Sukses

Jaringan 4G Bikin Trafik Internet XL di Aceh Naik 15 Persen

XL Axiata terus menggeber kualitas dan jangkauan jaringan 4G di seluruh Indonesia termasuk Aceh, kini 3.980 BTS XL melayani 1 juta pelanggan di Aceh dengan trafik internet mengalami kenaikan 15 persen.

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata meningkatkan kualitas jaringan 4G di seluruh provinsi Aceh. Operator seluler ini mencatat, kini sudah ada 3.980 desa/kelurahan di 188 kecamatan sudah dilayani jaringan XL, termasuk pelanggan di pulau-pulau terpencil.

XL Axiata punya 2.300 BTS di seluruh Aceh untuk melayani pelanggannya, di mana sebagian besar sudah berjaringan 4G.

Menurut Group Head XL Axiata West Region Desy Sari Dewi, peningkatan kualitas jaringan yang dihadirkan perusahaan membuat trafik naik hingga 15 persen di Aceh.

"Jumlah pelanggan menjadi hampir 1 juta, karena itu untuk menjaga kualitas layanan kami terus meningkatkan kualitas jaringan, termasuk juga memperluas wilayah layanan," tutur Desy, dikutip dari keterangan resmi XL Axiata, Selasa (3/10/2023).

Ia menambahkan, peningkatkan kualitas jaringan dilakukan dengan berbagai kegiatan. Mulai dari hygiene clearance site, ekspansi dari capacity transport dan radio, penambahan site baru, penambahan jalur backbone, hingga optimalisasi jaringan.

Desy mengungkap, kini Aceh berpenduduk 5,4 juta jiwa dan tersebar di wilayah yang luas. Hal ini jadi tantangan bagi XL untuk hadirkan layanan bagi jumlah penduduk di atas.

Apalagi, secara geografis sebagian besar wilayah Aceh terdiri dari pegunungan yang memanjang dari ujung barat hingga perbatasan dengan Sumatera Utara.

Adapun kabupaten yang berada di area pegunungan terpencil tersebut, yaitu Aceh Tengah, Bener Meriah, dan Aceh Tenggara. Meski begitu, XL Axiata terus meningkatkan layanan di ketiga kabupaten pegunung dalam dua tahun terakhir dengan penambahan jaringan 4G lewat 10 BTS 4G sesuai kebutuhan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rincian Penambahan Kualitas Jaringan di Aceh

Sementara itu di kota/kabupaten lain, seperti Kabupaten Aceh Timur, Kabupaten Nagan Raya, Kota Banda Aceh, Aceh Besar, dalam dua tahun terakhir, XL Axiata telah melakukan penambahan hingga lebih dari 150 BTS.

Khusus di area sepanjang Pantai Barat Aceh, yang juga cukup terpencil, mulai dari Aceh Besar hingga Aceh Selatan, XL Axiata juga menambah lebih dari 80 BTS 4G dalam dua tahun terakhir.

Total ada lebih dari 1.700 desa/kelurahan dan 81 kecamatan di 9 kabupaten telah terlayani layanan 4G XL Axiata di wilayah yang menghadap Samudera Hindia itu.

Bukan hanya itu, penguatan jaringan juga dilakukan di pulau-pulau sekitar yang berada di Provinsi Aceh.

Selain Pulau Weh, XL juga memperkuat jaringan di Pulau Simeulue hingga Pulau Banyak. Di kedua pulau yang berlokasi di Samudera Hindia tersebut, total ada 24 BTS 4G, yang melayani pelanggan di 37 desa.

3 dari 4 halaman

Peningkatan Trafik Data di Pulau Weh

“XL Axiata juga terus berupaya dan berkomitmen dalam memenuhi kebutuhan telekomunikasi masyarakat Aceh khususnya yang berada di Pulau Weh, Sabang," tutur Desy.

Ia mencatat, saat ini di Pulau Weh terdapat 16 BTS 4G yang menjangkau 15 desa di 2 kecamatan yang ada.

Dalam dua tahun terakhir, trafik data di Pulau Weh meningkat hingga 10 persen. Untuk itu, XL Axiata telah menambah 3 BTS 4G dan melakukan optimalisasi jangkuan dan kualitas jaringan. Apalagi Sabang merupakan salah satu destinasi wisata andalan Aceh.

4 dari 4 halaman

XL Axiata Layani 58 Juta Pelanggan Lewat 150 Ribu BTS

Sementara itu secara keseluruhan, jaringan 4G XL Axiata melayani 58 juta pelanggan di seluruh Indonesia.

Jaringan tersebut menjangkau lebih dari 61 ribu desa/kelurahan, 5.700 kecamatan, dan 469 kabupaten di 38 provinsi.

XL Axiata melayani pelanggannya dengan 150 ribu BTS yang mayoritasnya berjaringan 4G. XL Axiata juga memiliki jaringan tulang punggung fiber optik dengan panjang 159 ribu kilometer untuk menopang jaringan data di sebagian besar kepulauan Indonesia yang luas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.