Sukses

PS5 Pro Bakal 3 Kali Lebih Ngebut dari PS5 Sekarang, Siap Hadir Akhir Tahun 2024

Sony dikabarkan tengah mengembangkan PS5 Pro dengan performa 3 kali lipat lebih kencang dari PS5, ray tracing 3x lebih baik, dan fitur PSSR untuk meningkatkan resolusi gambar. Diluncurkan pada akhir 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar gembira bagi kamu fans konsol PlayStation, karena saat ini Sony disebutkan tengah mengembangkan konsol PlayStation 5 Pro atau PS5 Pro.

Terkini, konsol versi upgrade dari PS5 ini kabarnya bakal memiliki performa tiga kali lipat lebih kencang dari konsol PS5 saat ini.

Informasi ini diungkap oleh YouTuber Moore's Law is Dead, di mana dia mengklaim telah mendapatkan akses dokumen spesifikasi PS5 Pro, dengan kode nama Trinity.

Memperkuat klaim YouTuber tersebut, laporan Insider Gaming juga membocorkan spesifikasi lebih akurat konsol yang akan meluncur pada musim liburan 2024 nanti.

Mengutip The Verge, Sabtu (16/3/2024), tangkapan layar dokumen spesifikasi konsol PS5 Pro itu menyebutkan peningkatan performa PS5 Pro terlihat di GPU (Graphics Processing Unit).

Tertulis, GPU PS5 Pro ini diklaim bisa mencapai 67 teraflop untuk perhitungan floating point 16-bit.

Bila benar, maka angka tersebut setara dengan 33.5 teraflop untuk komputasi single-precision, dan secara kasar memberikan peningkatan performa rendering hingga 45 persen dibanding PS5 standar.

Untuk gambaran, PS5 saat ini memiliki kemampuan 10.28 teraflop. Bila angka ini benar adanya, maka performa PlayStation 5 Pro akan mengalami peningkatan signifikan.

Dokumen tersebut juga menyebutkan, PS5 Pro ini menjanjikan performa ray tracing 3 kali lipat lebih baik ketimbang PS5--hingga 4x dalam beberapa situasi.

Bocoran dokumen itu juga tertulis informasi hadirnya fitur PlayStation Spectral Super Resolution (PSSR). Apa itu?

Fitur PSSR rumornya akan menggunakan machine learning untuk meningkatkan resolusi gambar, mirip dengan teknologi DLSS dari Nvidia atau FSR dari AMD.

Meskipun Moore's Law is Dead tak selalu menjadi sumber akurat untuk bocoran konsol, kredibilitas laporan Henderson cukup meyakinkan.

Ia menyebutkan, studio internal Sony telah menjajal PS5 Pro devkit sejak September lalu, dan developer pihak ketiga menyusul pada Januari 2024.

Sebelumnya, Henderson juga pernah melaporkan rencana kehadiran PS5 Pro dengan target rilis November 2024.

Para gamers yang haus akan performa kencang dan grafis memukau tentunya patut menantikan kehadiran konsol PS5 Pro milik Sony ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jadwal Rilis PS5 Pro

PS5. (Doc: PlayStation)

PS5 Pro dikabarkan bakal meluncur pada tahun ini, setelah penjualan konsol baru Sony itu jauh dari ekspektasi perusahaan.

Analis mengatakan, PS5 Pro ini akan meluncur pertengahan akhir tahun 2024. Kehadiran model "Pro" ini memang sudah banyak dinantikan.

 PS5 sendiri meluncur pertama kali pada akhir tahun 2020, di mana kala itu kondisi pasar konsol sedang mengalami kekurangan chipset.

Akibatnya, pasokan chipset untuk konsol baru Sony ini pun langka di pasaran dan berujung melambungnya harga PS5 saat ini.

Namun, terbatasnya stok konsol Sony tersebut akhirnya berakhir pada tahun 2023. Sejak pasokan berangsur normal, rumor PS5 Pro pun langsung bermunculan.

Salah satu awal rumor ini datang ketika fans dengan jeli melihat paten Sony, dan terkini datang dari laporan dari orang dalam industri gaming.

CEO Kantan Games, Serkan Toto, baru-baru ini membagikan kabar tentang kehadiran varian baru PS5 tersebut.

Mengutip laporan CNBC via Gamerant, Rabu (21/2/2024), kemungkinan PS5 Pro akan meluncur pada akhir tahun 2024.

Rumor konsol Sony ini muncul setelah laporan Sony minggu lalu, di mana PS5 telah memasuk akhir siklus hidupnya. Karena itu, wajar langkah berikutnya untuk mengganti konsol Sony ini adalah PS5 Pro.

Jika analis ini benar, PS5 Pro akan hadir sebelum rilis GTA 6 pada tahun 2025. 

3 dari 5 halaman

Sony Sebut PS5 Telah Memasuki Akhir Siklus Hidupnya

PS5 serta beberapa aksesoris pelengkap. (Doc: PlayStation)

Sebelumnya, penjualan PlayStation 5 dalam beberapa tahun terakhir ini dilaporkan ternyata tidak memenuhi ekspektasi Sony. Kondisi itu pun disebut membuat perusahaan terus merevisi target penjualan perusahaan.

Dengan kondisi penjualan yang terjadi saat ini, Sony pun tak segan menyebut kalau PS5 telah memasuk masa akhir siklus hidupnya. Berdasarkan laporan Bloomberg, hal itu diungkap oleh SVP Sony Naomi Matsuoka.

Mengutip informasi dari IGN, Jumat (16/2/2024), Sony kini memperkirakan laju penjualan PS5 akan mulai turun pada tahun fiskal selanjutnya, yang dimulai dari April 2024 dan berakhir di Maret 2025.

"Ke depannya, PS5 akan memasuki tahap akhir siklus hidupnya," tutur Naomi. Oleh karena itu, menurut Naomi, Sony akan lebih menekankan pada keseimbangan antara keuntungan dengan penjualan. 

4 dari 5 halaman

Sony Pasang Target 25 Juta Unit PS5

Boks penjualan PS5. (Doc: Sony PlayStation)

Sebelumnya, Sony sempat memasang target ambisius untuk menjual 25 juta unit PS5 di tahun fiskal selanjutnya. Namun, perusahaan kemudian merivisinya menjadi 21 juta.

Revisi ini disebut dilakukan karena penjualan PS5 selama liburan kuartal 2023 lebih rendah dari yang diharapkan, meski telah dilakukan promosi yang terbilang agresif.

Disebutkan, Sony menjual 8,2 juta PS5 selama kuartal ketiga yang berakhir pada 31 Desember 2023. Jumlah itu naik dari kuartal sama di tahun sebelumnya, yakni 7,1 juta.

Kendati demikian, jumlah itu disebut tidak tetap memenuhi target tinggi yang sudah ditetapkan Sony. Karenanya, perusahaan pun melakukan revisi target konsol terbaru PlayStation ini di kuartal selanjutnya. 

5 dari 5 halaman

Sony Bakal Pakai APU AMD untuk PlayStation 6?

<p>Sony Luncurkan PS5 Versi 2023, Ini Harga dan Spesifikasinya. (Doc: PlayStation)</p>

Di sisi lain, konsol game Sony, PlayStation 6 alias PS6 sudah disebut-sebut meski peluncurannya diyakini masih butuh waktu bertahun-tahun lagi.

Sony pun belum memberikan penjelasan apa-apa tentang konsol generasi penerus PS5 ini. Namun, di internet sudah ada bocoran tentang spesifikasi konsol ini.

Mengutip Android Headlines, Rabu (12/3/2024), kabarnya, Sony akan menggunakan AMD untuk APU-nya.

APU sendiri merupakan Accelerated Processing Unit, yakni serangkaian mikroprosesor 64-bit dari AMD yang menggabungkan unit pemrosesan pusat (CPU) yang berorientasi umum dan unit pemrosesan grafis terintegrasi 3D dalam satu die.

APU AMD terutama seri Ryzen disebut-sebut mampu menawarkan kinerja pemrosesan imersif dan kapabilitas grafis yang baik sehingga perangkat yang dibekali dengan APU AMD diklaim mampu menjalankan berbagai jenis game.

Nah, rumor baru menyebutkan, Sony akan menggunakan APU AMD tersebut di konsol gamenya yang akan datang yakni PlayStation 6. Ini bukan pertama kalinya Sony memakai APU AMD, sebelumnya pada PS5, Sony juga membenamkan AMD.

Kabarnya, saat merancang PS5, Sony telah berbicara dengan beberapa pemasok chip tertentu, termasuk Nvidia.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.