Sukses

Realme 12 5G Hadir dengan Dynamic Button, Tombol Shortcut Akses Fitur dan Aplikasi

Realme mengungkap kehadiran Dynamic Button yang memungkinkan pengguna mengaturnya untuk mengakses deretan fitur atau aplikasi.

Liputan6.com, Jakarta - Realme telah mengonfirmasi akan meluncurkan smartphone terbarunya untuk pasar Indonesia yakni Realme 12 5G. Menurut jadwal, smartphone ini akan diperkenalkan pada 21 Maret 2024.

Menjelang peluncurannya, Realme pun mengungkap salah satu fitur yang akan hadir di perangkat ini. Dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (18/3/2024), Realme 12 5G akan dibekali dengan fitur Dynamic Button.

Diklaim, fitur ini merupakan yang pertama untuk segmen perangkat Android di kelasnya. Dengan fitur ini, pengguna disebut dapat mengakses ke beberapa fungsi sekaligus aplikasi favorit dengan cepat dan praktis.

Menurut Realme, Dynamic Button merupakan fitur baru yang membedakan Realme 12 dari HP Android lain di kelasnya. Pengguna bisa memanfaatkan tombol ini melalui gestur sentuh atau tekan sebanyak dua kali dengan interval kurang dari 500ms.

Dijelaskan lebih lanjut, selain berfungsi untuk mengakses aplikasi bawaan, fitur ini bisa dipakai untuk membuka berbagai aplikasi pihak ketiga, seperti media sosial hingga aplikasi perbankan.

"Fitur Dynamic Button pada Realme 12 5G adalah gebrakan inovatif yang kami hadirkan untuk memungkinkan para pengguna muda memiliki pengalaman yang lebih mudah dan efisien dalam mengoperasikan smartphone," ujar Marketing Director Realme Indonesia Ellen Zhou.

Nantinya, pada posisi layar mati, pengguna juga dapat memakai fitur ini untuk menyalakan flashlight, Airplane Mode, hingga Do Not Disturb Mode hingga beberapa fungsi lainnya. Pengguna dapat pula melakukan personalisasi sesuai kebutuhan.

Beberapa fungsi yang dapat diaktifkan dengan Dynamic Button di HP Realme ini adalah mengubah mode suara (Ring, Vibrate, Mute), menjalankan aplikasi kamera, termasuk timer.

Sebagai informasi, Dynamic Button menyatu dengan tombol daya yang juga berfungsi sebagai sensor sidik jari. Meski sudah diungkap, informasi soal harga dan ketersediaan Realme 12 di Indonesia belum dijelaskan secara detail.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Realme 12 Siap Meluncur 21 Maret di Indonesia, Cek Bocoran Spesifikasinya

Realme 12 5G disebut masih akan mengadopsi kemampuan fotografi yang ada di varian Pro Plus. Karenanya, smartphone ini dibekali dengan 108MP Zoom Portrait Camera 3X. 

 "Realme 12 5G akan hadir menjadi smartphone terbaru kami di lini Number Series yang cocok digunakan merekam keseruan momen Ramadan melalui kamera portrait terbaik di segmen harganya," tutur Marketing Director Realme Indonesia Ellen Zhou dalam keterangan resmi, Jumat (15/3/2024).

Dijelaskan, Realme bekerja sama dengan sinematografer pemenang Oscar yakni Claudio Miranda untuk mengembangkan hasil portrait yang tajam dan detail.

Kamera Realme 12 juga diklaim mampu melakukan 3x lossless portrait zoom pertama di segmen harganya.

Dari sisi desain, Realme 12 hadir dengan gaya yang terinspirasi jam tangan trendi. Realme membawa nuansa jam tangan mewah di smartphone ini lewat polished sunburts dial dan polished PVD edges.

HP Realme ini memiliki ketebalan hanya 7,69mm sehingga dipastikan nyaman saat digenggam. Meski sudah dipastikan kehadirannya, harga dari smartphone ini belum diungkap.  

3 dari 4 halaman

Realme 12 Pro Plus Resmi Meluncur, Tawarkan Lensa Periskop di Harga Mulai Rp 6 Jutaan

Di sisi lain, Realme 12 Pro Plus akhirnya resmi meluncur di pasar Indonesia, setelah kehadirannya sempat diungkap bulan lalu.

Seperti yang diwartakan sebelumnya, Realme 12 Pro Plus hadir dengan dukungan lensa periskop. 

Realme mengklaim, sensor telefoto periskop di ponsel ini merupakan terbesar di segmennya. Adapun sensor digunakan di HP Android tersebut adalah OV64B berukuran 12 inci. 

"Dengan Realme 12 Pro Plus, kami membawa kamera kelas flagship ke perangkat mid range untuk pertama kalinya," tutur PR Lead Realme Indonesia Krisva Angnieszca dalam peluncuran Realme 12 Pro Plus di Jakarta, Kamis (29/2/2024).

Tidak hanya itu, HP Realme ini juga dibekali kemampuan lossless zoom generasi selanjutnya. Jadi, perangkat ini menawarkan kemampuan zoom lossless pada 0.6x, 1x, 2x, 3x, hingga 6x.

Ponsel ini menggunakan tiga kamera yang terdiri dari lensa 50MP (wide), 64MP (periskop), dan 8MP (ultrawide).

4 dari 4 halaman

Mampu Tangkap Gambar Format RAW

Yang tidak kalah menarik, kemampuan fotografi HP Realme baru ini ditunjang kustomisasi algoritma MasterShot, hasil kerja sama dengan Qualcomm.

Berkat kolaborasi ini, Realme 12 Pro Plus dibekali kemampuan memproses algoritma RAW domain.

"Dengan RAW domain, kualitas gambar lebih bagus dan lebih unggul dari yang lain," tutur Krisva.

Ia pun menyebut ini pertama kalinya RAW Domain hadir di perangkat kelas mid range, mengingat fitur ini biasanya hanya tersedia di kelas flagship

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.