Sukses

Menjajal Fitur Relaksasi O Relax di Oppo Reno10 5G untuk Bantu Jaga Kesehatan Mental

Oppo menghadirkan fitur O Relax di ponselnya, Oppo Reno10. Fitur ini berisi instrumen dan musik yang bisa membantu relaksasi, guna mendukung penggunanya menjaga kesehatan mental.

Liputan6.com, Jakarta - Isu kesehatan mental kini menjadi hal yang diperhatikan oleh banyak orang. Pasalnya, kesehatan mental turut menjadi bagian dari kesehatan seseorang secara keseluruhan.

Pada 10 Oktober 2023, dunia memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia. Ada hal menarik soal kesehatan mental di Indonesia.

Pasalnya berdasarkan hasil survei Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, lebih dari 19 juta penduduk usia di atas 15 tahun mengalami gangguan mental emosional. Sementara, lebih dari 12 juta orang di usia yang sama mengalami depresi.

Mengutip laporan dari kanal Lifestyle Liputan6.com, Senin (16/10/2023), ada banyak tantangan dalam menjaga kesehatan mental. Salah satunya adalah stres di lingkungan kerja. Bahkan menurut sebuah studi pada 2022, 21 persen responden pekerja di Indonesia mengaku sering mengalami stres.

Gangguan kesehatan mental yang terjadi di lingkungan kerja meliputi tingkat stres yang tinggi, kecemasan berlebihan, hingga depresi. Hal ini pun berpotensi memengaruhi produktivitas kerja.

Lantas bagaimana cara menghindari gangguan mental? Mengutip Merdeka.com, berdasarkan pakar psikologi, salah satu cara paling mudah yang disarankan untuk mengurangi stres adalah dengan relaksasi.

Relaksasi sendiri merupakan teknik yang bisa membuat pikiran dan tubuh jadi lebih rileks melalui proses melepaskan ketegangan otot di tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

O Relax Beri Efek Relaksasi untuk Pengguna

Relaksasi dapat dilakukan dengan meditasi mindfulnes yang mengajak seseorang duduk nyaman, fokus terhadap pernapasan, dan memusatkan perhatian.

Untuk bisa duduk tenang sembari memusatkan perhatian agar tubuh dan pikiran menjadi relaks, kamu bisa menggunakan musik yang memang menenangkan dan hadir untuk relaksasi.

Pengguna Oppo Reno10 5G atau perangkat Oppo lainnya, bisa menggunakan aplikasi bernama Oppo Relax atau O Relax di ponsel mereka untuk mendapatkan musik atau instrumen yang mendukung pengguna untuk relaks.

Fitur atau aplikasi O Relax ini menjadi aplikasi bawaan yang bisa memberikan efek relaksasi untuk pengguna.

Mengutip laman Oppo, perusahaan khusus merancang aplikasi ini untuk mendukung penggunanya agar lebih relaks di tengah kesibukan mereka.

3 dari 4 halaman

Terinstal Jadi Aplikasi Bawaan, Begini Cara Pakainya

O Relax sendiri sudah terpasang secara bawaan di berbagai HP Oppo dengan ColorOS 11 atau yang lebih tinggi.

Cara pakainya, kamu hanya tinggal membuka aplikasi O Relax, sebuah aplikasi dengan background warna hitam dan ikon dua gelombang.

Ketika aplikasi dibuka, pengguna akan langsung melihat menu listen atau dengarkan. Mereka bisa mendengar beragam suara mulai dari perjalanan angkasa, suara sekitar seperti suara suasana pantai, sinar mentari pagi, suasana berkemah, melodi penuh harapan, melodi suasana terang bulan, dan lain-lain.

Coba pilih satu instrumen yang menenangkan diri. Jangan lupa, di sela pekerjaan yang begitu penat, kamu bisa duduk sejenak dan berelaksasi sembari menggunakan O Relax di perangkat Oppo dan earphone.

 

4 dari 4 halaman

Hadirkan Instrumen Suara Suasana Kota

Pusatkan pikiran agar tubuh menjadi lebih tenang. O Relax juga dilengkapi dengan beragam efek suara.

Selain itu, pengguna juga bisa mendengarkan suasana di kota-kota populer. Misalnya kota Beijing, Shenzhen, Bangkok, Tokyo, atau Reykjavik.

Khusus kalau kamu mau mendengarkan bisingnya kota Tokyo, kamu bisa memilih suasana Gunung Takao yang terletak di ujung tenggara pegunungan Kanto, 50 Km dari pusat kota Tokyo.

Atau kamu juga bisa ganti suasana di Stasiun Shibamata yang riuh dengan suara kereta dan orang-orang yang berbincang di sana.

Bagi kamu yang suka melakukan relaksasi dengan yoga, musik dan instrumen di O Relax juga bisa kamu gunakan untuk mendukung gerakan-gerakan yoga kamu.

(Tin/Isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.