Sukses

Pelanggan Keluhkan Jaringan Indosat dan Tri Masih Alami Gangguan Usai Kebakaran Sejak Senin 1 Januari 2024

Sejumlah pelanggan mengeluhkan gangguan jaringan seluler Indosat Ooredoo Hutchison di sebagian wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta akibat kebakaran gedung perangkat masih dialami hingga hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak kemarin Senin, 1 Januari 2024, pengguna layanan seluler Indosat Ooredoo Hutchison di berbagai wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta sempat hilang.

Akibat Indosat gangguan, aktivitas pengguna yang ingin berkomunikasi dan mengakses internet di wilayah tersebut pun terganggu.

"Kendala jaringan disebabkan oleh kejadian kebakaran di gedung perangkat Semarang," ungkap SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, Steve Saerang, dalam keterangannya.

"Kami langsung ditindaklanjuti dengan pencegahan dan penanganan untuk memastikan keamanan perangkat dan personil bertugas," kata Steve.

Indosat Ooredoo Hutchison selaku penyedia layanan telekomunikasi mengaku telah berupaya memperbaiki gangguan tersebut.

"Informasikan, per pukul 11.50 WIB siang ini (1 Januari 2024) layanan seluler Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) di sebagian wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta sudah kembali normal," ucap Steve.

Meski begitu, tampaknya sinyal Indosat hilang masih terdampak oleh beberapa pengguna walau dikatakan kondisi sudah berjalan dengan normal. Hal ini terlihat dari linimasa media sosial X alias Twitter.

Hingga pagi ini, Selasa (2/1/2024), sejumlah warganet masih mengeluhkan sinyal Indosat hari ini masih mati di wilayah mereka.

"Im3 jogja sampe skg msh blm bener, mana kuota msh lumayan (7GB), expirednya bsk pun 😂 mau complain tp ya merekanya jg kena musibah 😂😅 semoga lekas pulih indosat 😂," tulis akun @k**** di Twitter.

"Biaya kouta mahal lho @indosatim3 @indosat jaringan tetap payah,berilah solusi nyata keprlanggan setiamu," curhat @m****.

Akun X Twitter @meancrownazure mencuitkan, "Mau berapa Minggu broh sinyalmu ga jalan? @indosat @3CareIndonesia @triindonesia."

Akun X Twitter Indosat Ooredoo Hutchison saat menjawab keluhan pengguna dengan menulis, "Pagi Kak M****, Mimin minta maaf ya sudah membuat kakak ngga nyaman banget, Saat ini tim kami sedang mengupayakan secepatnya kembali normal ya. Sehat selalu.

Tim Liputan6.com pun saat ini sudah menghubungi pihak Indosat Ooredoo Hutchison terkait dengan kondisi jaringan Indosat hari ini untuk wilayah Jateng dan DIY.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jaringan Indosat Ooredoo Hutchison Sudah Berangsur Normal

Ilustrasi: BTS Indosat Ooredoo (Foto: Indosat Ooredoo)

Ia menjelaskan per pukul 11.50 WIB siang ini layanan seluler Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) di sebagian wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta sudah kembali normal.

"Kendala jaringan sempat terjadi sejak pukul 09.45 WIB pagi ini yang dialami oleh sebagian pelanggan IM3 dan Tri di wilayah tersebut," Steve menambahkan.

Steve mengimbau kepada pelanggan yang masih mengalami kendala untuk mencoba kembali secara berkala, dan segera menghubungi pusat pelayanan pelanggan IM3 dan Tri jika kendala masih terjadi.

Ia pun mengungkapkan penyebab gangguan layanan seluler Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) di sebagian wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

"Kendala jaringan disebabkan oleh kejadian kebakaran di gedung perangkat Semarang, yang langsung ditindaklanjuti dengan pencegahan dan penanganan untuk memastikan keamanan perangkat dan personil yang bertugas," ungkap Steve.

Mewakili perusahaan, Steve memohon maaf atas kendala yang terjadi di sebagian wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta hari ini.

"Kami memohon maaf atas dampak kendala jaringan yang terjadi di sebagian wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta hari ini. Kami terus melakukan koordinasi secara intensif untuk mengidentifikasi penyebab insiden dan langkah pencegahan ke depannya," ia memungkaskan. 

3 dari 5 halaman

Sinyal Indosat Hilang Jadi Trending Topic di X alias Twitter, Apa Penyebabnya?

Ilustrasi Indosat Ooredoo (Foto: Indosat Ooredoo)

Sebelumnya, warganet di platform X alias Twitter ramai-ramai mengeluh sinyal Indosat hilang sejak sekitar pukul 10.00 WIB, Senin (1/1/2024).

Sontak, keyword Indosat langsung menjadi trending topic di X alias Twitter dengan lebih dari 5 ribu cuitan hingga pukul 11.57 WIB.

Pantauan Tekno Liputan6.com, pengguna yang mengeluh tentang sinyal Indosat hilang, rata-rata menetap di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Mereka pun mencari tahu penyebab sinyal Indosat hilang.

"Kantor Indosat di Banyumanik kebakaran, sinyal 3/Indosat hilang hampir seJateng-Jatim sejak jam 10 tadi sampai sekarang. Kira-kira mau sampe kapan juga ini nyantol wi-fi depan rumah biar tetap terhubung?," cuit @mukhy*** memberikan informasi.

"Kantor Indosat Banyumanik kebakaran jare lek," timpal @tjah***

"Emang Indosat lagi eror guys, ini kata orang yg kerja disana barusan up story," tulis @alya***

"Jateng juga @indosat tolongg," cuit @ajus***

"Halo @indosat ini gangguan sampek kapan ya? Sinyal hilang isi pulsa ga masuk isi paketan gabisa, parah bettt," timpal @fari***

Meski sejumlah warganet memberikan informasi terkait penyebab sinyal Indosat hilang, namun hingga berita ini naik belum ada penjelasan resmi dari pihak Indosat Ooredoo Hutchison.

4 dari 5 halaman

Warganet Keluhkan Sinyal Indosat Hilang di Momen Tahun Baru 2024

Konsep Gerai Baru IM3 yang hadirkan pengalaman lebih nyaman untuk pelanggan. Foto: Indosat Ooredoo Hutchison

Para pengguna Indosat rata-rata mempertanyakan penyebab dari sinyal Indosat yang tiba-tiba hilang, terlebih di momen Tahun Baru 2024.

"Ini indosat lagi gangguan apa ya? Gak terdeteksi sinyalnya sama sekali," tanya seorang warganet dengan akun @zaka***

"Sinyal gue kenapa ga balik2 ini dah sejam buset, kuota masih banyak bgt @indosat," keluh @bead***

"Tapi di tempat aku bagus tri, kalo Indosat gak ada sinyal sama sekali di rumah aku," timpal @zxe*** memberikan informasi.

"@indosat apakah tahun 2024 sinyal indosat mesti gangguan begini?," cuit @kopral*** mempertanyakan masalah sinyal Indosatyang hilang.

Menanggapi keluhan para pengguna, akun Indosat Care @Indosatcare mengimbau mereka untuk melakukan sejumlah langkah.

"Hai Kak , maaf atas pengalaman yang dirasakan. Biar akses internet Kakak makin lancar, untuk langkah awal bisa hidupkan ulang Hp Kakak dan coba kembali. Kalau masih sama, yuk japriin nama, nomor, detail alamatnya via DM ya," tulis @Indosatcare.

"Tadi pagi sekitar jam 10 sinyal Indosat tiba2 ilang. Lokasi brebes. Sudah restart hp dan mati-nyala airplane mode masih ilang. Pls fast solution @indosat @IndosatCare," klaim @yudi***

Hingga berita ini naik belum ada penjelasan resmi dari pihak Indosat Ooredoo Hutchison.

5 dari 5 halaman

Trafik Indosat Naik 11,5 Persen saat Natal dan Tahun Baru

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha memberi sambutan pada peluncuran IDCamp 2022 di Jakarta (27/05/2022). Pada tahun ini IDCamp menargetkan lebih banyak penerima manfaat beasiswa coding online yaitu sebanyak 55 ribu peserta tanpa batasan usia, lebih banyak kelas coding dan roadshow ke kampus serta acara komunitas developer secara virtual. (Liputan6.com/HO/Rizki)

Di sisi lain, pada momen Natal dan Tahun Baru, operator seluler meningkatkan kapasitas jaringannya dibandingkan dengan hari biasanya. Pasalnya pada kedua momen ini, peningkatan trafik internet diprediksi jauh melampaui trafik normal harian.

Untuk menjaga komunikasi terutama internetan tetap lancar saat momen Natal dan Tahun Baru, Indosat Ooredoo Hutchison alias Indosat mengoptimalkan jaringan di 434 lokasi prioritas.

Perusahaan hasil merger Indosat Ooredoo dan Hutchison Tri Indonesia ini juga meningkatkan kapasitas jaringan di 527 titik.

Dengan penambahan ini, Indosat kini menyediakan kapasitas sekitar 33 persen lebih besar dibandingkan rata-rata trafik data harian.

Indosat memerkirakan, terjadi lonjakan trafik data sekitar 11,5 persen dibandingkan rata-rata trafik data harian.

Rupanya menurut perkiraan perusahaan, peningkatan trafik ini dipicu oleh penggunaan aplikasi-aplikasi populer. Aplikasi yang dimaksud antara lain:

  • WhatsApp
  • Facebook
  • YouTube
  • Mobile Legends
  • Roblox
  • PUBG Mobile

Untuk memastikan layanannya tetap berjalan dengan baik, Indosat juga melakukan uji coba jaringan di wilayah yang diperkirakan jadi jalur perjalanan populer selama liburan Natal dan Tahun Baru.

Jalur yang dimaksud mulai dari Trans Jawa, Trans Sumatera, Cikampek, Samarinda, sampai ke Balikpapan. Menurut hasil pengujian Indosat, jaringan mereka cukup optimal dari segi kecepatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini