkapi dengan titanium."

Diketahui, Galaxy Z Fold 5 yang diumumkan pada Agustus 2023 masih pakai bodi aluminium. Bila benar, maka ini akan menjadi HP Android kedua Samsung dengan bodi titanium.

Perubahan material bodi di HP layar lipat Samsung ini cukup wajar, mengingat Galaxy Z Fold 6 sendiri dibanderol harga lebih mahal dan canggih ketimbang lini Flip 6.

Tak hanya itu, penggunaan material titanium juga diyakini membuat ponsel layar lipat Samsung ini menjadi lebih kuat dan ringan saat dipakai.

Selain itu, bodi titanium akan menjadikan Galaxy Z Fold 6 ini lebih terkesan premiu, dan tentunya lebih tahan banting ketimbang generasi Z sebelumnya.

Berdasarkan rumor yang beredar saat ini, Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 akan diumumkan dalam acara Galaxy Unpacked 2024 pada Juli mendatang.

Setelah itu, perusahaan Korea tersebut akan mengumumkan kehadiran Galaxy Z Fold 6 FE pada September atau Oktober tahun ini.

Adapun peluncuran layar lipat seri FE ini untuk memenuhi kebutuhan, dan keinginan konsumen untuk HP Android lipat dengan harga lebih terjangkau.

Gimana, apakah Anda penasaran dan tertarik untuk memiliki Galaxy Z Fold 6 dengan bodi titanium ini pada Galaxy Unpacked 2024 nanti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Samsung Buka Kemungkinan Galaxy AI Rilis HP Flagship Lawas

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Samsung meluncurkan tiga model yang hadir pada seri ini, yaitu Galaxy S24, Galaxy S24 Plus, dan Galaxy S24 Ultra. Dalam peluncuran ketiga smartphone ini, President and Head of Mobile eXperience (MX) Business Samsung Electronics, TM Roh, mengatakan bahwa ini adalah era AI seluler baru yang akan datang. (AP Photo/Lee Jin-man)

Samsung dilaporkan memiliki rencana untuk memperluas jangkauan Galaxy AI ke lebih banyak perangkat, terutama perangkat flagship generasi lawas. Hal itu diungkapkan oleh oleh Head MX Business Samsung Electronics TM Roh dalam wawancara terbarunya.

Mengutip informasi dari 9to5Google, Minggu (24/3/2024), TM Roh menuturkan ada kemungkinan Samsung bakal merilis Galaxy AI untuk perangkat flagship yang rilis lebih lama dari tahun lalu. Namun, ia memang tidak secara gamblang menyebut soal perangkat yang mendukung kemampuan tersebut.

Menurut TM Roh, Samsung sekarang tengah mengupayakan seluruh sumber daya dan upaya untuk memungkinkan hal itu dapat terjadi. Perusahaan juga berencana untuk secara bertahap menghadirkan pengalaman Galaxy AI sepenuhnya.

"S23 bersama Fold dan Flip yang rilis tahun lalu akan ditingkatkan dengan AI, dan kami sedang mencoba melakukan banyak peninjauan juga pada model sebelumnya," tutur TM Roh.

3 dari 5 halaman

HP Lawas Samsung Kedapatan Galaxy AI

<p>3 Cara Pakai AI untuk Edit Konten Konser Coldplay yang Cuma Bisa Kamu Lakuin di Galaxy S24 Series. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Merujuk pada pernyataan tersebut, sejumlah pihak berspekulasi ada kemungkinan Samsung sendiri tengah mempertimbangkan kemungkinan Galaxy AI hadir di lini Galaxy S22, termasuk Galaxy S22 Plus dan Galaxy S22 Ultra.

Alasannya, di pernyataan sebelumnya, Samsung menyebut kalau kemampuan Galaxy AI hanya akan dihadirkan untuk lini Galaxy S23, Galaxy Z Fold 5, Galaxy Z Flip 5, dan Galaxy Tab S9.

Hal ini dilakukan mengingat kinerja Galaxy AI yang terbilang cukup berat. TM Roh sendiri menyebut, Galaxy AI mengombinasikan tidak hanya AI berbasis cloud, tapi juga teknologi AI on-device yang sangat bergantung pada performa hardware.

"Untuk memungkinkan AI on-device pada perangkat dengan hardware terbatas, tentu dibutuhkan upaya yang lebih banyak," tuturnya. Saat ini, Samsung sendiri baru merilis Galaxy AI di lini Galaxy S24, baru kemudian dijadwalkan hadir pada seri flagship riliisan 2023 di akhir Maret tahun ini.  

4 dari 5 halaman

Galaxy AI Bakal Hadir di Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5

<p>Fitur Galaxy AI Circle to Search di Samsung Galaxy S24 Series. Liputan6.com/Yuslianson</p>

Sebelumnya, smartphone lipat Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 akan segera mendapatkan fitur berbasis kecerdasan buatan Galaxy AI.

“Ini akan memberikan cara baru bagi pengguna mengoptimalkan smartphone mereka. Dengan fitur AI yang terintegrasi dalam perangkat foldable ini, kemudahan dan inovasi bertemu dalam genggamanmu," kata Head of MX Product Marketing and Partnership Samsung Electronics Indonesia, Selvia Gofar, melalui keterangannya, Kamis (22/3/2024).

Ia menambahkan Galaxy AI menjadikan solusi yang tidak hanya mempermudah hidup, tetapi juga memnungkinkan kamu jadi memiliki lebih banyak waktu untuk mencoba hal-hal baru.

Saat Galaxy AI datang ke Galaxy Z Fold5, fitur Note Assist akan merapikan tulisan tangan pengguna saat membuat catatan meeting dengan S Pen, dan mengubahnya menjadi bentuk teks.

Cara lain adalah merekam percakapan saat meeting, lalu dengan fitur Transcript Assist akan mengubah rekaman suara menjadi teks.

Kedua fitur AI ini dapat lebih dioptimalkan untuk mengubah format catatan dalam bentuk ringkasan, bahkan menerjemahkannya ke dalam bahasa lain jika diperlukan dalam hitungan detik.

Ditambah lagi, fitur Browsing Assist akan membantu merangkum sumber materi meeting atau presentasi, sehingga kamu dapat dengan mudah dan cepat memahami materi. 

5 dari 5 halaman

Fitur Andalan Circle to Search

<p>EVP YJ Kim, Head of AI Team, Mobile eXperience Business saat memaparkan Galaxy AI di Galaxy S24 series. (Doc: Ist)</p>

Untuk menemukan fashion yang sedang tren tidak perlu pusing mencari nama atau teks saat browsing informasi di internet.

Dengan fitur Circle to Search with Google, kamu cukup melingkari outfit yang sedang digunakan orang lain atau sedang menjadi konten viral.

Dalam hitungan detik, berbagai informasi seperti nama brand, nama produk, di mana dapat dibeli, dan lainnya akan tampil di layar Galaxy Z Flip5.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.