Sukses

Samsung Galaxy Z Fold 6 Bakal Hadir dalam Dua Model, Salah Satunya Versi Ultra

Samsung siap menggemparkan dunia gadget dengan dua model Galaxy Z Fold 6! Versi standar dan ultra siap diluncurkan dengan kamera 200MP, stylus, RAM besar, dan banyak lagi!

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dijadwalkan bakal menggelar ajang Galaxy Unpacked kedua tahun ini pada awal Juli 2024, dengan perangkat Galaxy Z Flip 6, Galaxy Z Fold 6, dan Galaxy Ring siap diumumkan.

Informasi ini diungkap oleh narasumber SamMobile, dan menyebutkan peluncuran HP layar lipat baru Samsung ini berlokasi di Paris, Prancis.

Selain bocoran tanggal dan lokasi peluncuran ponsel lipat tersebut, beredar kabar baru tentang HP Samsung Galaxy Z Fold 6.

Mengutip laporan WinFuture, Sabtu (2/3/2024), Samsung dikabarkan bakal merilis dua model Galaxy Z Fold 6, yakni standar dan ultra--mengikuti lini Galaxy S series.

Berdasarkan rumor yang beredar saat ini, Galaxy Z Fold 6 model standar akan menggunakan kode nama "Q6" dan Galaxy Z Fold 6 Ultra akan pakai "Q6A".

Lalu apa perbedaan dari model standar dan ultra? Saat ini masih belum diketahui secara pasti, namun besar kemungkinan model ultra bakal mengusung kamera 200MP ISOCELL HP2.

Bila memang benar, maka Galaxy Z Fold 6 Ultra akan menggunakan kamera yang sama Samsung pasang di Galaxy S24 Ultra.

Selain itu, disebutkan Z Fold 6 Ultra akan menawarkan opsi dukungan stylus, RAM lebih besar, dan kapasitas memori internal lebih lega.

Tak hanya itu, beberapa meyakini HP Samsung model ultra ini akan memiliki layar cover dan panel di dalam lebih besar dari generasi saat ini.

Perlu diingat, ini masih sebatar prediksi dan rumor yang ramai beredar di internet. Kita akan mengetahui lebih detail dengan semakin mendekatnya ajang Galaxy Unpacked pada Juli 2024 nanti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bocoran Samsung Galaxy Z Flip6

<p>Bocoran Samsung Galaxy Z Flip6: Kapasitas Baterai Lebih Besar dan Pakai Kamera 50MP. (Doc: OnLeaks | Smartprix)</p>

Setelah bocoran Galaxy Z Fold6 meluncur di internet, kini giliran bentuk Galaxy Z Flip6 diungkap lewat gambar render.

Berdasarkan render, Galaxy Z Flip6 tidak mengalami perubahan besar-besaran seperti saat Samsung umumkan hadirkan layar cover lebih besar dan engsel lebih baik di Z Flip5.

Kini di HP Android layar lipat generasi baru tersebut, Samsung lebih "memoles" desain ponsel teranyarnya tersebut ketimbang perubahan besar.

Hal pertama yang berbeda adalah ketebalan ponsel. Mengutip GSM Arena, Jumat (1/3/2024), Galaxy Z Flip6 memiliki ukuran 165.0 x 71.7 x 7.4mm saat dilipat.

Dibandingkan dengan Flip5 yang hanya berukuran 165.1 x 71.9 x 6.9mm, diduga ponsel ini lebih tebal karena peningkatan di kapasitas baterai.

Dari laporan sebelumnya, Samsung menyematkan baterai berkapasitas 4,000mAh (lebih besar dari 3,700mAh di generasi sebelumnya).

 

3 dari 4 halaman

Desain Galaxy Z Flip 6

<p>Galaxy Z Fold 6, Galaxy Z Flip 6, dan Galaxy Ring Bakal Debut di Paris pada Juli 2024. (Doc: OnLeaks | Smartprix)</p>

Lainnya berpendapat, ketebalan Galaxy Z Flip6 ini terkait dengan cara perusahaan mengurasi lekukan di layar ponsel dan memberikan ruang lebih untuk engsel flex baru bernama Ironflex.

Lalu bagaimana dengan layar dalam ponsel ini? Hingga saat ini, bocoran informasi menyebutkan Samsung masih menggunakan ukuran layar 6,7 inci yang sama.

Sedangkan untuk layar cover-nya, perusahaan asal Korea itu masih menggunakan layar 3,4 inci dipadukan dengan dua kamera.

Kamera utama ponsel ini diprediksi akan menggunakan sensor 50MP--peningkatan dari 12MP di generasi sebelumnya.

Sayang, belum diketahui apakah Samsung akan merubah modul kedua kameranya tersebut ke ultrawide atau langsung pakai telefoto.

Soal pilihan warna, ada kemungkinan Galaxy Z Flip6 menyediakan beberapa opsi, di mana Lavender dan Mint akan masuk ke dalam daftar pilihan.

4 dari 4 halaman

Galaxy Z Fold 6, Galaxy Z Flip 6, dan Galaxy Ring Debut di Paris

<p>Bocoran Desain Samsung Galaxy Z Fold 6 Terungkap, Minim Perubahan Bentuk. (Doc: OnLeaks | Smartprix)</p>

Samsung akan mengumumkan Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6 dengan desain disempurnakan. Duo ponsel layar lipat ini kemungkinan akan mengemas chipset Snapdragon 8 Gen 3.

Rumor lain mengatakan, perusahaan asal Korea tersebut juga sedang mempersiapkan model Galaxy Z Fold6 Ultra terpisah.

Disebutkan, model ini akan mengadopsi dan menggunakan teknologi kamera 200MP yang terpasang di Galaxy S24 Ultra.

Terakhir adalah Galaxy Ring, pertama kali ditampilkan di Mobile World Congress minggu ini, akan menggantikan seri Galaxy Watch bersama perangkat lipat baru di ajang Galaxy Unpacked ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini