Sukses

Yamaha Rilis Dua Produk untuk Live Streaming Game: ZG01 dan YH-G01

Yamaha merilis dua produk baru untuk game streaming, yaitu ZG01 dan YH-G01, yang menawarkan kualitas audio surround 3D yang realistis dan imersif, serta kenyamanan dan kejelasan suara saat bermain game.

Liputan6.com, Jakarta - Game streaming semakin populer di kalangan para gamers, baik profesional maupun sekadar hobi. Toh, lewat aktvitas ini, gamer bisa berbagi pengalaman bermain game mereka dengan audiens di YouTube, Twitch, atau Facebook Gaming.

Lewat game streaming, gamer juga dapat memakai aktivitas mereka untuk bertemu dengan gamer lainnya dan berinteraksi langsung voice chat atau video chat.

Namun, untuk melakukan game streaming dengan kualitas baik tentunya membutuhkan perangkat mendukung, seperti PC, konsol, kamera, mikrofon, dan headset.

Salah satu aspek penting dalam game streaming adalah kualitas audio, baik dari game itu sendiri maupun dari suara para gamers.

Berbekal audio jernih, nyaman, dan realistis dapat meningkatkan pengalaman bermain game dan menarik perhatian audiens saat streaming game.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan audio para gamers, Yamaha, salah satu produsen alat musik dan audio terkemuka di dunia, merilis dua produk baru yang dikhususkan untuk game streaming.

Adapun kedua produk baru tersebut adalah Game Streaming Audio Mixer ZG01 dan Headset YH-G01.

"Kedua produk ini merupakan hasil dari pengembangan teknologi audio Yamaha yang telah berpengalaman selama lebih dari 130 tahun," kata perusahaan, sebagaimana dikutip dari keterangan resminya, Jumat (1/12/2023).

Game Streaming Audio Mixer ZG01

Game Streaming Audio Mixer ZG01 adalah perangkat streaming yang memungkinkan pengguna me-mix audio game, suara mereka sendiri, dan audio voice chat dengan lawan main game, untuk dirinya sendiri secara simultan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Teknologi ViReal di ZG01

<p>Yamaha Headset YH-G01. (Doc: Yamaha)</p>

ZG01 juga dapat menerima audio multi-kanal dari Input USB/HDMI, memprosesnya dengan teknologi ViReal dari Yamaha hingga menghasilkan Surround 3D berkualitas luar biasa dapat juga dinikmati oleh audiens menggunakan headphone/headset stereo.

Teknologi ViReal sendiri adalah teknologi audio virtual dikembangkan oleh Yamaha untuk menciptakan suara surround 3D yang realistis dan imersif.

Teknologi ini dapat mereproduksi suara dari berbagai arah dan jarak, sehingga para gamers dapat merasakan seolah-olah berada di dalam dunia game yang mereka mainkan.

Headset YH-G01

Headset YH-G01 adalah headset didesain untuk kenyamanan dan output sound berkualitas tinggi. Headset ini memiliki bantalan telinga lembut dan nyaman, serta headband dapat disesuaikan dengan ukuran kepala.

Headset ini juga memiliki mikrofon yang dapat diposisikan sesuai dengan keinginan, serta tombol mute yang mudah diakses.

YH-G01 menggunakan driver berdiameter 40 mm dapat menghasilkan suara jelas, detail, dan seimbang. Headset ini juga kompatibel dengan teknologi ViReal dari Yamaha, sehingga dapat menikmati suara surround 3D yang luar biasa dari ZG01.

Headset ini juga memiliki impedansi rendah, sehingga dapat digunakan dengan berbagai perangkat, seperti PC, konsol, smartphone, atau tablet.

Headset YH-G01 tidak hanya cocok untuk kebutuhan voice chat saat bermain game, tetapi juga untuk kebutuhan lain, seperti podcasting, editing/produksi musik, dan mendengarkan musik.

3 dari 5 halaman

HaluApp Jadi Marketplace Digital Khusus Wibu di Indonesia

Marcell Tee, Co-Founder HaluApp (tengah). Credit: HaluApp

Di sisi lain, gamer di Tanah Air juga diperkenalkan dengan aplikasi bernama HaluApp. Berada di bawah PT. Wibu Sukses Bersama merupakan platform digital yang dirancang sebagai destinasi online para kreator dan artis agar semakin dekat dengan penggemarnya.

Saat ini, aplikasi HaluApp diklaim memiliki total nyaris 10.000 pembuat konten independen dan mendekati 100.000 userbase.

Pendirinya adalah Marcell Tee, seorang anak muda kelahiran semarang yang besar di tengah keluarga pengusaha. Naluri bisnisnya sudah mengalir dalam darahnya sejak usia belia.

Namun, bukan cuma faktor genetika dari orangtua, ia mengaku punya chemistry dan bekal kuat yang mendorongnya memilih menjadi seorang digitalpreneur.

erada di bawah PT. Wibu Sukses Bersama merupakan platform digital yang dirancang sebagai destinasi online para kreator dan artis agar semakin dekat dengan penggemarnya.

Saat ini, aplikasi HaluApp diklaim memiliki total nyaris 10.000 pembuat konten independen dan mendekati 100.000 userbase.

Pendirinya adalah Marcell Tee, seorang anak muda kelahiran semarang yang besar di tengah keluarga pengusaha. Naluri bisnisnya sudah mengalir dalam darahnya sejak usia belia.

Namun, bukan cuma faktor genetika dari orangtua, ia mengaku punya chemistry dan bekal kuat yang mendorongnya memilih menjadi seorang digitalpreneur.

4 dari 5 halaman

HaluApp Ingin Jadi Game Changer di Market ACG

Ia mengaku punya mimpi besar yang kemudian membawanya ke bisnis aplikasi wibu yang tergolong masih sangat segmented di Indonesia.

Setelah menganalisis peluang besarnya, Marcell berani meninggalkan bisnis pertama yang sudah dirintisnya sejak masih kuliah di sektor ekspor impor.

"Saya ingin menjadi game changer di market ACG (anime, comic and game) yang besar. Saya melihat peluangnya sangat luar biasa di Indonesia," kata Marcell melalui keterangannya, Kamis (30/11/2023).

Menurut analisis Marcell, bisnis HaluApp sangat menjanjikan karena perkembangan pasar ACG di Indonesia sangat besar, terutama saat pandemi Covid-19 melanda.

"Menurut saya, yang paling penting lagi adalah meningkatnya partisipasi masyarakat Indonesia dalam konsumsi konten ACG," ucap Marcell.

5 dari 5 halaman

Bantu Kreator Kantongi Income Tambahan

Tidak hanya soal peluang besar, Marcell juga punya misi suci di balik keputusannya terjun di bisnis aplikasi wibu ini.

"Saya ingin membantu banyak orang untuk memiliki kehidupan yang lebih baik dengan menghasilkan income tambahan atau bahkan penghasilan utama dari HaluApp," ujarnya.

Para kreator yang terdaftar dan bergabung di HaluApp akan menerima pesanan atau komisi komersil dari follower dan brand untuk berbagai kategori layanan, mulai dari karya ilustrasi dan foto hingga pembuatan branded video.

"Jadi, HaluApp mempertemukan para kreator, mulai dari fotografer, livestreamer, ilustrator, official brands, communities, gamer, music idols, cosplayer, graphic designer, V-tuber, dan lain-lain, dengan penggemar atau konsumennya," Marcell menjelaskan.

Dalam pengembangan usahanya, ia mengaku tidak hanya menjadikan HaluApp sebagai marketplace, tapi juga sebagai jembatan para kreator ACG di Indonesia dengan brand ternama, baik lokal maupun internasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini