Sukses

iPhone Basah Kena Air, Apple Tak Sarankan Timbun di Beras

Apple ternyata tidak menyarankan iPhone yang basah terkena air untuk ditimbun di beras. Hal ini malah akan membuat partikel kecil dari beras masuk ke iPhone.

Liputan6.com, Jakarta - Pernah mengalami smartphone kamu secara tidak sengaja tercemplung ke kolam renang atau bak mandi? Kalau itu terjadi, kamu pasti auto panik.

Hal lain yang langsung dilakukan adalah mencari berbagai cara langkah 'pertolongan pertama' untuk membuat smartphone kembali kering dan bisa dipakai. Salah satu cara yang populer dan kerap direkomendasikan adalah: ditimbun di beras!

Namun Apple tak sepakat dengan solusi tersebut. Secara terang-terangan Apple bahkan menyarankan pengguna untuk tidak meletakkan ponsel basah mereka di beras.

"Dilarang meletakkan iPhone dalam sebuah tas berisi beras. Melakukannya dapat memungkinkan partikel-partikel kecil beras merusak iPhone Anda," kata Apple dalam dokumen dukungannya, sebagaimana dikutip dari The Verge, Selasa (20/2/2024).

Dokumen dukungan ini pertama dilihat oleh Macworld. Dokumen tersebut berisi tentang langkah yang harus dilakukan ketika pengguna menerima peringatan deteksi cairan pada iPhone mereka.

Apple juga menyarankan pengguna menghindari sumber panas eksternal, misalnya pengering rambut atau udara bertekanan untuk menghilangkan cairan di iPhone. Selain itu, jangan memasukkan kapas atau handuk kertas ke dalam port isi daya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Saran Apple Kalau iPhone Kamu Kena Air

Sebagai gantinya, Apple menyarankan pengguna mengetukkan iPhone ke tangan dengan konektor menghadap ke bawah. Ini mirip dengan mengeluarkan air dari telinga setelah berenang.

Lalu, tinggalkan iPhone di area dengan aliran udara yang baik untuk mengeringkannya. Tunggulah 30 menit sebelum mengisi daya.

Jika peringatan deteksi air masih muncul di iPhone kamu, tinggalkan ponsel dan tunggu saja. Proses ponsel mengeringkan diri dari cipratan air bisa berlangsung hingga 24 jam lamanya, sampai benar-benar kering.

Pastikan untuk mencabut kabel pengisi daya dan hubungkan kembali jika iPhone sudah kering.

Sekadar informasi, memang selama bertahun-tahun, beras dianggap sebagai benda yang bisa mengeringkan perangkat elektronik yang sedang kena air. Beras diyakini mampu menarik cairan yang masuk keluar dari ponsel.

3 dari 4 halaman

Trojan GoldDigger Sasar Akun Perbankan Pengguna iPhone

Sementara itu, Apple terus memperbarui sistem operasinya dengan tambalan keamanan atau security patch. Pasalnya selama ini hacker dan penjahat siber kerap mencoba mengeksploitasi dan menyerang pengguna lewat berbagai cara.

Kali ini, perusahaan keamanan siber Group-IB melaporkan adanya trojan GoldDigger yang menarget pengguna iOS, demi mendapatkan akun perbankan mereka.

Menurut laporan Group-IB, dikutip dari 9to5Mac, Sabtu (17/2/2024), trojan GoldDigger pertama kali dibuat untuk Android, namun kini telah sukses menyerang pengguna iPad dan iPhone.

Perusahaan juga menyebut, trojan ini begitu berbahaya bagi iOS karena bisa mengumpulkan data pengenal wajah, dokumen identitas, hingga SMS.

Dengan seluruh data yang didapatkan dari pengguna, hacker bisa menggunakan tool berbasis AI untuk menciptakan deepfake dan mendapatkan akses ke akun perbankan korban.

Saat si korban sadar akses ke perbankan mereka telah dicuri, mungkin sudah terlambat untuk membentengi diri.

4 dari 4 halaman

Distribusi Trojan GoldDigger

Trojan ini pertama kali didistribusikan melalui TestFlight Apple yang memungkinkan pengembang merilis versi beta aplikasi mereka tanpa proses review dari App Store.

Selanjutnya, setelah Apple menghapusnya dari TestFlight, hacker mengadopsi pendekatan lebih canggih berbasis profil Mobile Device Management (MDM) yang terutama dipakai untuk mengelola perangkat enterprise.

Profil-profil tersebut memungkinkan perusahaan mengkustom dan kontrol berbagai aspek sistem sesuai kebutuhan mereka. Yang dilakukan hacker adalah meyakinkan pengguna menginstal profil jahat untuk mengunduh aplikasi di luar App Store.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.