Sukses

Bocoran Fitur Terbaru Android 15, Termasuk Peningkatan Performa di HP

Android 15 Developer Preview akan segera rilis. Hadirnya Android 15 Developer Preview memberikan gambaran mengenai pembaruan yang diharapkan hadir dalam versi Android 15.

Liputan6.com, Jakarta - Google bakal segera merilis Android 15 Developer Preview, yakni pratinjau Android 15 untuk para pengembang. 

Dengan perilisan Android 15 Developer Preview ini, memperlihatkan kalau Google telah mulai menguji versi Android berikutnya. Android 15 Developer Preview yang pertama ini ini hadir untuk perangkat Google Pixel. 

Hadirnya Android 15 Developer Preview memberikan gambaran mengenai pembaruan yang diharapkan hadir dalam versi Android yang akan rilis. Berikut informasi seputar fitur Android 15 yang akan dirilis:

Nama dan Jadwal Peluncuran Android 15

Kalau kamu memperhatikan, Google biasanya menamai versi Android dengan nama makanan manis. Pada Android 15, Google kembali menggunakan nama makanan manis sebagai codename. Codename dari Android 15 adalah Vanilla Ice Cream.

Meskipun perilisan Android 15 versi final stable masih beberapa bulan lagi, Google telah melakukan uji coba pada Android 15 melalui Developer Preview.

Jadwal perilisan Android 15 Developer Preview akan bergulir selama pertengahan Maret, diikuti dengan perilisan beta hingga bulan Mei.

Google belum mengumumkan kapan versi stabil Android 15 akan dirilis, tetapi peluncuran Android 15 akan dirilis bersamaan dengan Pixel 9 yang akan hadir pada Oktober 2024, dikutip dari Android Authority, Minggu (25/2/2024).

Bagi pengguna smartphone Google Pixel, mereka akan menjadi orang pertama yang akan mencicipi pembaruan dari Android 15.

Sedangkan bagi produsen smartphone lain akan membutuhkan waktu yang lebih lama, sekaligus merilis skin UX-nya sendiri yang berjalan di atas OS Android 15.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Android 15: Tampilan UI, Fitur, dan Peningkatan UX yang Baru

Android 15 terlihat identik dengan versi Android sebelumnya, tetapi ada beberapa perubahan penting yang akan diperkenalkan oleh Google.

Terdapat pula pembaruan fungsionalitas pada beberapa fitur penting, apa saja?

1. Partial Screen Sharing

Dengan Android 15, pengguna dapat berbagi atau merekam hanya satu jendela aplikasi, bukan seluruh layar perangkat.

Fitur ini pertama kali tersedia di Android 14 QPR 2 pada perangkat Pixel. Kini fitur tersebut akan tersedia di seluruh perangkat Android melalui pembaruan Android 15.

2. Notification Cooldown

Terdapat fitur baru yang dapat ditemukan di bagian Notifikasi. Fungsi ini disebut “Notification Cooldown.” Notification Cooldown dirancang agar pengguna tidak terganggu oleh notifikasi yang terlalu banyak.

3. Kontrol Baru di Aplikasi Kamera

Fitur baru ini mencakup peningkatan low light dengan  memberikan kontrol kepada pengembang untuk meningkatkan kecerahan di pratinjau kamera. Pembaruan ini juga memberikan kemampuan untuk mengatur cahaya flashlight secara presisi saat mengambil foto.

Bluetooth Popup Dialog

Android 15 menghadirkan fungsi yang memungkinkan pengguna mengeklik Pengaturan Cepat Bluetooth untuk membuka dialog popup yang memungkinkan pengguna melakukan lebih banyak fungsi.

Health Connect

Android 15 menyertakan pembaruan pada platform Health Connect by Android yang menambahkan dukungan untuk tipe data baru di bidang kebugaran, nutrisi, dan lainnya.

Virtual MIDI 2.0 Devices

Android 15 menambahkan dukungan untuk menghubungkan ke perangkat MIDI 2.0 melalui USB, yang berkomunikasi menggunakan Universal MIDI Packets (UMP).

3 dari 4 halaman

Penigkatan Performa di Android 15

Android 15 terus meningkatkan performa melalui Android Dynamic Performance Framework (ADPF). ADPF adalah serangkaian API yang memungkinkan game dan aplikasi yang memiliki kinerja intensif berinteraksi langsung dengan sistem daya dan termal perangkat Android.

Dengan API ini, pengguna dapat memonitoring sistem dengan lebih baik. Selain itu pengguna dapat menggunakan smartphone secara intens tanpa khawatir perangkat menjadi terlalu panas.

ADPF terdiri dari fitur-fitur utama berikut:

  • Pemantauan kondisi suhu
  • Perkiraan kinerja CPU
  • Mode kinerja tetap

Pada perangkat yang mendukungnya, Android 15 akan menambahkan kemampuan ADPF baru, yaitu:

  • Mode efisiensi daya untuk memerintah thread di CPU untuk masuk ke mode. Hal ini berguna untuk mengurangi beban kerja untuk waktu yang lama.
  • Perkiraan kinerja CPU dapat melaporkan durasi kerja CPU dan GPU, sehingga sistem dapat menyesuaikan frekuensi CPU dan GPU secara bersamaan.
  • Pemantauan kondisi suhu yang baru memungkinkan sistem memperkirakan kemungkinan melambatnya kinerja akibat suhu tinggi.
4 dari 4 halaman

Fitur Privasi dan Keamanan Android 15 yang Ditingkatkan

Selain peningkatan performa, Android 15 juga menjanjikan peningkatan dari sisi keamanan. Berikut adalah sejumlah fitur keamanan yang akan dibawa di Android 15:

Privacy Sandbox di Android

Privacy Sandbox di Android adalah inisiatif Google yang memperkenalkan lebih banyak solusi periklanan pribadi yang membatasi pembagian data pengguna dengan pihak ketiga.

Tujuan Sandbox adalah untuk mengembangkan solusi periklanan yang efektif dan meningkatkan perlindungan privasi pengguna.

File Integrity

Android 15 memperkenalkan API FileIntegrityManager baru yang menggunakan fitur yang disebut “fs-verity” di kernel Linux.

Dengan fs-verity, file dapat dilindungi oleh tanda tangan kriptografi khusus, memastikan bahwa file tidak dirusak atau korup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini