Sukses

Apa Arti Savage dan Cara Pakai Kata Gaul Ini di Media Sosial?

Apa arti savage dalam bahasa gaul yang ramai bermunculan di media sosial, seperti X hingga Facebook? Bagaimana cara menggunakan kata ini dengan benar dan sopan?

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini ranah media sosial (medsos) sedang ramai oleh berbagai unggahan atau komentar warganet dengan memakai kata "Savage".

Namun, apakah Anda tahu apa arti savage? Apakah savage artinya kejam atau keren? Bagaimana cara menggunakan kata gaul ini dengan benar?

Savage Artinya Kejam?

Secara harfiah, kata "savage" memiliki arti kejam. Dilansir dari Your Dictionary, "savage" juga bisa dikatakan sebagai perlakuan sangat brutal, barbar, liar, dan mengacu pada sikap hewan buas ada di hutan.

Savage Artinya Keren?

Namun, dalam bahasa gaul, savage bisa memiliki arti berbeda. Di ranah medsos, seperti X Twitter, Instagram, dan Facebook, savage artinya keren, luar biasa, atau menakjubkan.

Kata ini digunakan sebagai bentuk pujian atas sesuatu berani, beda, tidak peduli dengan pendapat orang lain, atau konsekuensi di X Twitter, Instagram, dan Facebook .

Savage juga bisa berarti sindiran atas sesuatu menyakitkan, mengejutkan, atau menohok.

Tak hanya di media sosial, kata "Savage" ini juga digunakan di dalam game. Salah satunya adalah di dalam game MOBA (multiplayer online battle arena), yakni Mobile Legends: Bang Bang.

Di dalam game ini, player akan mendapatkan title "Savage" bila sukses menumbangkan lima hero lawan dalam waktu satu waktu sekaligus alias wiped out.

Selain "Savage", game Mobile Legends juga menggunakan istilah kata lain, seperti Triple kill, Unstoppable, Maniac, dan Wipe Out.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Menggunakan Kata Savage

Ilustrasi Cara Kerja Buzzer di Media Sosial Credit: pexels.com/pixabay

Kata savage sendiri bisa digunakan sebagai kata sifat, kata benda, atau kata kerja. Berikut adalah beberapa cara menggunakan kata savage dalam bahasa gaul:

Sebagai kata sifat, savage bisa diletakkan sebelum kata benda ingin dipuji atau disindir.

Sebagai kata sifat, savage bisa diletakkan sebelum kata benda yang ingin dipuji atau disindir.

Contoh: Kamu adalah seorang penyanyi savage.

Sebagai kata benda, savage bisa digunakan untuk menyebut orang atau hal keren atau sindiran.

Contoh: Dia adalah seorang savage.

Sebagai kata kerja, savage bisa digunakan untuk menunjukkan tindakan keren atau sindiran.

Contoh: Dia savaged dia dengan balasan cerdas.

3 dari 5 halaman

Instagram Bakal Ingatkan Pengguna Remaja yang Masih Begadang Main IG

Ilustrasi logo Instagram di smartphone (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Di sisi lain, Instagram baru saja mengungkap fitur baru yang ditujukan untuk para pengguna remaja, terutama mereka yang masih online di malam hari. Kini, Instagram akan mengingatkan pengguna beristirahat ketika masih mengakses aplikasi tersebut di malam hari. 

Mengutip informasi dari Engadget, Senin (22/1/2024), fitur baru bernama Nighttime Nudges ini akan secara otomatis muncul di akun Instagram milik pengguna remaja, dan tidak mungkin untuk dimatikan.

Namun, belum diketahui apakah fitur ini berlaku untuk semua remaja atau hanya pengguna berusia di bawah 18 tahun.

Menurut Instagram, fitur ini ditujukan bagi pengguna remaja yang belum menggunakan fitur pembatasan akses aplikasi seperti Take a Break. Jadi, fitur ini akan mengingatkan pengguna apabila mereka masih terlalu lama mengakses aplikasi tersebut.

"Kami ingin para remaja ketika menyetop memakai Instagram memiliki perasaan kalau waktu yang mereka habiskan di aplikasi ini bermakna dan memiliki tujuan, serta kami tahu tidur sangat penting bagi kaum muda," tulis Instagram soal fitur ini.

4 dari 5 halaman

Fitur Nighttime Nudges

Ilustrasi instagram. (Foto oleh energepic.com: https://www.pexels.com/id-id/foto/tangan-iphone-smartphone-internet-174938/)

Nantinya, fitur Nighttime Nudges ini akan muncul ketika pengguna remaja menghabiskan waktu lebih dari 10 menit di aplikasi Instagram, seperti di Reels atau DM saat tengah malam.

Aplikasi akan memberikan notifikasi untuk meningatkan pengguna kalau saat itu sudah larut malam, sehingga waktunya menutup aplikasi dan tidur.

Adapun notifikasi yang diberikan akan berbunyi 'Time for a break?' yang diikuti pesan 'Ini sudah larut malam. Pertimbangkan untuk menutup Instagram di malam ini. Instagram menyebut notifikasi ini akan muncul setelah pukul 10.00 malam.

Untuk diketahui, fitur ini menambah deretan fitur lain yang sudah diluncurkan Instagram untuk membantu pengguna remaja dan orang tua mengatur waktu yang dihabiskan di aplikasi mereka. Sebelumnya, ada fitur Take a Break dan Parental Supervision.

5 dari 5 halaman

Instagram Kembangkan Fitur Profile Sharing di Stories

Sebelumnya, Meta, perusahaan induk jejaring sosial Facebook dan Instagram terus mengembangkan fitur baru di kedua aplikasi ini. Dengan begitu, ada lebih banyak pengguna yang betah berlama-lama di aplikasi tersebut. 

Terbaru, Instagram yang merupakan salah satu aplikasi jejaring sosial terbesar di dunia berencana menghadirkan fitur-fitur baru.

Aplikasi yang kini dipakai lebih dari 2,5 miliar pengguna ini kabarnya akan hadirkan fitur berbagi profil Instagram. Fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk membagikan profil pengguna lain di Stories mereka. 

Mengutip Gizchina, Rabu (29/12/2023), informasi ini dibagikan pengembang aplikasi terkenal sekaligus penyebar informasi bocoran, Alessandro Paluzzi. 

Menurutnya, Instagram tengah mengembangkan fitur baru Instagram  berbagi profil tersebut. Kenapa fitur ini ada? Hal ini tidak terlepas dari media sosial biasanya ada kebutuhan untuk mempromosikan profil orang lain dari waktu ke waktu. 

Fitur ini akan membantu pengguna mempromosikan profil pengguna lain di Stories mereka. 

Paluzzi juga mengungkapkan, fitur ini akan bekerja seperti fitur "Tambahkan ke Cerita" yang sudah ada. Meski begitu, fokus fitur ini berbeda ketimbang lainnya yang sudah ada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini