Sukses

Wajib Tahu, 9 Tips Pastikan Keamanan Obrolan di WhatsApp

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui langkah-langkah penting untuk menjaga keamanan obrolan yang dilakukan di WhatsApp.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak pengguna WhatsApp berbagi informasi dan pesan pribadi mereka melalui aplikasi chatting ini. Meski sudah dibekali enkripsi end-to-end, aplikasi chatting ini sebenarnya memiliki beberapa hal lain yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk memastikan keamanan percakapan mereka.

Untuk itu, dalam rangka memperingati Safer Internet Day pada 6 Februari, WhatsApp pun berbagi sejumlah langkah tambahan untuk bisa meningkatkan keamanan percakapan. Seperti apa langkah-langkah tersebut? Simak informasinya berikut ini.

Pakai Verifikasi Dua Langkah

Aktifkan Verifikasi Dua langkah untuk semakin melindungi akun WhatsApp. Setelah diaktifkan, pengguna akan diminta memasukkan PIN 6 digit saat melakukan reset atau verifikasi akun.

Langkah ini akan memberikan perlindungan ekstra pada potensi serangan phishing atau upaya pemalsuan akun dari pihak tidak bertanggung jawab.

Selalu Pakai Aplikasi WhatsApp

Selalu pastikan pengguna memakai aplikasi WhatsApp resmi dan versi terbaru untuk memastikan keamanan maupun privasi pesan. Cek logo dan pastikan nama aplikasi hanya tertulis WhatsApp, tanpa embel-embel

Lindungi Informasi Sensitif dengan Opsi Pesan Sementara

Untuk meningkatkan privasi dalam proses pengiriman pesan, pengguna bisa memilih opsi View Once saat mengirim foto dan media. Sesuai namanya, fitur ini membuat penerima hanya bisa melihat pesan sekali saja, tanpa opsi save, forward, atau mengambil screenshot.

Lindungi Percakapan Pribadi dengan Kunci Chat

Dengan fitur ini, pengguna dapat menambahkan lapisan keamanan tambahan di percakapan privat mereka. Pengguna WhatsApp juga dapat menyimpan obrolan tertentu ke dalam folder khusus yang hanya bisa diakses melalui password.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Langkah Penting untuk Amankan Chat di WhatsApp

Jadi Admin Terbaik untuk Grup/Komunitas

Sebagai admin, pengguna dapat menjaga percakapan sekaligus interaksi yang dilakukan dalam grup atau komunitas lebih aman. Karenanya, pengguna bisa menentukan siapa saja yang bisa bergabung, membatasi izin anggota, bahkan menghapus pesan.

Lindungi Diri dari Penipuan

Apabila pengguna menerima pesan mencurigakan yang meminta informasi, penting untuk memastikan apakah pengguna mengenal kontak tersebut, termasuk apakah berada di grup yang sama, atau bahkan berasal dari negera tempat tinggal yang sama.

Untuk membantu pengguna, WhatsApp memberikan opsi bagi pengguna untuk memblokir kontak yang tidak dikenal.

Bisukan Penelpon Tidak Dikenal

Panggilan dari nomor tidak dikenal dapat mengguna. Karenanya, WhatsAPp memungkinkan pengguna membisukan penelpon yang tidak dikenal. 

3 dari 3 halaman

Tips Lain Amankan WhatsApp

Hanya Tauatkan Perangkat dari Sumber Terpercaya

WhatsApp memberikan kemudahan untuk menautkan hingga empat perangkat ke ponsel utama. Namun ketikan menghubungkan perangkat ke desktop memakai kode QR, pastikan masukkan URL web.whatsapp.com atau mengunduhnya dari situs atau aplikasi resmi WhatsApp.

Lakukan Pemeriksaan Privasi

Apabila pengguna masih bingung mengetahui pengaturan privasi yang ingin digunakan, mereka bisa melakukan pemeriksaan privasi di aplikasi. Jadi, pengguna bisa mengetahui lebih lanjut soal fitur untuk menjaga percakapan di aplikasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.