Sukses

Pengguna Android Ramai-Ramai Pindah ke iPhone Lawas, Ini Alasannya

Baru-baru ini sebuah studi menemukan bahwa banyak pengguna Android berpaling dan beralih menggunakan iPhone tipe lama.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini sebuah studi menemukan bahwa banyak pengguna Android berpaling dan beralih menggunakan iPhone tipe lama.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Consumer Intelligence Research Partners (CIRP) menyoroti tren yang terjadi saat ini, di mana pengguna Android berbondong-bondong beralih menggunakan iPhone lawas.

Meskipun jumlah keseluruhan orang yang beralih relatif stabil sejak 2019, dengan sedikit penurunan pada tahun 2023 dibandingkan tahun 2022, preferensi pengguna terhadap iPhone telah memberikan gambaran yang berbeda.

Studi yang dilakukan CIRP mengungkapkan rentang pengguna yang bertransisi dari Android ke iPhone cenderung konsisten, berkisar antara 11% dan 19% dari 2019 hingga 2023.

Dikutip GizChina, Selasa (5/3/2024), peralihan yang konsisten tersebut kemungkinan disebabkan oleh kompleksitas terkait dengan peralihan ke sistem operasi baru. Termasuk transfer data dan adaptasi terhadap sistem antarmuka pengguna (UI).

Namun, data menunjukkan perubahan yang menarik ketika peneliti memeriksa rata-rata seri iPhone yang dibeli oleh pengguna Android yang berpaling.

Berbeda dengan pengguna iPhone lama yang melakukan upgrade dan sering kali memilih model terbaru, sebagian besar (29%) pengguna Android lebih memilih untuk membeli iPhone lawas, termasuk iPhone SE 3, 12, atau 13 (termasuk versi mini).

Tren ini melampaui model-model tertentu, di mana para pengguna Android yang berpaling menunjukkan kecenderungan yang lebih tinggi untuk membeli iPhone lawas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Seri iPhone yang Paling Diminati Pengguna yang Berpaling dari Android

CIRP menyelidiki kemungkinan alasan di balik peralihan ke iPhone seri lawas. Salah satunya terletak pada ketersediaan anggaran pengguna Android yang ingin berpaling ke iPhone.

Pengguna yang berpaling ke iPhone sebagian besar berasal dari penggunaan ponsel Android seri mid-range dengan harga yang terjangkau.

Mereka memilih iPhone seri lama karena smartphone tersebut memiliki harga yang dinilai terjangkau, sehingga harga dari iPhone seri lama dirasa sesuai dengan ketersediaan dana yang dimiliki.

Di luar pertimbangan anggaran, penelitian yang dilakukan CIRP menyoroti daya tarik ekosistem Apple yang terintegrasi secara ketat sebagai alasan dibalik berpalingnya pengguna Android ke iPhone.

Fitur-fitur eksklusif seperti iMessage, FaceTime, dan integrasi aksesoris Apple seperti AirPods memiliki daya tarik yang signifikan.

Hal ini menunjukkan bahwa para pengguna yang beralih ke iPhone memprioritaskan manfaat ekosistem Apple dibandingkan fitur-fitur canggih yang terdapat pada model terbaru.

3 dari 4 halaman

Banyak Pula Pengguna Android yang Beralih Menggunakan iPhone Seri Pro

Meskipun sebagian besar konsumen yang beralih dari Android lebih menyukai iPhone model lama, tak sedikit pula yang lebih memilih iPhone seri Pro dan Pro Max terbaru.

Penelitian ini mengungkapkan terdapat sekitar 37% pengguna Android yang lebih memilih iPhone Pro atau Pro Max terbaru ketimbang iPhone seri lama.

Hal ini menunjukkan kemungkinan adanya dua segmen berbeda dalam demografi pengguna yang berpaling dari Android.

Terdapat pengguna yang memprioritaskan fitur-fitur penting dengan harga yang lebih terjangkau, dan terdapat pula pengguna yang mencari fitur terbaik yang dimiliki serta status sosial ketika memiliki iPhone seri terbaru.

Penelitian yang dilakukan oleh CIRP dapat menjadi masukan bagi produsen smartphone dalam menghadapi perkembangan smartphone yang semakin dinamis.

4 dari 4 halaman

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.