Sukses

Apple Rilis iOS 17.4: Hadirkan Emoji Baru Hingga Fitur Transkrip Podcast

Apple merilis iOS 17.4 pada hari Selasa (5/3/3034). Pembaruan iOS 17.4 tersebut menghadirkan fitur-fitur baru, termasuk emoji baru, transkrip podcast, dan perbaikan bug pada iPhone.

Liputan6.com, Jakarta - Apple telah merilis iOS 17.4 untuk para pengguna iPhone. Pembaruan iOS 17.4 tersebut menghadirkan sejumlah fitur-fitur baru, termasuk mengatasi bug pada iPhone.

Untuk mengunduh update iOS 17.4 tersebut, pengguna bisa mengakses aplikasi Settings > General > Software Update, pilih Install Now dan ikuti petunjuk yang ditampilkan di layar iPhone kamu.

Nah, untuk mengetahui deretan fitur baru yang dihadirkan Apple di iOS 17.4, simak beberapa di antaranya seperti dikutip dari CNET, Kamis (7/3/2024). 

  • iOS 17.4 Hadirkan Lebih dari 100 Emoji Baru

iOS 17.4 menghadirkan lebih dari 100 emoji baru untuk pengguna iPhone

Emoji baru ini termasuk emoji mengangguk ke atas dan ke bawah, mengangguk ke kiri dan kanan, hingga seekor burung phoenix dan seiris jeruk nipis.

Emoji ini telah diperkenalkan di tahun 2023, dan beberapa HP Android telah memiliki emoji tersebut.

  • Mengunduh Aplikasi Di Luar App Store

Apple memperkenalkan perubahan signifikan pada Safari, App Store, dan iOS dengan iOS 17.4.

Kini, pengguna iPhone dapat mengunduh aplikasi dan toko aplikasi di luar App Store. Kendati demikian, fitur tersebut hanya dapat berlaku di wilayah Eropa.

Pengguna iPhone di Eropa juga dapat mengontrol aplikasi default, sehingga pengguna akan memiliki lebih banyak cara untuk menyesuaikan pengalaman saat menggunakan iPhone.

  • Lebih Banyak Opsi untuk Pembayaran Melalui Aplikasi

iOS terbaru ini juga memperkenalkan lebih banyak cara untuk pembayaran melalui aplikasi. Untuk mengaktifkan fitur tersebut, pergi ke Settings > Privacy & Security > Contactless & NFC > New Option.

Fitur ini tersedia di negara-negara Uni Eropa, tapi belum ada kabar apakah fitur iOS 17.4 ini juga akan hadir di negara luar Uni Eropa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peningkatan Keamanan iMessage

iMessage akan memiliki lapisan keamanan agar pengguna terlindungi dari serangan siber yang melibatkan quantum computing.

Saat ini, Apple masih belum menemukan serangan siber di iMessage. Namun, perusahaan yang bermarkas di Cupertino ini ingin selangkah lebih maju dalam mengatasi potensi ancaman siber.

  • Dukungan Transkrip untuk Apple Podcasts

Apple Podcasts akan memiliki fitur yang memungkinkan pengguna membaca transkrip dari podcast yang didengar.

Untuk melihat transkrip tersebut, buka aplikasi Podcasts. Lalu, pilih salah satu episode podcast yang ingin didengar, dan klik banner di bawah layar.

Lihat bagian bawah kartu judul acara yang terdapat tombol baru di sudut kiri bawah, serta tampak seperti gelembung ucapan dengan tanda kutip di dalamnya. Pengguna juga bisa mencari kata di transkrip tersebut.

  • Nomor Virtual Card Hadir di Apple Cash

Kini, pengguna iPhone juga dapat memiliki kartu virtual yang dapat dipakai untuk mengakses Apple Cash. Kartu virtual tersebut dilengkapi dengan nomor kartu, tanggal kadaluarsa, dan kode keamanan layaknya kartu fisik. 

Pengguna juga dapat dengan mudah meminta nomor kartu baru jika kartu virtual telah disusupi.

Fitur ini berguna apabila pengguna ingin menggunakan fitur Apple Cash di toko online yang tidak mendukung Apple Pay.

3 dari 4 halaman

Widget Jam Digital Baru

Pembaruan yang dibawa iOS 17.4 memperkenalkan widget jam digital yang dinamakan City Digital.

Widget ini menampilkan waktu serta lokasi yang ditetapkan, bukan lokasi pengguna saat ini. Fitur ini berguna untuk melihat waktu di lokasi yang jauh, seperti di luar negeri.

  • Fitur Stolen Device Protection yang Diperbarui

iOS 17.4 menawarkan fitur baru di Stolen Device Protection. Fitur ini melindungi sebagian data pengguna ketika iPhone dicuri atau disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

  • Pembacaan Battery Health Baru untuk iPhone 15

Lini iPhone 15 kini memiliki fitur pembaca battery health baru. Untuk melihat fitur tersebut, pergi ke Settings > Battery.

Pengguna akan melihat opsi baru yang memberitahu status kesehatan baterai dalam bentuk teks, seperti Normal atau Service.

Pengguna bisa melihat detail lebih lanjut tentang kesehatan baterai iPhone dengan mengetuk status baterai. Sebelumnya, iPhone akan menunjukkan persentase kesehatan baterai tanpa penjelasan apapun.

4 dari 4 halaman

Home Button Baru di Apple Music dan Apple Books

Apple memperkenalkan tombol Beranda di Apple Music dan aplikasi Books di iOS 17.4. Tombol ini menggantikan tombol Listen Now di Apple Music dan Read Now di Books.

Apabila kamu langganan Apple Music dan menekan tombol tersebut, akan muncul halaman yang memunculkan menu, lagu yang terakhir kali didengar, dan rekomendasi berdasarkan lagu yang sebelumnya diputar.

Sementara ketika pengguna Apple Book menekan tombol tersebut, pengguna akan melihat menu seperti Current Bestsellers dan Start Reading for Free.

  • Siri Dapat Membaca Pesan Lebih Dari Satu Bahasa

Di iOS 17.4, Apple memperbarui Siri dengan kemampuan mengirimkan pesan dalam beberapa bahasa yang berbeda.

Untuk melihat fitur tersebut, buka Settings > Siri & Search, pengguna akan melihat opsi Messaging with Siri, yang menggantikan fitur Automatically Send Messages.

Klik Messaging with Siri dan terdapat menu Add Language. Jika menu tersebut di klik, pengguna kini bisa meminta Siri untuk mengirim pesan dalam bahasa lain, seperti bahasa Arab, Spanyol, dan Thailand.

Apple juga mengklaim Siri bisa membaca pesan menggunakan bahasa lain. 

  • Pengalaman Baru dalam Menggunakan Apple CarPlay dan Apple Maps

Apple memberikan tampilan baru di Apple CarPlay dan Apple Maps di beberapa kendaraan yang mendukung. Jadi, akan ada informasi yang lebih lengkap.

Kendati demikian, Apple tidak memberitahu kendaraan yang sudah mendukung fitur tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini