Sukses

Oppenheimer Sabet 7 Piala Oscar, Waspada Situs Streaming Palsu Berujung Phishing Mengintai

Film biografi pembuat bom atom yang membumihanguskan kota Hiroshima dan Nagasaki, Oppenheimer, memborong tujuh Piala Oscar. Sayangnya rasa ingin tahu penonton tentang film ini bisa dimanfaatkan peretas untuk mendapatkan data pribadi, menggunakan situs web streaming palsu.

 

Liputan6.com, Jakarta - Penghargaan film bergengsi Academy Awards ke-96 telah berlangsung dengan Oppenheimer menjadi film yang memborong paling banyak piala.

Total ada tujuh penghargaan yang diterima oleh film yang dibintangi Cillian Murphy ini. Oppenheimer membawa pulang tujuh penghargaan Piala Oscar dari 13 nominasi yang diterimanya.

Sementara film lain yang juga mendapatkan banyak nominasi adalah Poor Things dengan 11 nominasi dan Killers of the Flower Moon dengan 10 nominasi.

Perhelatan Piala Oscar ini secara signifikan meningkatkan minat publik terhadap film-film yang dinominasikan atau memenangkan penghargaan. Hal ini menjadi fenomena yang tak luput dari perhatian para penipu online.

Menurut Kaspersky, dengan memanfaatkan rasa ingin tahu penonton, penipu membuat situs web phishing yang menjanjikan akses gratis ke film-film populer.

Para calon penonton yang tak menaruh curiga dan keburu ingin menonton karya-karya terkenal mungkin menghadapi situs meragukan. Pasalnya, ada risiko pencurian data pribadi yang mengintai.

Oleh karenanya, Kaspersky mengungkap berbagai bentuk penipuan yang memanfaatkan nominasi film populer dan yang memenangkan penghargaan Oscar tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Situs streaming palsu

Para penipu membuat situs streaming palsu yang menjanjikan akses ke film-film peraih nominasi dan penghargaan Oscar.

Untuk mendapatkan akses yang dianggap "gratis", pengguna ditipu untuk mendaftar berlangganan, tapi harus memberikan informasi kartu kredit mereka.

Namun, setelah memasukkan detail informasi pribadi, pengguna tak mendapatkan akses ke film tersebut. Malahan, informasi pribadi mereka jatuh ke tangan penipu.

Praktik penipuan semacam ini menyebabkan terjadinya tidak sah dan kerugian finansial bagi korban.

3 dari 4 halaman

2. Unduh film palsu

Ada pula beberapa situs web yang menawarkan download film populer, yang berujung pada jebakan phishing.

Situs-situs ini menawarkan beberapa opsi pengunduhan untuk sebuah film tetapi saat tautan download diklik, justru tidak memulai pengunduhan.

Pengguna malah dialihkan ke halaman lain yang penuh dengan penipuan, misalnya pemberian uang palsu atau undian hadiah.

Parahnya, saat pengguna terlibat dengan laman-laman ini justru menyebabkan hilangnya data pribadi hingga aset keuangan.

4 dari 4 halaman

Tips untuk Hindari Situs Phishing

Berikut adalah sejumlah tips Kaspersky untuk menghindari phishing:

  1. Verifikasi keabsahan situs web: Sebelum melakukan streaming atau download film, selalu periksa kredibilitas websitenya. Pengguna bisa mencari review online atau memakai platform streaming terpercaya untuk mengakses film.
  2. Berhati-hatilah terhadap tawaran yang terlalu bagus untuk jadi kenyataan: Dalam hal ini, jika ada situs yang menawarkan akses gratis ke film yang tengah tayang di bioskop atau baru dirilis, kemunginan itu adalah penipuan. Saat akses film "gratis" mengharuskan memasukkan rincian akun perbankan, jangan tertipu.
  3. Cari review atau komentar tentang website: Pengalaman pengguna lain bisa memberikan gambaran kepada kita tentang keamanan situs tertentu.
  4. Pakai solusi keamanan: Kamu bisa melindungi perangkat dan instal software antivirus dan alat keamanan web terkemuka yang mampu mendeteksi dan blokir akses ke situs phishing.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.