Sukses

Simak Bocoran PS6, dari Kisaran Harga hingga Deretan Fitur Terbaru yang Lebih Canggih dari PS5

Rumor mengenai PlayStation 6 makin menguat, simak apa saja fitur yang akan dihadirkan di PS6.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah Sony meraih kesuksesan di bisnis game console PS5, perusahaan asal Jepang itu dikabarkan akan merilis suksesornya, PlayStation 6. Terdapat rumor yang berseliweran mengenai konsol next-gen ini.

Sebagai informasi, PlayStation 5 rilis pada musim panas 2020. tidak hanya lebih bertenaga dibandingkan PS4, tetapi juga menawarkan berbagai fitur yang tidak tersedia pada generasi sebelumnya.

Fitur yang dihadirkan termasuk SSD berkecepatan tinggi, akselerasi hardware untuk ray tracing, dukungan audio 3D, dan masih banyak lagi.

Tidak lupa hadirnya DualSense menjadi perubahan terbesar dalam sejarah controller PlayStation.

Setalah hampir empat tahun rilis, rumor mengenai PlayStation 6 ramai diperbincangkan. Terdapat peningkatan spesifikasi dan berbagai perubahan lainnya yang akan diusung PS6. Simak ulasannya.

Meskipun banyak rumor mengenai console next-gen ini, belum ada tanggal atau jadwal peluncuran resmi untuk PS6.

Namun seorang eksekutif Sony mengonfirmasi bahwa siklus hidup PS5 kemungkinan akan berlangsung selama enam hingga tujuh tahun, sebagaimana dikutip dari Android Authority, Senin (18/3/2024).

Hal ini akan memberikan kemungkinan Sony PlayStation 6 akan rilis antara tahun 2026 dan 2027.

Meski Sony belum mengakui keberadaan PlayStation generasi keenam, namun perusahaan sedang berupaya untuk mengembangkan console tersebut.

Saat PS5 rilis, Sony memperkenalkan dua model dari konsol PlayStation ini, yakni versi BluRay Disc dan Digital Edition.

PlayStation 5 Digital Edition merupakan versi PS5 tanpa slot untuk membaca CD blu-ray.

Dengan semakin banyak pengguna yang membeli game versi digital, bukan tidak mungkin Sony akan merilis PS6 Digital Edition di masa yang akan datang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Desain PlayStation 6 akan Lebih Besar dari PS5

PS5 menerapkan perubahan drastis dalam filosofi desain khas Sony. Tidak ada yang bisa menebak seperti apa konsol perusahaan selanjutnya.

Namun rumor yang beredar di internet mengklaim bahwa Mark Cerny, arsitek utama PS5 akan kembali memimpin.

Kemungkinan desain dari PS6 tidak akan jauh berbeda dari generasi sebelumnya. Namun, tidak ada bukti konkret bagaimana desain PS6 nanti.

Spesifikasi PS5

PS6 dirumorkan akan lebih bertenaga dari PS5, kendati demikian kebocoran atau rumor PS6 tidak cukup untuk memberikan tebakan yang kuat saat ini.

Pada konsol generasi sekarang, PS5 menggunakan AMD Zen 2 octa-core 3,5GHz untuk CPU-nya dengan GPU khusus berbasis AMD RDNA 2. Ada juga RAM GDDR6 16 GB dengan SSD 825 GB.

PS5 juga mendukung resolusi 4K 120Hz dan 8K serta mendukung Variable Refresh Rate (VRR).

Sony dapat memilih untuk meningkatkan masing-masing spesifikasi ini atau hanya beberapa spesifikasi saja.

3 dari 4 halaman

Fitur yang Akan Dihadirkan

PS5 dilengkapi dengan fitur-fitur yang tak terhitung jumlahnya, banyak di antaranya mungkin akan ditemukan di PS6.

Sony dipastikan akan menyertakan fitur-fitur baru bersama dengan fitur-fitur yang sudah ada di generasi sebelumnya.

Beberapa fitur yang dirumorkan termasuk Storage Expansion, Backward Compatibility, audio 3D (Tempest dan/atau Dolby Atmos), dan cloud streaming.

Hal lain yang dihadirkan adalah lebih banyak integrasi PlayStation Link. PlayStation Link adalah standar konektivitas audio nirkabel yang dikembangkan oleh Sony.

Sony mengadopsi standar tersebut di PlayStation Portal, earbud Pulse Explore, dan headset Pulse Elite.

Ada kemungkinan besar Sony ingin memasukkan teknologi ini ke konsol berikutnya untuk memiliki ekosistem yang lebih terkoneksi.

Sony juga telah memiliki paten yang menarik, dengan beberapa di antaranya adalah paten yang lebih menonjol terkait dengan fitur di controlles PlayStation.

Paten terbaru menggambarkan controller yang dapat berfungsi ganda sebagai wadah pengisi daya earbuds.

4 dari 4 halaman

Bocoran Harga PS6

Paten lain menggambarkan controller yang dapat mengubah suhu dan berubah bentuk. Namun, seperti paten lainnya, tidak ada jaminan Sony akan menerapkan patennya.

Selama beberapa generasi terakhir, harga awal konsol PlayStation berkisar antara USD 399- USD 499. Harga ini adalah kisaran yang cenderung ditargetkan oleh Sony.

Kemungkinan besar PS6 akan dijual di rentang harga tersebut. Namun, belum ada kepastian harga dari konsol tersebut mengingat perilisan console next-gen tersebut masih lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.