Sukses

Apple Tarik Kembali Update iOS 17.3 Beta 2, Apa Alasannya?

Apple dilaporkan telah menarik kembali update iOS 17.3 Beta 2 usai sejumlah pengguna iPhone melaporkan masalah usai memasang pembaruan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Apple dilaporkan telah menarik kembali update iOS 17.3 Beta 2, sehingga update tersebut kini sudah tidak bisa diunduh lagi. Padahal, Apple baru merilis update ini beberapa jam saja.

Mengutip informasi dari MacRumors, Sabtu (6/1/2024), keputusan menarik update iOS 17.3 versi beta 2 ini diambil setelah adanya laporan beberapa pengguna yang mengaku kalau update ini mengakibatkan masalah pada iPhone mereka.

Berdasarkan laporan pengguna di sejumlah forum dan media sosial, update iOS 17.3 versi beta ini membuat iPhone mereka mengalami boot loop. Jadi, jalan satu-satunya bagi pengguna untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah mengembalikan iPhone ke versi iOS sebelumnya.

Apple sendiri belum mengungkap alasan di balik masalah yang terjadi pada iOS 17.3 beta 2 ini. Namun, developer Guilherme Rambo menduga masalah ini terkait dengan pengaturan Back Tap.

Dengan adanya hal ini, pengguna yang ingin menjajal iOS 17.3 perlu menunggu lebih lama hingga Apple kembali merilisnya. Untuk diketahui, iOS 17.3 disebut akan dengan beberapa fitur.

Salah satu fitur yang menarik adalah Stolen Device Protection. Sesuai namanya, fitur ini akan membantu pengguna mengamankan iPhone miliknya apabila perangkat tersebut dicuri atau hilang.

Menurut Apple, fitur ini didesain sebagai lapisan keamanan tambahan, apabila seseorang mencuri iPhone pengguna dan memiliki passcode perangkat tersebut.

Alasannya, ketika fitur ini aktif, Face ID atau Touch ID dibutuhkan ketika seseorang mengakses beberapa informasi yang bersifat privat.

Beberapa informasi tersebut di antaranya password atau passkey yang ada di iCloud Keychain, mematikan fitur Lost Mode, menghapus semua konten dan pengaturan di iPhone, termasuk menggunakan metode pembayaran yang ada disimpan di Safari.

Selain itu, fitur lain yang juga dihadirkan dalam update ini adalah membuat playlist kolaborasi dengan orang lain di Apple Music.

Dengan fitur ini, pengguna bisa mengajak orang lain untuk menambahkan, mengatur ulang, termasuk menghapus lagu dalam playlist bersama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengguna iPhone, Sudah Coba 5 Fitur Rahasia di iOS 17 Ini?

Untuk diketahui, iOS 17 telah digulirkan sejak beberapa bulan lalu dan hadir dengan sejumlah fitur baru. Selain perubahan besar, ada sejumlah fitur dan pengaturan yang 'tersembunyi' yang mungkin tidak kamu ketahui keberadaannya di iPhone kamu.

Sekadar informasi, Macrumors mengungkap keberadaan fitur-fitur tersembunyi di iPhone yang sudah update ke iOS 17.

Oleh karena itu, pengguna iPhone yang ingin mencoba fitur-fitur terbaru ini, bisa lebih dahulu update iOS 17.

Lalu, fitur tersembunyi apa saja yang ada di iPhone yang sudah update ke iOS 17? Berikut lima fitur rahasia iOS 17, sebagaimana dikutip dari Gizchina, Rabu (27/12/2023).

1. Kirim foto dengan cepat di Messages

Kerapkali kalau mau kirim foto di aplikasi chatting, yang lama adalah memilih foto-fotonya. Namun, iOS 17 memungkinkan pengguna lebih cepat mengakses foto saat akan mengirimkannya ke kontak melalui aplikasi iMessages.

Caranya, alih-alih menggunakan metode tradisional, pengguna bisa buka aplikasi iMessage lalu, pilih kontak yang mau dikirimi gambar.

Tekan dan tahan tombol (+) di aplikasi Messages untuk segera mengakses foto-foto. Cara ini mempercepat proses pengiriman foto kan?

3 dari 4 halaman

2. Hyperlink di Mail

Pada aplikasi Mail, pengguna bisa dengan mudah menambahkan hyperlink ke teks spesifik. Caranya, kamu hanya tinggal copy sebuah link, lalu pilih di teks yang diinginkan.

Kemudian paste link untuk membuat teks datar itu jadi link yang bisa diklik. 

3. Tambahkan teks di Photos

Kamu bisa meningkatkan pengalaman pengeditan foto di aplikasi Photos dengan menambahkan teks ke shapes.

Jika kamu menggunakan Markup untuk memasukkan shape di dalam sebuah gambar, ketuk dua kali pada shape untuk menambahkan teks.

4 dari 4 halaman

4. Notifikasi di Focus Mode

Ketika kamu mengatur sebuah Focus Mode, pengguna yang sudah update ke iOS 17 bisa memiliki fleksibilitas untuk memilih apakah notifikasi selalu dibisukan (silenced) atau hanya ketika iPhone dalam kondisi terkunci.

5. Ping Apple Watch

Jika kamu pengguna iPhone yang juga pakai Apple Watch, dan kamu lupa menaruh Apple Watch di mana, fitur Control Center kini memiliki opsi nyaman untuk ping Apple Watch memakai iPhone kamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.