Sukses

Daftar 7 Jaringan Cloud Baru Akamai di Sejumlah Negara, Salah Satunya Ada di Jakarta

Berikut tujuh jaringan cloud Akamai terbaru yang tersebar di sejumlah negara, salah satunya ada di Jakarta

Liputan6.com, Jakarta Penyedia layanan cloud Akamai Technologies mengumumkan tujuh core compute region baru di kawasan Eropa, Asia, Amerika Utara, dan Amerika Latin.

Tujuh jaringan cloud terbaru itu mulai beroperasi dan tersedia bagi pelanggan pada September dan Oktober 2023.

Core compute region itu diklaim memperluas jaringan komputasi cloud Akamai ke titik koneksi intensif data utama agar pelanggan dapat menghadirkan konektivitas serta pengalaman yang lebih baik bagi pengguna akhir.

Mengutip keterangan resminya, Rabu (4/10/2023), berikut tujuh jaringan cloud Akamai terbaru:

1. Amsterdam, Belanda

Amsterdam adalah rumah bagi titik pertukaran internet terbesar kedua di dunia. Bersama region Stockholm yang baru-baru ini diluncurkan perusahaan, pelanggan di Eropa Barat Laut kini dapat merasakan dukungan konektivitas cloud yang jauh lebih baik.

2. Jakarta, Indonesia

Jakarta berlokasi di jantung sebuah negara yang kini tengah merasakan pesatnya pertumbuhan ekonomi digital. Jumlah pengguna internet di Indonesia diperkirakan akan mengalami peningkatan sebesar 36 juta pada 2028.

3. Los Angeles, Amerika Serikat

Los Angeles adalah pasar media dan hiburan global nomor wahid, dibangun untuk memperluas layanan kokoh perusahaan di industri yang selama bertahun-tahun telah meningkatkan keahlian dan basis pelanggan perusahaan yang dalam.

4. Miami, Amerika Serikat

Miami memungkinkan Akamai Technologies melayani pelanggan yang menjalankan bisnis di Amerika Latin, di mana menghadirkan konektivitas terdistribusi Akamai ke hub bisnis yang berkembang pesat--telah mengalami ledakan talenta teknologi dan investasi modal ventura.

5. Milan, Italia

Milan adalah fondasi pertama di kota terbesar kedua Italia. Pasar layanan cloud di Italia tumbuh 250% dari tahun 2015 hingga 2022. Selain melayani pelanggan di Eropa, lokasi ini juga akan mendukung pelanggan di Timur Tengah.

6. Osaka, Jepang

Core compute region Osaka akan menghubungkan 125 juta populasi Jepang ke backbone Akamai yang dapat diskalakan secara besar-besaran. Jepang menempati urutan ke delapan di dunia sebagai negara dengan populasi digital terbesar.

7. Sao Paulo, Brasil

Amerika Latin merupakan salah satu wilayah dengan populasi digital terbesar yang paling sulit dijangkau, dan Sao Paulo adalah core compute region pertama Akamai di kawasan tersebut, dengan konektivitas tambahan yang telah direncanakan akhir tahun ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Buka 13 Core Compute Region

Dalam 90 hari terakhir, Akamai telah membuka 13 core compute regions baru. Daftar region di atas melengkapi lokasi yang telah ada di Atlanta, Dallas, Fremont, Newark, Toronto, Frankfurt, London, Mumbai, Singapore, Sydney, dan Tokyo, serta regions yang baru-baru ini diumumkan di Chicago, Washington, DC, Paris, Stockholm, Seattle, dan Chennai.

Akamai berencana meluncurkan lebih banyak core compute region global pada tahun ini.

Adam Karon selaku Chief Operating Officer dan General Manager, Cloud Technology Group, Akamai, mengatakan kebutuhan perusahaan untuk menyediakan pengalaman pengguna yang lebih baik mengekspos keterbatasan yang dimiliki model cloud lama dan terpusat.

"Kami mengatasi tantangan yang dialami konsumen dengan membalik skrip. Dengan Akamai Connected Cloud, kami melakukan pendekatan dari luar ke dalam yang mengutamakan distribusi, dibangun di atas komitmen terhadap teknologi asli cloud dan jaringan sama yang telah diandalkan banyak perusahaan raksasa dunia selama lebih dari dua dekade," Adam memaparkan.

 

3 dari 3 halaman

Infografis: Jokowi Blak-blakan Data Intelijen Parpol Jadi Menu Sarapan (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini