Sukses

4 Petugas KAI Tewas dalam Tabrakan KA Turangga dan Bandung Raya di Cicalengka, Warganet Berduka

Empat petugas PT KAI tewas dalam tabrakan KA Turangga dan Bandung Raya di Cicalengka. Warganet berduka dan mendoakan korban di media sosial X.

Liputan6.com, Jakarta - Kecelakaan maut antara KA Turangga dan Kereta Api Bandung Raya pada Jumat (5/1/2024), pagi ini di Cicalengka, Kabupaten Bandung, menorehkan duka mendalam bagi keluarga korban.

Mengutip kanal Bisnis Liputan6.com, seluruh penumpang KA Turangga dan KA Lokal Commuter Line Bandung Raya selamat tetapi 4 petugas PT KAI meninggal dunia.

EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji mengatakan, korban meninggal tabrakan diantaranya 1 masinis, 1 asisten masinis, 1 pramugara, dan 1 security dari KA Turangga.

"KAI sangat berduka dan menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya empat petugas KA," kata Agus dalam keterangannya.

Agus mewakili KAI mengungkap sangat berduka atas meninggalnya petugas. "Kami sangat berduka atas meninggalnya sejumlah petugas KA akibat kecelakaan tersebut. Kami sangat mengapresiasi jasa mereka yang telah berkontribusi terhadap perusahaan."

Dari sisi penumpang kedua KA tersebut, Agus menyebut tidak ada korban meninggal dunia. Artinya, seluruh penumpang KA Turangga dan Bandung Raya masih selamat dengan beberapa diantaranya mengalami luka-luka.

Kabar ada korban tewas dari tabrakan KA Turangga dan Bandung Raya juga menuai reaksi warganet, di mana mereka ikut berduka untuk para keluarga korban.

Hingga berita ini ditulis, doa dan ucapan duka cita untuk 4 petugas PT KAI meninggal dunia akibat KA Turangga dan Bandung Raya tabrakan itu sudah membanjiri linimasa X Twitter.

Berikut adalah doa dan ucapan duka cita dari warganet yang dihimpun tim Tekno Liputan6.com dari X Twitter.

"Meninggal hari jumaat, posisi lg cari nafkah mudah2an husnul khatimah," tulis akun @X****.

"Turut berduka cita, selamat jalan pak masinis 🙏," kata @R**** di media sosial tersebut.

"Innalillahi wa innailaihi rojiun. Semoga amal dan ibadah almarhum diterima di sisi Allah SWT dan keluarga yg ditinggalkan diberikan ketabahan 🤲," cuit @O**** di X.

Akun @m**** mencuitkan, "innalilahi wa innailahi rojiun 🥀 turut berduka cita yaa, smoga kluarga yg di tinggalkan di beri ketabahan dan keikhlasan, smoga amal ibadah korban di trima dan di tempatkan di tmpat yg baik🥺🤍."

"Innalillahi. Semoga amal kebaikan diterima di sisiNya dan keluarga diberi ketabahan," tulis @g**** di Twitter.

Alhasil, keyword KA Turangga, Cicalengka, Innalillahi, KA Lokal Bandung Raya menjadi trending topic di Twitter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

KNKT Bentuk Tim Investigasi Tabrakan Adu Banteng KA Turangga dan KA Bandung Raya

Foto udara menunjukkan pemandangan dua kereta api setelah bertabrakan di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Jumat (5/1/2024). Tiga orang tewas dan 28 orang terluka dalam tabrakan KA Turangga relasi Surabaya Gubeng-Bandung dan Commuterline Bandung Raya di km 181+700 pada pukul 06.03 WIB pagi tadi. (TIMUR MATAHARI/AFP)

Lebih lanjut, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) pun langsung turun tangan menyelidiki penyebab kecelakaan kereta api di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat ini. KNKT telah membentuk tim khusus untuk menginvestigasi penyebab kecelakaan.

"Tim investigasi sudah dibentuk dan dalam perjalanan menuju lokasi," kata Kepala Sub-Bagian Data, Informasi, dan Humas KNKT Anggo Anugoro dikutip dari Antara, Jumat (5/1/2024).

Kecelakaan tersebut terjadi antara KA Turangga relasi Surabaya Gubeng-Bandung dan Commuterline Bandung Raya di Km 181+700 petak jalan antara Stasiun Haurpugur-Stasiun Cicalengka pada Jumat pukul 06.03 WIB.

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menyebut bersama KNKT segera menginvestigasi penyebab kecelakaan tersebut.

"KAI juga akan melakukan investigasi bersama KNKT untuk mengetahui penyebab kecelakaan," ucap Vice President Public Relations KAI Joni Martinus.

Upaya lainnya yang dilakukan KAI ialah mengevakuasi dua rangkaian kereta api dan perbaikan jalur rel yang mengalami kerusakan.

"Bagi perjalanan KA-KA yang akan melintas di wilayah Haurpugur-Cicalengka, KAI akan melakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan pengalihan menggunakan angkutan lain," ungkap Joni.

3 dari 4 halaman

Tabrakan Kereta Api di Cicalengka

<p>Foto udara memperlihatkan kecelakaan antara Kereta Api (KA) Turangga dengan KA Commuter Line Bandung Raya di petak jalan rel antara Stasiun Haurpugur - Cicalengka di KM 181, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/1/2024). Tabrakan tersebut mengakibatkan tiga orang meninggal dunia. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)</p>

Berita duka datang dari industri kereta api Indonesia. Pagi ini, sekitar pukul 06.03 WIB, telah terjadi kecelakaan kereta api di Cicalengka, Kabupaten Bandung.

Informasi yang diterima, kecelakaan terjadi di Petak Jalan Haurpugur - Cicalengka terjadi sekitar pukul 06.30 WIB.

 "Pagi ini telah terjadi kecelakaan kereta api antara KA Turangga denga nomor KA 66 dengan KA lokal Bandung Raya nomor KA 350," kata VP Public Relation KAI Joni Martinus kepada Liputan6.com, Jumat (5/1/2024).

Dari video yang diterima Liputan6.com, kondisi kerta api ini kecelakaan dengan adu banteng. Terlihat lokomotif kereta api ringsek. Saking parahnya, gerbong penumpang hingga terpental masuk ke area persawahan yang ada di pinggir rel kereta api.

4 dari 4 halaman

KAI Benarkan Tabrakan Kereta Api Bandung Raya dan KA Turangga

Tabrakan Kereta Turangga dan KA lokal Bandung Raya terjadi di lintas Cicalengka-Haurpugur KM 181+700 tanggal 5 Januari 2024 pukul 06.03 WIB.

Vice President di PT Kereta Api Indonesia (Persero) Joni Martinus membenarkan hal ini ketika dikonfirmasi Liputan6.com. " Betul," jelas dia singkat. Disebutkan kecelakaan terjadi pada pukul 06.03 WIB. 

Berdasarkan informasi Komunitas Edan Sepur Indonesia, tabrakan KA terjadi di titik petak Cicalengka-Haurpugur, dekat sinyal masuk pihak Haurpugur, Kabupaten Bandung. Tepatnya, di Petak Jalan Haurpugur Km 181+700.

Belum diketahui jumlah korban hingga berita ini ditulis. "Terima Info telah terjadi KKA (Kecelakaan Kereta Api) antara KA 350 Commuter Line dengan KA 66 Turangga," tulis informasi Komunitas Edan Sepur Indonesia.

Sejumlah kendala perjalanan terjadi imbas tabrakan KA Turangga ini. Diantaranya jalur yang terhalang imbas dari rangkaian kereta yang tabrakan.

Tindak lanjut yang disasar pun melingkupi Koordinasi Polresta Bandung, Koordinasi Kantor Basarnas Bandung, Koordinasi PMI Kota Bandung, hingga Koordinasi Disdamkar Kab. Bandung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.