Sukses

Terjual 300 Juta Kopi, Minecraft Jadi Game Terlaris Sepanjang Masa

Menjelang ulang tahunnya yang ke-15, Minecraft menjadi video game terlaris dengan penjualan mencapai 300 juta kopi, lampaui angka penjualan semua media hiburan dari Mojang Studios.

Liputan6.com, Jakarta - Minecraft menjadi video game terlaris sepanjang masa. Baru-baru ini, Minecraft diumumkan telah terjual sebanyak 300 juta kopi.

Mengutip The Verge, Selasa (17/10/2023), kepala Mojang Studios Helen Chiang mengungkapkan, “menjelang ulang tahunnya yang ke-15,  Minecraft  tetap menjadi salah satu game terlaris sepanjang masa. Dengan lebih dari 300 juta salinan terjual, sebuah tonggak sejarah yang tidak dapat diimpikan oleh siapa pun ketika kami semua membuat blok pertama kami.” 

Kabar terbaru ini diumumkan pada Minecraft Live 2023, acara streaming langsung Minecraft yang membagikan berita, pembaruan komunitas dan acara pemungutan suara di mana pemain dapat memilih makhluk baru yang harus ditambahkan ke dalam game

Tahun ini, makhluk baru yang menjadi pilihan pemain adalah kepiting, armadillo, dan penguin.

300 juta salinan Minecraft adalah angka yang telah melampaui hampir semua media hiburan lainnya. Sebagai gambaran, Thriller, album terlaris sepanjang masa, telah terjual sekitar 70 juta kopi. 

Adapun konsol terlaris yaitu PS2, yang terjual sekitar 155 juta unit. Bahkan, video game terlaris kedua sepanjang masa, Grand Theft Auto V, tidak mendekati angka Minecraft. Video game ini dilaporkan hanya mencapai angka penjualan 185 juta kopi. 

Minecraft berada dalam kelasnya sendiri dan kemungkinan akan tetap berada di sana untuk waktu yang sangat lama---atau setidaknya sampai Half-Life 3 keluar.

Menurut laporan The Verge pada 2020, penjualan Minecraft secara resmi telah mencapai 200 juta, dengan 126 juta orang pemain setiap bulannya. Angka ini merupakan rincian angka penjualan saat Mojang Studios merayakan ulang tahunnya yang ke-11. Tepat sejak Minecraft Alpha Build dirilis.

Microsoft juga melihat peningkatan besar dalam penggunaan Minecraft selama pandemi. Minecraft mengalami peningkatan pemain baru sebesar 25 persen per April 2020 dan peningkatan sesi multipemain sebesar 40 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Google Umumkan Minecraft Kini Bisa Dimainkan di Chromebook, Punya Fitur Cross-Play

Masih terkait Minecraft, Game Minecraft: Bedrock Edition kini bisa dimainkan di perangkat Chromebook, setelah sebelumnya melakukan fase early access bulan Maret 2023 lalu.

Dengan ini, pengguna Chromebook pun bisa memainkan Minecraft melalui perangkat yang memang bukan dikenal sebagai perangkat gaming ini.

Mengutip blog resmi Google, Senin (12/6/2023), Minecraft: Bedrock Edition bisa dipasang di Chromebook melalui Play Store untuk ChromeOS. Pemain pun bisa mendapatkan akses ke berbagai fitur seperti Minecraft Marketplace, serta bermain di Realms.

Selain itu, Minecraft di Chromebook juga mendukung fitur cross-play, sehingga dapat dimainkan bersama dengan pemain lain dari berbagai platform termasuk Android, Xbox, PlayStation, Switch, dan PC Windows.

"Minecraft kini tersedia di Chromebook yang kompatibel, termasuk semua Chromebook yang diluncurkan dalam tiga tahun terakhir," kata John Maletis Vice President, ChromeOS Product, Engineering and UX.

Meski begitu, pengguna Google Chromebook tetap diminta untuk melihat spesifikasi perangkat minimum maupun yang direkomendasikan, di laman resmi Minecraft.

Bagi pemain yang sudah membeli Minecraft di Chromebook, ia juga akan bisa mengunduh game ini di perangkat Android tanpa biaya tambahan, dengan akun Google yang sama.

Sementara, jika sudah membeli Minecraft untuk perangkat Android dan masuk melalui akun Google yang sama di Chromebook, pemain akan dapat potongan harga jika ingin membeli versi Chromebook.

3 dari 4 halaman

Spesifikasi Buat Main Minecraft di Chromebook

Minecraft untuk Chromebook juga akan hadir dengan pembaruan bertajuk Trails and Tales. Pembaruan ini menambahkan banyak konten baru di dalam game, termasuk bioma cherry grove dan kemampuan menunggang unta.

Apabila ingin memainkan Minecraft di Chromebook, berikut ini spesifikasi perangkat yang diperlukan:

Spesifikasi minimal Minecraft Chromebook

  • OS: ChromeOS 111
  • System Architecture: 64-bit (x86_64, arm64-v8a)
  • Prosesor: AMD A4-9120C, Intel Celeron N4000, Intel 3865U, Intel i3-7130U, Intel m3-8100Y, Mediatek Kompanio 500 (MT8183), Qualcomm SC7180 atau lebih baik
  • Memori: 4 GB RAM
  • Penyimpanan: Minimal 1 GB instalasi game, maps, dan file lain

Spesifikasi direkomendasikan Minecraft Chromebook

  • OS: ChromeOS 111
  • System Architecture: 64-bit (x86_64, arm64-v8a)
  • Prosesor: AMD Ryzen 3 3250C, Intel Celeron N4500, Intel i3-7130U, Mediatek Kompanio 500 (MT8183), Qualcomm SC7180 atau lebih baik
  • Memori: 4 GB RAM
  • Penyimpanan: Minimal 1 GB instalasi game, maps, dan file lain
4 dari 4 halaman

Spesifikasi Minecraft Legends

Game Minecraft Legends bisa dimainkan baik secara single player ataupun secara online dengan player lain. Adapun untuk memainkan game ini bisa melalui berbagai platform di antaranya Nintendo Witch, PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox One, Xbox Series X/S, dan PC.

Berikut adalah spesifikasi untuk game Minecraft Legends:

Spesifikasi Minimum Minecraft Legends di PC

  • OS: Windows 10 (Update Mei 2023 atau versi lebih tinggi) atau Windows 11.
  • Processor: Intel Core i5 2.8 GHz atau yang setara.
  • RAM: 8 GB.
  • Graphics: NVIDIA GeForce GTX 780 atau AMD Radeon 285 atau Intel HD 520 atau yang setara DX12 GPU.
  • DirectX: Version 12.
  • Penyimpanan: 24 GB yang tersedia.
  • Catatan: Performa meningkat dengan sistem kelas atas tidak didukung di Windows 10S.

Spesifikasi Recommended Minecraft Legends di PC

  • OS: Windows 10 (Update Mei 2023 atau versi lebih tinggi) atau Windows 11.
  • Processor: Core i5 3.4GHz atau yang setara.
  • RAM: 8 GB.
  • Graphics: NVIDIA GTX 1060 atau AMD FX-4100 Graphics.
  • DirectX: Version 12.
  • Jaringan: Koneksi internet broadband.
  • Penyimpanan: 24 GB yang tersedia.
  • Catatan: Performa meningkat dengan sistem kelas atas tidak didukung di Windows 10S.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini