Sukses

Spesifikasi Poco C65 yang Meluncur di Indonesia Awal 2024 Mulai Terungkap

Salah satu spesifikasi kunci dari Poco C67 yang akan meluncur di Indonesia pada Januari 2024 sudah diungkap.

Liputan6.com, Jakarta - Poco telah mengungkap kalau Poco C65 akan menjadi smartphone terbarunya untuk pasar Indonesia. Rencananya, smartphone ini akan diperkenalkan pada 4 Januari 2024.

Menyusul pengumuman tersebut, informasi soal spesifikasi Poco C65 pun mulai diungkap. Menurut Associate Director Marketing Poco Indonesia Andi Renreng, Poco C65 ditujukan untuk anak muda yang mencari performa ekstrem, mendukung multitasking, gaming, hingga desain yang keren.

"Seperti kita tahu, POCO selalu berusaha menjawab kebutuhan anak muda, yang kian menginginkan segala sesuatu serba cepat, termasuk dalam urusan performa gaming, serta dituntut untuk sanggup multitasking," tuturnya dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (29/12/2023).

Dijelaskan lebih lanjut, untuk mendukung kebutuhan tersebut, Poco membenamkan chipset MediaTek Helio G85 di Poco C65. Chipset itu dipadukan dengan RAM 8GB yang bisa diperluas hingga 16GB.

Sementara untuk kebutuhan penyimpanan, ada memori internal 256GB yang masih bisa ditingkatkan dengan memori eksternal hingga 1TB. Namun, informasi lain seputar HP Poco ini belum diungkap, termasuk soal harga.

Kendati demikian, Andi menuturkan, Poco C65 akan ditawarkan dengan harga yang ekstrem. Ini sesuai dengan janji Poco untuk selalu menawarkan produk ekstrem dengan harga ekstrem di kelasnya.

Poco C65 sendiri rilis secara global pada bulan November 2023 lalu. Menurut perusahaan, HP Poco ini menyasar generasi muda yang butuh perangkat dengan performa ekstrem tapi dengan harga terjangkau.

Lebih lanjut diketahui, HP Android Poco C65 hadir dengan layar 6,74 inci untuk memberikan pengalaman menonton yang lebih mulus. Layar smartphone ini mendukung refresh rate 90Hz.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spesifikasi Lain Poco C65

Smartphone ini tersedia dalam tiga pilihan warna yakni black, blue, dan purple. Beralih ke departemen fotografi, ada kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 50MP dan lensa makro 2MP.

Sementara kebutuhan selfie diserahkan pada kamera depan 8MP. Poco juga menyertakan soft light ring untuk menciptakan efek cahaya alami ketika mengambil foto dengan kamera depan.

HP ini hadir dengan tombol pemindai sidik jari yang berada di bodi samping. Poco membekali smartphone ini dengan port USB Type C dan headphone jack 3,5mm.

3 dari 4 halaman

Poco Janjikan Semua Smartphone-nya Punya RAM Besar

Sebelumnya,  Poco berjanji mengusung performa esktrem untuk tiap smartphone-nya. Hal ini diwujudkan dengan RAM berkapasitas besar di tiap smartphone Poco.

Ini tidak terlepas dari fakta bahwa kapasitas atau besaran RAM memengaruhi perform ponsel secara keseluruhan.

Associate Director Marketing Poco Indonesia Andi Renreng mengatakan, RAM menjadi salah satu komponen yang paling menentukan performa sebuah hape.

"Makin besar kapasitas RAM, tentunya makin baik. Sebaliknya, kapasitas RAM yang kecil bisa menghambat performa meski CPU di HP Android-nya sudah kencang," kata Andi, mengutip keterangan Poco, Kamis (14/12/2023).

Itu sebabnya, menurut klaim Andi, Poco selalu berusaha memberi besaran RAM yang memadahi agar performa smartphone mereka jadi paling ekstrem di kelasnya.

4 dari 4 halaman

Penjelasan Mengenai RAM di Smartphone

RAM menjadi salah satu aspek yang dipertimbangkan orang ketika mau membeli smartphone. Kebanyakan orang akan bertanya berapa RAM yang dimiliki sebuah perangkat sebelum memutuskan untuk membelinya.

Masih dari keterangan Poco, RAM alias Random Access Memory adalah salah satu jenis memori berkarakter cepat.

Cara kerjanya, ketika smartphone dinyalakan, aplikasi berikut data-data lain yang belum dijalankan/diakses berada di penyimpanan. Ketika aplikasi dijalankan barulah ditempatkan di RAM.

Dari sini terlihat kalau RAM merupakan memori untuk menampung aplikasi maupun data-data lain yang sedang berjalan/diakses. Ketika aplikasi tersebut sudah tidak berjalan, maka akan dihapus dari RAM. Oleh karena itu, RAM kerap disebut sebagai memori sementara.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.