Sukses

5 Produk Apple yang Setop Produksi Tahun Ini, Ada iPhone 13 Mini hingga MacBook Pro 13 Inci

Dan menjelang akhir tahun 2023, Apple telah menghentikan beberapa perangkat produksinya, seperti iPhone 13 mini, MacBook Pro 13 inci, Paket Baterai MagSafe, Pengisi Daya MagSafe Duo, dan aksesori berbahan kulit.

Liputan6.com, Jakarta - Pada tahun 2023 ini, Apple telah meluncurkan perangkat terbarunya iPhone 15 dan 15 Pro. Selain itu, ada banyak perubahan dan peningkatan positif, seperti penambahan port USB-C di iPhone dan kemampuan menerima pesan RCS di iMessage.

Dan menjelang akhir tahun 2023, Apple telah menghentikan beberapa perangkat produksinya. Dilansir MacRumors, Kamis (21/12/2023), produk-produk tersebut meliputi iPhone 13 mini, MacBook Pro 13 inci, Paket Baterai MagSafe, Pengisi Daya MagSafe Duo, dan aksesori berbahan kulit.

Berikut 5 produk Apple yang setop produksi tahun 2023 ini:

1. iPhone Mini

Pada bulan September 2023, Apple telah menghentikan iPhone 13. Tepat setelah iPhone 15 diluncurkan.

Hal ini menandai berakhirnya iPhone mini sepenuhnya, meskipun iPhone 12 mini yang diperbarui masih tersedia di toko online Apple di AS.

Sekadar diketahui, iPhone 13 mini dilengkapi dengan layar 5,4 inci dengan bezel tipis. iPhone mini menjadi favorit di kalangan penggemar smartphone berukuran kecil.

Namun, firma riset pasar mengatakan model tersebut memiliki penjualan yang rendah dibanding model iPhone lainnya. Bahkan, Apple telah memutuskan untuk tidak merilis iPhone 14 mini di tahun 2022 lalu.

iPhone mini terbaru yang masih dijual Apple saat ini adalah iPhone SE dengan layar 4,7 inci.

Sayangnya, iPhone SE memiliki desain yang sangat ketinggalan jaman dengan tombol Home dan bezel lebih tebal. Sementara iPhone SE berikutnya dikabarkan memiliki layar 6,1 inci yang lebih besar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. MacBook Pro 13 inci

Apple akhirnya menghentikan MacBook Pro 13 inci setelah digelarnya acara "Scary Fast". 

Laptop tersebut memiliki desain berusia tujuh tahun dan merupakan Mac terakhir yang dilengkapi Touch Bar.

MacBook Pro 13-inci secara efektif digantikan oleh MacBook Pro 14-inci entry-level baru dengan chip M3 standar.

Model 14 inci menawarkan beberapa peningkatan dibandingkan model 13 inci, seperti chip M3, layar ProMotion 120Hz, kamera 1080p, dan lebih banyak port.

3. Paket Baterai MagSafe

Sama seperti penghentian iPhone 13 Mini, Apple menghentikan paket baterai MagSafe pada bulan September 2023 lalu. Tepat setelah Apple memperkenalkan seri iPhone 15.

Paket baterai MagSafe dirilis pada tahun 2021 dan dibanderol dengan harga USD 99. Baterai ini dipasang secara magnetis di bagian belakang iPhone 12 dan seri yang lebih baru, sehingga memberikan masa pakai baterai tambahan selama berjam-jam. 

Sementara itu, meskipun semua model iPhone 15 kini dilengkapi dengan port USB-C, paket baterainya memiliki port pengisian daya Lightning, sehingga sudah ketinggalan jaman.

3 dari 4 halaman

4. Pengisi Daya MagSafe Duo

Magsafe Duo Charger juga telah dihentikan sejak bulan September 2023 lalu.

Diketahui, Pengisi daya ini dirilis pada tahun 2020 dan merupakan alas pengisi daya lipat dengan pengisi daya MagSafe untuk iPhone dan keping pengisi daya magnetis Apple Watch. 

Seperti Paket Baterai MagSafe, ia memiliki port pengisian daya Lightning.

5. Aksesoris Berbahan Kulit

Apple berhenti menjual aksesori kulit pada bulan September, termasuk casing iPhone versi kulit, Dompet MagSafe, tali jam Apple Watch, dan banyak lagi. Langkah yang diambil oleh perusahaan ini sebagai bagian dari upaya tanggung jawab terhadap lingkungan.

Sebagai gantinya, Apple memperkenalkan bahan kaun FineWofen baru untuk aksesori. Bahan ini diklaim memiliki jejak karbon yang jauh lebih rendah dibandingkan bahan kulit.

Namun, rupanya pelanggan mengeluhkan casing iPhone baru ini, karena rentan terhadap goresan dan noda.

4 dari 4 halaman

Apple Watch Ultra 2 Resmi Masuk Indonesia

Terlepas dari itu, Apple mengumumkan kehadiran jam tangan pintar mereka, Apple Watch Ultra 2, bersamaan dengan peluncuran iPhone 15 series pada 22 September 2023.

Selang tiga bulan diluncurkan, Apple Watch Ultra 2 akhirnya kini tersedia di Indonesia secara resmi melalui platform Blibli.

Sebagaimana dikutip dari laman resmi Blibli, Selasa (19/12/2023), Apple Watch Ultra 2 tersedia dalam berbagai promo penjualan yang berlaku hingga 30 Desember 2023.

Bagi Apple fanboy, Blibli menawarkan program cicilan 0 persen bebeas biaya (tersedia kerja sama beberapa bank) dengan tenor hingga 24 bulan mulai dari Rp 666.625.

Laman tersebut juga menyebutkan, pelanggan bisa mendapatkan cicilan gratis hingga 2 bulan, 10 kali Blibli tiket rewards, dan voucher ACMIC Watchbank senilai Rp 399,000.

Tak hanya itu, Blibli juga menyebut akan menyediakan free ekstra proteksi kerusakan selama 12 bulan berlaku di seluruh Apple service center di Indonesia.

Blibli juga menyebutkan, konsumen dapat memesan laman resmi Blibli dan hello store akan mendapatkan layanan tukar tambah dan pengiriman online dalam waktu 2 jam.

Lalu berapa harga Apple Watch Ultra 2 ini di situs e-commerce identik dengan warna biru itu? Konsumen dapat membeli jam pintar Apple ini seharga Rp 15.999.000, dengan tiga pilihan tali Trail Loop, Ocean Band, dan Alphine Loop.

Selain Apple Watch Ultra 2, situs ini juga sudah menjual Apple Watch Series 9 (41mm dan 45mm) mulai dari harga Rp 7.999.000.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini