Sukses

IM3 Tutup 2023 dengan Capaian Memuaskan Berkat Jaringan, Konser Collabonation, hingga Kemitraan Lokal

Indosat Ooredoo Hutchison melalui produk IM3 menutup 2023 dengan capaian yang cukup memuaskan. Bahkan Opensignal menobatkan IM3 hadirkan kualitas konsisten dalam jaringan.

Liputan6.com, Jakarta - Indosat Ooredoo Hutchison melalui brand IM3 terus meningkatkan kualitas layanan agar bisa menghadirkan pengalaman menyenangkan buat pelanggannya.

Director and Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Ritesh Kumar Singh, mengatakan, tahun 2023 menjadi tahun yang cukup memuaskan bagi IM3.

Hal ini salah satunya dibuktikan dengan pengembangan jaringan IM3 yang diakui oleh Opensignal. Perusahaan analitik seluler global itu memilih IM3 sebagai pemenang kategori The Most Consistent Quality untuk kedua kalinya berturut-turut.

Menanggapi hal ini, Ritesh pun mengatakan, capaian dari Opensignal itu tidak digapai dalam semalam, namun berdasarkan jaringan yang terus dikembangkan ditambah upaya perusahaan untuk fokus pada pengalaman pelanggan.

"Fokus kami adalah customer comes first. Ketika Anda ingin jadi pilihan pelanggan, hal ini bisa terjadi saat pelanggan bisa menonton video, main gim, atau melakukan aktivitas di perangkat tanpa harus mengkhawatirkan jaringan," kata Ritesh ditemui dalam media update di Jakarta.

Menurutnya, setelah menjadi IOH, Indosat melakukan integrasi dan penambahan jaringan di berbagai tempat. Termasuk optimalisasi jaringan Indosat untuk menghadirkan pengalaman koneksi yang baik, di dalam ruangan sekali pun.

Alih-alih fokus bersaing menjadi nomor satu dalam hal kecepatan, IM3 lebih memilih untuk membuat pelanggan bisa punya pengalaman lebih baik dalam mengakses berbagai aplikasi. Salah satunya YouTube.

"Kami tidak terobsesi pada kecepatan internet, tetapi kami fokus pada pengalaman pelanggan, misalnya dalam mengakses YouTube, karena secara psikologis, ketika pelanggan puas mereka akan setia," tuturnya.

Tidak hanya jaringan, IM3 juga fokus optimalisasi pengalaman di berbagai aplikasi untuk membuat akses terhadap aplikasi lebih nyaman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makin Dekat dengan Pelanggan Lewat Collabonation

Salah satu strategi yang dilakukan IM3 untuk bisa tetap ada di hati pelanggannya adalah dengan menghadirkan konser musik Collabonation hingga ke berbagai daerah di Indonesia.

Kampanye IM3 Collabonation sendiri sudah dijalankan sejak 2019 dan dinilai jadi metode yang cukup sukses membuat pelanggan loyal terhadap brand IM3.

Dalam hal ini, IM3 membawa para band dan penyanyi lokal ke wilayah-wilayah yang biasanya tidak dijangkau konser musik.

"Tahun ini kami menggelar 20 konser di berbagai kota di Indonesia," kata Ritesh.

Dibarengi dengan pembangunan jaringan di berbagai wilayah, termasuk di antaranya sampai ke Nusa Tenggara, IM3 berusaha membuat brandnya tetap relevan di kalangan pelanggan muda.

Pasalnya, dengan hadir kota-kota sekunder di luar Jakarta bahkan di luar Jawa melalui Collabonation, masyarakat, khususnya anak muda bisa lebih mengenal IM3.

"Kami menggunakan Collabonation sebagai platform untuk menyampaikan ke pelanggan tentang kualitas jaringan kami, bahwa kami memiliki jaringan yang mengkover wilayah mereka, ayo coba layanan kami," tutur Ritesh.

Agar relevan dengan pengguna, IM3 juga menghadirkan kampanye-kampanye yang bisa menyentuh hati di berbagai perayaan hari besar, juga dengan bantuan para musisi lokal yang dikenal anak muda. Mulai dari kampanye saat Ramadan dan Idul Fitri, Hari Kemerdekaan dan lainnya.

"Kami fokus pada komunikasi digital untuk kampanye di hari-hari besar, sementara untuk komunikasi langsung, kami mendatangi mereka dengan berbagai konser," katanya.

3 dari 4 halaman

Beri Produk Jujur ke Pelanggan

Langkah lain yang dilakukan IM3 adalah menghadirkan produk yang sederhana dan jujur kepada pelanggannya.

Lewat produk IM3 Freedom, IM3 memastikan pelanggan mendapatkan kuota yang bisa dipakai kapan pun tanpa batasan-batasan. Dari segi harga pun, kata Ritesh, IM3 hadirkan produk yang memiliki value for money.

"Produk lain, mungkin dijual dengan harga murah, tetapi hanya bisa dipakai mengakses satu aplikasi, atau kuota 20GB hanya untuk malam hari," katanya.

Sementara, produk IM3 diklaim sederhana dan langsung ke sasaran. Misalnya pelanggan membeli paket 20GB, yang mereka dapatkan adalah 20GB untuk digunakan kapan pun.

 

4 dari 4 halaman

Berdayakan Partner Lokal

Masih tentang strategi agar bisa relevan dan menjadi pilihan pelanggan, termasuk di luar Jawa, IM3 juga menggandeng dengan partner lokal untuk memasarkan produknya.

Partner lokal ini pun tak melulu mereka yang memiliki toko atau counter pulsa besar. Bisa juga mereka yang memiliki warung pulsa kecil. Menurut Ritesh, brand perlu dekat dengan pelanggan, dalam hal memberdayakan hingga memberikan benefit ke partner.

"Kami tidak bisa bekerja sendiri, kami mencari partner lokal, toko atau yang lain. Lewat mereka, pelanggan bisa membeli layanan IM3, bisa membantu penggantian kartu, menyuarakan komplain atas layanan, dan lain-lain. Mereka membantu mengelola komunitas sekitarnya," katanya.

Strategi yang sama pun dijalankan untuk menghadapi 2024, yakni dengan fokus membangun jaringan hingga berbagai kota dan kecamatan di Indonesia.

IM3 juga masih akan menghadirkan produk yang jujur serta menjalanka aktivitas konser musik Collabonation untuk membuat pelanggan kian loyal dengan brand IM3.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.