Sukses

Haechan NCT Trending Topic di Medsos, Tuai Pujian dan Bikin Haru Meski Sakit Tetap Ikut ke Jakarta

Haechan NCT tengah menjadi trending topic di X alias Twitter. Hal ini tak lain karena belum lama ini agensi menyatakan ia akan hiatus karena penyakit radang amandel. Namun hari ini ia justru terlihat ada di bandara, kabarnya ia akan terbang ke Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Personel NCT Lee Dong Hyuck, alias Haechan kini menjadi sorotan di media sosial. Nama "Haechan" menjadi trending topic di platform X alias Twitter, Kamis (11/1/2024).

Hal ini terjadi karena pria 23 tahun ini sempat dikabarkan hiatus dari Kpop grup yang membesarkan namanya, NCT, lantaran sakit radang amandel yang menderanya.

Meski begitu, pada akhirnya di media sosial justru beredar foto dan video yang memperlihatkan kalau Haechan NCT sedang berada di bandara Incheon Korea Selatan untuk terbang ke Jakarta.

Sekadar informasi, di NCT akan menggelar Konser 'Neo City: The Unity Jakarta' pada 13 dan 14 Januari mendatang. 

Hal ini pun mengagetkan buat fans dan netizen hingga menjadi trending topic. Selain itu, fans juga mendoakan agar sang idola tetap sehat, apalagi mengingat Haechan NCT disebut tengah menderita radang amandel.

"Haechan ikut ke Indo, tapi kalau ikut konser masih gak tahu," kata seorang pengguna X alias Twitter, lengkap dengan dua emoji menangis, menangisi Haechan.

"Haechan otw Jakarta, nangis banget ya ampun. Sayang Haechan banyak," kata fans ini dengan banyak emoji tangis.

"Ok, kenapa Haechan kembali dengan jadwalnya lagi? Bukannya agensi sudah bilang Haechan perlu istirahat untuk mengembalikan kesehatannya? 2 hari itu tak cukup (untuk istirahat)," kata warganet pemilik akun @hae****.

Ada pula warganet yang mempertanyakan kenapa Haechan yang semula harus istirahat karena penyakitnya justru ikut terbang ke Jakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pertanyakan Kenapa Haechan Tetap Terbang Meski Lagi Sakit

"Ini sebenarnya kenapa sih? Kok dia dateng? Sebenarnya gpp bang klo udah baikan, tp klo msh kurang sehat gk usah dipaksain, semoga emang udah sehat ya Thanks Lee Haechan," kata seorang warganet @nan***.

"Haechan baru aja mendingan eh masalah dtg lagi, gw ga mau pusink mikirin," kicau seorang fans.

Ada juga fans yang ikut menangisi Haechan karena tiba-tiba saja dikabarkan akan ikut terbang ke Indonesia.

"Orang lain nangisin capres kalo gue nangisin haechan," tulis akun fans NCT.

Meski begitu, ada juga yang sangat girang kalau Haechan bisa ikut ke Jakarta. Itu artinya kesehatan pria kelahiran 6 Juni 2020 itu telah membaik.

"Kali ini aku beneran seseneng itu ngeliat Haechan udh membaik walaupun kamu harus tetap jaga tubuh dan mimi obat ya Chan, pliss aku beneran terharu kamu mau belain ke Jakarta," kata fans ini.

3 dari 4 halaman

Sakit Radang Amandel

Sebelumnya, member NCT, Haechan, diharuskan beristirahat dan absen sementara waktu dari sejumlah event lantaran masalah kesehatan. Pengumuman ini disampaikan pihak agensi, SM Entertainment melalui WeVerse pada Selasa 9 Januari 2024.

Haechan NCT mau tak mau harus hiatus dari kegiatan grupnya bersama NCT 127 usai didiagnosis radang amandel.

SM Entertainment mengatakan bahwa saat berada di Jepang, Haechan NCT terpaksa balik ke Korea Selatan pada Senin 8 Januari 2024 dan langsung mengunjungi rumah sakit karena gejala flu yang disertai demam tinggi.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, Haechan NCT 127 menderita tonsilitis atau radang amandel yang parah, dan dokter menyarankan agar dia banyak beristirahat.

"Oleh sebab itu, Haechan akan beristirahat sejenak agar bisa pulih dengan cepat," kata SM Entertainment dikutip dari Soompi pada Kamis 11 Januari 2024.

Walhasil, Haechan tidak dapat berpartisipasi dalam Circle Chart Music Awards yang digelar pada Rabu 10 Januari 2025.

4 dari 4 halaman

Tentang Penyakit Radang Amandel Haechan

Menurut jurnal dari Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (UNILA), tonsilitis atau umum dikenal sebagai radang amandel adalah peradangan pada tonsil tepatnya di bagian cincin waldayer.

Tonsilitis umumnya adalah infeksi yang dapat disebabkan virus ataupun bakteri. Virus yang menyerang sama dengan virus yang mengakibatkan flu biasa termasuk rhinovirus, adenovirus, dan coronavirus.

Pada infeksi yang disebabkan oleh bakteri, jenis bakteri yang paling umum adalah Streptococcus B-Hemolitic group A tapi Staphylococcus aureus, Streptococcus pneumoniae, dan Haemophilus influenza juga perlu dikultur.

Penegakan diagnosis dari tonsilitis dapat dilakukan melalui anamnesis dan pemeriksaan fisik. Anamnesis dilakukan untuk menggaliriwayat dari keluhan-keluhan pasien, berupa keluhan lokal dan keluhan sistemik.

Keluhan lokal yang dapat dirasakan antara lain nyeri saat menelan, rasa sakit dan mengganjal pada tenggorokan, halitosis (bau mulut), demam, mendengkur, gangguan saat bernapas, hidung tersumbat, dan batuk pilek berulang. Selain itu, dapat disertai dengan keluhan sistemik, seperti rasa lemah, nafsu makan berkurang, nyeri kepala, dan nyeri pada persendian.

Pada pemeriksaan fisik dalam menegakkan diagnosis tonsilitis ini, maka sering didapatkan hasil yaitu pembesaran tonsil, pelebaran permukaan pada kripta tonsil, ditemukan detritus pada penekanan kripta, hiperemis/kemerahan pada arkus anterior atau posterior hiperemis, dan dapat ditemukan pembesaran kelenjar submandibula.

Diagnosis tonsilitis dapat ditegakan apabila terdapat satu atau lebih keluhan dari anamnesis yang sering berulang ditambah dengan pembesaran ukuran tonsil dan/atau pemeriksaan fisik lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.