Sukses

Meta Perketat DM Buat Akun Pengguna Remaja di Instagram dan Facebook

Meta memperketat fitur DM buat pengguna Instagram dan Facebook yang masih remaja.

Liputan6.com, Jakarta - Meta mengumumkan pembatasan yang lebih ketat untuk fitur direct message (DM) atau pesan langsung di Instagram dan Facebook, terhadap pengguna remaja.

Dalam pembaruannya, Meta bakal mematikan kemampuan DM di dari siapa pun, yang tidak mereka ikuti atau terhubung di Instagram, termasuk pengguna remaja lain secara bawaan.

Berdasarkan pengaturan default baru ini, remaja hanya dapat dikirimi pesan atau ditambahkan ke obrolan grup, oleh orang yang sudah mereka ikuti atau terhubung dengannya.

Pengguna Instagram remaja yang memiliki akun di bawah pengawasan orangtua, perlu mendapatkan izin orangtua untuk mengubah pengaturan tersebut.

Mengutip blog resminya, Senin (29/1/2024), setelan ini akan berlaku untuk semua pengguna remaja di bawah usia 16 tahun, atau di bawah 18 tahun di beberapa negara.

Mereka yang sudah memakai Instagram, bakal melihat pemberitahuan di bagian atas Feed, yang memberitahunya Meta melakukan perubahan ini pada setelan pesan mereka.

Tak cuma di Instagram, Meta juga memberlakukan pengaturan ini di Facebook Messenger. Jadi, anak-anak di bawah 16 tahun atau 18 tahun di beberapa negara, hanya akan menerima pesan dari teman-teman Facebook, atau orang-orang yang terhubung dengan mereka melalui kontak telepon.

Meta juga mengungkapkan, mereka bakal meluncurkan fitur baru, untuk melindungi remaja dari gambar-gambar dan mungkin pesan tidak pantas, dari orang yang sudah terhubung dengannya.

Selain itu, fitur baru Meta ini juga akan dapat mencegah pengguna remaja, mengirimkan sendiri gambar-gambar tak pantas ke orang lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Instagram Kehadiran Fitur Flipside

Sebelumnya, pengguna Instagram di Indonesia, ramai dengan kemunculan fitur Flipside. Ini adalah salah satu fitur baru yang diperkenalkan oleh Meta ke dalam platform media sosial tersebut.

Fitur Flipside Instagram sendiri sebelumnya sempat dibocorkan oleh Alessandroi Paluzzi, di mana dirinya menyebut fitur baru tersebut awalnya bernama "Your Space".

Adapun fitur Flipside Instagram adalah pada dasarnya mirip dengan "fintas" atau anak-anak muda saat sebut sebagai second account.

Finstas atau second account biasanya digunakan untuk memposting foto-foto atau video-video random, dan finstas biasanya hanya boleh dilihat oleh orang-orang terdekat. Dengan adanya fitur “flipside”, mungkin orang-orang tidak perlu lagi membuat akun Instagram lain.

Cukup dengan klik ikon "kunci" di laman profile akun Instagram, pengguna platform milik Meta ini dapat memilih siapa saja teman yang ingin dimasukkan ke dalam akun Flipside.

Nantinya, konten yang diunggah dengan fitur flipside akan ditampilkan di sisi terpisah dari profil pengguna, alih-alih digabungkan dalam feed utama. Berikut adalah cara aktifkan Flipside Instagram.

3 dari 3 halaman

Cara Aktifkan Flipside Instagram

Berikut cara menggunakan Instagram Flipside:

  1. Tekan ikon "Kunci" di laman profil Instagram.
  2. Tap "Add Friends" bilamana Anda ingin menambahkan akun Instagram siapa saja yang bisa melihat unggahan di Flipside.
  3. Masukkan username dan jangan lupa untuk melengkapi bio.
  4. Klik "Create" untuk mulai mengunggah foto atau video di Flipside.

Informasi, fitur Flipside Instagram ini masih belum rata tersebar ke seluruh pengguna Instagram di dunia sekarang. Karena itu, jangan khawatir bila Anda masih belum menemukan ikon "Kunci" atau fitur Flipside ini di akun Instagram.

Besar kemungkinan fitur baru Instagram ini sedang diluncurkan secara bertahap, dan baru merata ke seluruh pengguna beberapa minggu mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.