Sukses

Telkom Perkuat Implementasi Implementasi ESG Lewat Program EXIST, Terapkan Solar Panel hingga Green Data Center

Telkom meluncurkan program EXIST sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk menerapkan ESG di internal perusahaan hingga anak perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta - Telkom indonesia menyatakan diri akan terus memperkuat penerapan kerangka kerja ESG (Environmental, Social, and Governance) di internal perusahaan, termasuk di anak perusahaan. Hal itu ditunjukkan dengan menggelar event Telkom ESG Day yang diadakan di Yogyakarta.

Salah satu komitmen konkret yang dilakukan Telkom adalah dengan meresmikan program EXIST (ESG Existence for Sustainibility by Telkom Indonesia). Peresmian program itu turut dihadiri oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X dan Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah.

Menurut Ririek, implementasi ESG terus perlu dilakukan karena tidak hanya untuk perusahaan, tapi juga kepentingan bangsa dan negara. Untuk itu, implementasi ini perlu melibatkan banyak stakeholders agar dapat terus berlangsung dan berkelanjutan.

"ESG ini bisa menjadi value creater, sehingga kami menerapkannya secara sistematis dan terukur lewat roadmap yang akan kami siapkan. Tidak hanya untuk Telkom, tapi juga seluruh anak usaha Telkom," tuturnya saat konferensi pers di Telkom ESG Day di Yogyakarta.

EXIST sebagai program ESG Telkom sendiri hadir dengan tiga pilar utama  yang sejalan dengan ESG itu sendiri, yaitu Environmental, Social, dan Governance. Untuk saat ini, perusahaan pelat merah itu sudah menjalankan sejumlah hal.

Pada pilar Environmental, Telkom bersama seluruh anak perusahaan dan afiliasi berkomitmen mendukung target pemerintah mencapai Net Zero Emission 2060. Salah satunya dilakukan dengan penerapan waste management oleh Telkom Property dan Telkomsel lewat program Jaga Bumi.

Telkom Group juga berupaya mereduksi emisi, dengan penggunaan solar panel di BTS Telkomsel, Telkom Infra, hingga Mitratel. Perusahaan juga memakai lithium battery di tower Mitratel dan membangun green data center lewat NeutralDC.

Sementara di pilar Social, ESG Telkom mendukung keberagaman talenta lewat program rekrutmen untuk karyawan disabilitas, termasuk pengembangan talenta digital yang selaras dengan program prioritas Kementerian BUMN 2020-2024.

Terakhir, di sisi Governance, Telkom berusaha membangun kepercayaan para stakeholder, termasuk pelanggan dengan memastikan keamanan dari perlindungan data pribadi serta sesuai dengan etika bisnis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Telkom Gelar ESG Day di Yogyakarta, Tegaskan Komitmen Perusahaan yang Berkelanjutan

Untuk informasi, Telkom Indonesia baru saja menggelar program ESG Day di Yogyakarta. Melalui program ini, Telkom menegaskan komitmennya menerapkan kerangka kerja ESG di perusahaan maupun ke seluruh anak perusahaan.

Sebagai informasi, ESG atau Enviromental Social and Governance merupakan kerangka kerja yang membantu pemangku kepentingan memahami cara perusahaan mengelola risiko dan peluang terkait lingkungan, sosial, dan tata kelola.

Hal itu dilakukan untuk memastikan bisnis yang dijalankan berkelanjutan. Menurut Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah, ESG kini menjadi aspek yang penting dan diperlukan oleh perusahaan.

"ESG ini menjadi sangat penting bagi kami, bukan hanya sekadar karena kita wajib melakukan dan wajib melaporkan, tapi kami menyadari ESG ini akan mendorong sustainibilty," tuturnya dalam event Telkom EGS Day di Yogyakarta.

Terlebih, Ririek menuturkan, ESG ini juga menjadi hal penting bagi valuasi perusahaan. Karenanya, Telkom sekarang mulai mencanangkan ESG secara lebih penuh, setelah sebelumnya menerapkan kerangka kerja SDG atau Sustainable Development Goals.

3 dari 4 halaman

Banyak Pelanggan dan Mitra Telkom Mulai Sadar Penerapan ESG

Selain itu, menurut Ririek, banyak dari pelanggannya yang sudah mulai menyadari soal penerapan ESG ini. Terutama, pengguna data center termasuk pemegang saham asing yang sudah mulai menuntut itu.

"Dan kami juga yakini, ESG ini akan menjadi value creater bagi kami, sehingga kami akan menerapkannya secara sistematis dan terukur lewat roadmap yang akan kami siapkan. Tidak hanya itu untuk Telkom, tapi juga seluruh anak usaha Telkom," tutur Ririek menjelaskan.

Dalam event ESG Day di Yogyakarta ini, Telkom Indonesia juga meluncurkan logo baru untuk program ESG perusahaan yakni EXIST atau ESG Existence for Sustainability by Telkom Indonesia.

Tidak hanya itu, Telkom Indonesia juga melakukan program penanaman 1.000 bibit pohon di Kelurahan Girikerto, Kabupaten Sleman, DIY. Bibit pohon yang ditanam terdiri dari pohon alpukat dan durian.

(Dam)

4 dari 4 halaman

Infografis Serba-serbi Rumah Ramah Lingkungan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.