Sukses

Android 14 Mulai Meluncur di Xiaomi, 3 HP Ini Kebagian Update Duluan

Tiga HP Xiaomi sudah bisa mendapatkan Android 14 yang baru saja diluncurkan oleh Google, melalui metode over-the-air.

Liputan6.com, Jakarta - Google baru saja meluncurkan Android 14 untuk perangkat-perangkat Pixel mereka, di mana perangkat dari merek lain akan menyusul nantinya.

Xiaomi rupanya jadi salah satu produsen pertama yang mulai meluncurkan MIUI berbasis Android 14 di tiga ponselnya yaitu Xiaomi 13, Xiaomi 13 Pro, dan Xiaomi 12T.

Uji coba beta sudah dimulai beberapa pekan lalu, namun menurut Xiaomiui, pembaruan stabil secara over-the-air (OTA) ini sudah tersedia di tiga model itu.

Mengutip Android Authority, Senin (9/10/2023), pembaruan Android 14 akan tiba di beberapa model HP Xiaomi ini secara global, yang meliputi:

Xiaomi 13

  • IUI-V14.0.5.0.UMCMIXM
  • MIUI-V14.0.5.0.UMCEUXM

Xiaomi 13 Pro

  • MIUI-V14.0.5.0.UMBMIXM
  • MIUI-V14.0.5.0.UMBEUXM

Xiaomi 12T

  • MIUI-V14.0.6.0.ULQMIXM
  • MIUI-V14.0.5.0.ULQEUXM

Dikutip dari 9to5google, update ini hadir dengan skin MIUI yang biasanya, dan hadir secara peluncuran beta terbatas beberapa waktu lalu. Meski sudah versi stabil, Xiaomi menyatakan masih akan terus mengembangkan OS tersebut.

Menurut Xiaomiui, perusahaan sudah memberikan informasi ke pengguna bahwa update software ini juga masih akan terus diuji agar produk akhirnya lebih baik.

Jadi, bukan tidak mungkin pengguna perangkat-perangkat yang sudah kebagian MIUI terbaru duluan, masih akan melihat bug atau beberapa masalah lainnya.

"Xiaomi terus mengerjakan proses pengembangan dan pengujian untuk memastikan bahwa versi baru ini dapat dinikmati dengan lancar oleh pengguna," tulis perusahaan.

Android 14 diluncurkan di event Made By Google di New York City, seperti dikutip dari Tech Crunch, Kamis (5/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejumlah Fitur Baru di Android 14

Android 14 juga sudah mulai diluncurkan ke perangkat Pixel yang sudah mendukung sistem operasi terbaru ini.

Selain Pixel, Android 14 juga akan hadir di beberapa perangkat lain, seperti HP Samsung Galaxy, iQOO, Nothing, OnePlus, Oppo, Realme, Sharp, Sony, Tecno, Vivo, dan Xiaomi akhir tahun 2023 ini.

Google mengungkapkan, sistem operasi teranyar ini hadir dengan opsi penyesuaian baru, fitur aksesibilitas, dan banyak lagi. Perusahaan juga memperkenalkan cara baru untuk menyesuaikan perangkat dengan preferensi pribadi pengguna.

Android terbaru ini juga dirancang untuk memudahkan peralihan antar wallpaper, sekaligus memungkinkan pengguna dengan cepat membuat perubahan pada apa yang ingin dilihat di fitur At a Glance.

Dengan pembaruan software ini, pengguna dapat pula mengatur pintasan di lock screen untuk mendapatkan akses sekali ketuk ke aplikasi atau tools favorit mereka.

3 dari 4 halaman

Hadirkan Fitur AI

Bersama dengan kehadiran Android 14 ini, Google juga memungkinkan pengguna memiliki langsung serangkaian opsi template lock screen baru yang terdiri dari font, widget, warna, termasuk formatnya.

Google menuturkan, template ini menggunakan AI (kecerdasan buatan) untuk membuat perubahan berdasarkan situasi pengguna saat ini. Misalnya, jika area tempat pengguna berada akan mengalami cuaca buruk, layar kunci akan membuat widget cuaca lebih menonjol.

Mei 2023, Google mengumumkan sedang mengerjakan wallpaper AI generatif yang dapat dibuat pengguna sesuai perintah. Kini, perusahaan mengumumkan fitur ini akan hadir pertama kali di Pixel 8 dan 8 Pro.

Dengan fitur ini, pengguna dapat memilih wallpaper di perangkat yang dibuat berdasarkan saran dari AI.

4 dari 4 halaman

Peningkatan Kualitas Foto

Pembaruan Android 14 juga menghadirkan peningkatan pada kualitas foto dan kamera. Google mengumumkan, Android 14 mendukung gambar HDR dengan Ultra HDR, yang memanfaatkan dukungan Android 13 untuk video HDR.

Perusahaan mengatakan peningkatan baru ini menghadirkan warna-warna cerah pada foto dan menampilkan foto HD tanpa mengubah kualitas asli gambar.

Selain itu, pengguna dapat dengan cepat mengubah ukuran font teks di perangkat lewat menu Quick Settings.

Google mengatakan, fitur ini mencegah teks yang sudah cukup besar menjadi lebih besar. Jadi, pengguna dapat membaca pada layar tanpa adanya teks yang terpotong atau tata letak halaman yang rusak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.