Sukses

Samsung Ajak Pengguna Merasakan Pengalaman AI Rumah Pintar yang Serba Terhubung

Dengan visi AI for All, Samsung membawa kehadiran AI ke berbagai perangkat yang terhubung di rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang terintegrasi dalam perangkat rumah tangga pintar di rumah (smart home) menawarkan kenyamanan, kemudahan penggunaan, hingga hemat energi.

Untuk merasakan pengalaman AI dalam ekosistem rumah pintar secara langsung, Samsung Electronics Indonesia dan Blibli mengajak pengguna untuk datang ke Samsung Experience Lounge di kawasan Pondok Indah Golf Club, Jakarta Selatan.

Dengan luas total 361 m2, area experience ini mempersilahkan pengguna merasakan kemudahan lewat berbagai perangkat Samsung yang 'berotak' AI.

"Dengan visi AI for All, kami membawa kehadiran AI ke berbagai perangkat yang terhubung di rumah, memastikan pengalaman yang lebih intuitif, nyaman, aman, dan hemat energi bagi pengguna," kata President Samsung Electronics Indonesia, Harry Lee, melalui keterangannya, Senin (4/3/2024).

Ia menjelaskan pengalaman AI ini dapat dijelajahi di Samsung Experience Lounge di Pondok Indah Golf Club--memberikan inspirasi untuk sebuah smart home yang bukan hanya memberi pengalaman aktivitas di rumah yang lebih pintar, tetapi juga membuat hidup lebih mudah.

Samsung Experience Lounge dirancang dengan ruang keluarga, dapur, ruang sinema, ruang meeting, laundry room, dan art exhibition.

Pengunjung bisa merasakan sendiri pengalaman AI melalui berbagai teknologi TV dan home appliance Samsung yang serba terhubung.

Di antaranya adalah teknologi AI Upscaling dengan Neo Quantum Processor 8K maupun 4K yang terdapat pada jajaran Samsung TV premium 8K dan 4K maupun lifestyle TV.

Teknologi ini memungkinkan TV secara pintar meningkatkan kualitas video-video lama atau konten berkualitas standar, menjadi setara 8K dan 4K yang jernih dan hidup.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Fitur AI Energy Mode

Samsung TV juga punya fitur AI Energy Mode untuk menghemat listrik. Fitur ini terhubung ke aplikasi SmartThings di smartphone untuk memantau konsumsi energi dan pola penggunaan lalu melakukan penyesuaian konsumsi energi di TV.

Di bagian dapur ada kulkas ‘ungkep’ dengan BESPOKE Design yang stylish dengan kompartemen ungkep yang didesain khusus untuk menyimpan makanan dalam kondisi soft-freeze agar siap masak kapan saja.

Kulkas dua pintu (top-mounted freezer) ini bisa terhubung ke smartphone melalui aplikasi SmartThings yang sama seperti TV, juga mempunyai fitur AI Energy Mode.

AI Energy Mode akan mempelajari pola pemakaian kulkas, membantu Anda menghemat energi atau mengurangi konsumsi energi dengan mengoptimalkan kerja kompresor untuk menghadirkan penghematan energi.

Melengkapi solusi mesin cuci pintar yang menggunakan teknologi AI adalah Smart Ecobubble Washer untuk memudahkan rutinitas mencuci.

Washer ini punya fitur AI Pattern yang dapat mempersonalisasi proses mencuci dengan merekomendasikan siklus mencuci yang paling sering digunakan dan menampilkan informasi akurat yang dapat dilihat melalui aplikasi SmartThings.

 

3 dari 5 halaman

AI Auto Cooling

Pengunjung bisa merasakan sensasi kesejukan yang nyaman dari AC Samsung WindFreeâ„¢ Ultra yang menyebarkan udara sejuk dan bersih dengan Air Purification PM1.0 Filter.

AC ini sudah diperkuat fitur AI Auto Cooling yang memungkinkannya menganalisis kondisi ruangan, suhu yang diinginkan oleh pengguna, serta kondisi cuaca di luar, untuk mengatur mode pendinginan yang paling efektif.

AC Samsung WindFree Ultra dapat terhubung ke smartphone melalui aplikasi SmartThings, sehingga pengguna bisa memonitor penggunaan daya listrik lewat fitur AI Energy Mode di SmartThings Energy.

Fitur ini akan mempelajari pola penggunaan dan menganalisa kondisi ruangan serta mengurangi penggunaan energi hingga 20% dengan menyesuaikan suhu dan frekuensi kompresor.

Untuk udara yang lebih bersih, BESPOKE Cube Air Purifier menghadirkan sensor udara mikro untuk mendeteksi polutan paling halus secara real time dan sistem penyaringan berlapis untuk menghilangkan debu dan bau tak sedap.

Fitur AI Purification di aplikasi SmartThings akan memantau dan menganalisa kualitas udara dan tingkat polusi di dalam ruangan secara terus menerus dan secara otomatis mengontrol volume udara murni dan memberi mode yang sesuai.

 

4 dari 5 halaman

Menjajal Kecanggihan Galaxy AI

Teknologi AI sendiri sudah Samsung hadirkan di tahun ini bagi para pengguna Samsung Galaxy dengan kehadiran Galaxy S24 series yang diperkuat teknologi Galaxy AI yang dapat mempermudah hidup penggunanya.

Untuk memberikan kemudahan produktivitas konsumen, Galaxy AI menghadirkan beragam fitur seperti Circle to Search with Google, Live Translate hingga Transcript Assist dan masih banyak lagi.

Sementara untuk konsumen yang senang membuat konten Galaxy AI menghadirkan berbagai fitur yang akan memudahkan mereka seperti Generative Edit yang dengan mudahnya menghilangkan objek maupun refleksi bayangan yang tidak diinginkan pada foto mereka.

Lalu Galaxy AI akan bekerja untuk mengisi ruang kosong pada frame agar tetap sesuai dengan nuansa di sekelilingnya.

Kecanggihan AI melalui berbagai perangkat Samsung bisa membuat hidup lebih praktis, mulai dari menunjang produktivitas lewat Galaxy S24, hiburan seru di TV, hingga memudahkan pekerjaan rumah tangga.

5 dari 5 halaman

Infografis desain-desain interior rumah yang bisa menjadi ide untuk menata kembali rumah Anda. (Dok: Liputan6/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini