Sukses

Dompet Dhuafa Hadirkan Aplikasi untuk Berdonasi hingga Beribadah

Untuk memudahkan masyarakat berdonasi dan menyalurkan zakat, sedekah, dll hingga beribadah jelang Ramadan nanti, Dompet Dhuafa kenalkan aplikasi.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga filantrofi Dompet Dhuafa merilis aplikasi DD Apps di Android dan iOS. Tujuan kehadiran aplikasi ini adalah memudahkan pengguna untuk dalam menyalurkan donasi hingga beribadah.

Fiturnya beragam, mulai dari donasi zakat, infak, sedekah, kemanusiaan, mendukung ibadah, melakukan pendaftaran relawan sampai mengakses laporan publik Dompet Dhuafa.

Kehadiran aplikasi tersebut tak lepas dari kemajuan teknologi mobile. Saat ini kaum milenial yang mengakses layanan Dompet Dhuafa mencapai 44 persen, sementara gen Z sebesar 6 persen dengan potensi peningkatan hingga 15 persen.

Sekretaris Pengurus Dompet Dhuafa Etika Setiawanti mengatakan, hadirnya DD Apps ini melengkapi perjalanan inovasi teknologi di Dompet Dhuafa.

Ia menyebut, aplikasi Dompet Dhuafa ini bukan hanya platform penghimpunan tetapi pemenuh kebutuhan ibadah masyarakat.

"Dompet Dhuafa tidak hanya menghimpun dana tetapi juga mengelolanya menjadi program-program pemberdayaan, transparansi dan pelaporan penggunaan dana juga disajikan di aplikasi ini," kata Etika, dikutip dari keterangan, Rabu (21/2/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fiturr-Fitur di Aplikasi Dompet Dhuafa

Disebutkan oleh Senior Officer Penghimpun Digital Adi Kurniawan, ada dua fitur utama di aplikasi tersebut, yakni Donasi dan Ibadah.

"Donasi tak hanya mencakup infak tetapi juga sedekah, zakat, wakaf, dana khusus kemanusiaan, hingga mencicil hewan kurban," kata Adi.

Sementara, fitur Ibadahnya meliputi jadwal salat, Alquran digital lengkap dengan audio, kalkulator zakat, jemput zakat, hingga fasilitas berkonsultasi langsung dengan ustaz.

3 dari 3 halaman

Ada Transparansi Laporan Penyaluran Donasi

Fitur lain yang juga ada di aplikasi ini adalah Laporan Publik Dompet Dhuafa. Laporan ini menyajikan transparansi penggunaan donasi yang diberikan donatur.

Ada pula fitur pendaftaran Care Visit untuk donatur yang ingin terjun langsung ke program pemberdayaan. Lalu ada juga fitur pendaftaran relawan hingga Berita Terbaru seputar kegiatan lembaga ini.

Direktur PT Ozip Teknologi Nusantara Martin Adiyono menyebut, kehadiran aplikasi DD Apps ini adalah sebuah proses transformasi digital. Yang sebelumnya donasi dihimpun manual atau aplikasi pihak ketiga, kini bisa langsung melalui aplikasi di smartphone.

DD Apps juga tawarkan keamanan aplikasinya, karena sebelum login, pengguna perlu mengisi kode OTP.

Untuk donasi, DD Apps menggunakan metode transfer mobile banking atau ATM, akun virtual, sampai melalui e-wallet seperti Dana, Ovo, Gopay, dan lainnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.