Sukses

Operator Seluler Indonesia: XL, Tri, dan Telkomsel Unggul di Pengalaman Game dan Kecepatan Internet

Laporan Opensignal mengungkap operator seluler Indonesia yakni XL, Tri, dan Telkomsel unggul dalam pengalaman game hingga kecepatan internet untuk unduh dan unggah.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan analitik seluler Opensignal merilis laporan analisis terbaru yang menyoroti pengalaman jaringan mobile di dunia pada 2024. 

Lewat laporan penghargaan global Opensignal kelima ini, Opensignal menganalisis perbedaan dalam keseluruhan pengalaman yang dilihat oleh pengguna Opensignal di berbagai operator di seluruh dunia. 

Opensignal juga menyoroti operator-operator yang memiliki peningkatan terbesar dalam pengalaman seluler dan  mengidentifikasi operator ini sebagai Global Rising Stars. 

Dalam penghargaan ini, Opensignal membagi operator seluler menjadi dua grup. Grup 1 berisi operator dari pasar dengan luas lahan lebih dari 200.000 Km persegi. Sementara, grup II terdiri dari operator yang pasar dalam negeri yang berada di bawah ambang batas tersebut. 

Adapun temuan dalam survei Opensignal tersebut adalah:

XL Axiata dan Tri pimpin pengalaman game di grup 1

Pada kategori pengalaman game, Indonesia yang diwakili oleh XL dan 3 menjadi jajaran penyedia layanan operator seluler pemimpin global bersama dengan au dan SoftBank dari Jepang. 

Indonesia dan Jepang jadi satu-satunya negara di kawasan Asia yang masuk dalam kategori pengalaman game

XL mendapatkan skor 78.8 poin dan Tri Indonesia tertinggal sedikit dengan skor 78.5 poin. Sementara au dan SoftBank dari Jepang masing-masing memiliki skor 82.1 poin dan 81.8 poin. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tri dan Telkomsel masuk ke kategori Pengalaman Kecepatan Unduh dan Pengalaman Kecepatan Unggah Grup 1

 

Pada skala 120 persen dalam pengalaman kecepatan unggah dan skala 400 persen pada kecepatan unduh. Sementara untuk pengalaman kecepatan unduh, Tri Indonesia mendapatkan skor 60,7 persen pada kategori pengalaman kecepatan unduh dan 48,8 persen. 

Sementara, Telkomsel dari tahun ke tahun selalu berhasil mewakili Indonesia dalam hal kecepatan. Saat ini skor Telkomsel di bawah Tri, sebesar 47,6 persen pada pengalaman kecepatan unduh dan 35,9 persen pada pengalaman kecepatan unggah. 

 

3 dari 4 halaman

Analisis Opensignal per Desember 2023, Telkomsel Unggul di Kecepatan Unduh dan Unggah

Perusahaan analitik seluler global Opensignal merilis analisis terbaru tentang jaringan seluler di Indonesia per Desember 2023.

Laporan ini menganalisis seluruh pengalaman jaringan seluler dari semua pelanggan jaringan di Indonesia dari lima operator. Operator yang dimaksud mulai dari Tri, Indosat, Smartfren, Telkomsel, dan XL.

 Analisis dilakukan selama 90 hari, sejak 1 Agustus 2023. Analisis Opensignal ini menggali lebih dalam pengalaman jaringan seluler di 10 wilayah utama Indonesia.

Tidak hanya jaringan 5G, Opensignal juga menggunakan pengukuran 5G untuk menentukan skor keseluruhan di setiap kategori.

Berikut adalah hasil temuan Opensignal untuk pengalaman operator seluler di Indonesia, per Desember 2023:

1. Telkomsel Unggul di Kecepatan Upload dan Download

Telkomsel meraih pengalaman kecepatan unduh dan kecepatan unggah terbaik. Dalam hal ini, pengguna Telkomsel merasakan kecepatan download rata-rata 26,1 Mbps. Ini 3,3 Mbps lebih cepat dari pengalaman yang dirasakan pengguna XL (posisi kedua).

Pelanggan Telkomsel juga rasakan kecepatan upload rata-rata tercepat yakni 11,1 Mbps, diikuti pengguna Tri Indonesia dengan rata-rata kecepatan 9,7 Mbps.

Secara keseluruhan, kecepatan upload dan download seluler di Indonesia meningkat. Di mana, kecepatan download naik 7,5-21,4 persen dan kecepatan upload 11,2-23 persen lebih cepat, tergantung pada operator.

4 dari 4 halaman

2. Kualitas Indosat Konsisten

Indosat memenangkan kualitas konsisten untuk kedua kalinya berturut-turut dengan skor 64,8 persen. Indosat bahkan mengungguli Telkomsel (61,7 persen) dan Tri (61,3 persen).

XL ada di belakang dengan skor kualitas konsisten 58,7 persen. Adapun Smartfren, menurut Opensignal, berada di urutan terakhir dalam kualitas konsisten dengan skor 38,4 persen.

Hal ini memperlihatkan bahwa pengguna Indosat terus mendapatkan proporsi pengujian terbanyak yang memenuhi ambang batas minimum untuk mendukung aplikasi seluler yang lebih umum dipakai. Misalnya panggilan video atau unggah gambar ke medsos. 

3. Telkomsel unggul di pengalaman video on-demand dan live

Pengguna Telkomsel merasakan kualitas pengalaman terbaik ketika memutar video-on demand dan video live melalui koneksi seluler di Indonesia.

Hasilnya, Telkomsel menjadi pemenang langsung untuk pengalaman video dan video live dengan skor 61,4 dan 57,7 poin dari skala 100 poin.

Dari kedua kategori itu, Tri menempati posisi kedua dengan skor yang lebih rendah, 61 poin untuk pengalaman video dan 56,1 untuk pengalaman video live.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.