Sukses

Backup Data Chat WhatsApp di HP Android Macet, Ini Cara Memperbaikinya

Backup data chat WhatsApp membantu kamu mencegah kehilangan data dan mentransfer riwayat obrolan WhatsApp dengan aman saat beralih perangkat, tetapi bagaimana jika saat mencadangkan mengalami kendala? Berikut ini tips mengatasinya.

Liputan6.com, Jakarta - Backup data chat WhatsApp membantu kamu mencegah kehilangan data dan mentransfer riwayat obrolan WhatsApp dengan aman saat beralih perangkat.

Kamu dapat memilih untuk mencadangkan data WhatsApp ke Google Drive atau iCloud. Dan WhatsApp akan otomatis menyimpan satu salinan data di salah satu layanan cloud ini dan satu lagi di penyimpanan internal ponsel.

Dengan Google Drive dan iCloud, kamu dapat memilih seberapa sering WhatsApp menyegarkan data obrolan. Mulai dari opsi Tidak pernah, Hanya ketika saya mengetuk “ Cadangkan,” Harian, Mingguan, atau Bulanan.

Beberapa opsi pencadangan lain juga dapat kamu sesuaikan, seperti mencadangkan menggunakan seluler dan menyertakan video. Untuk menemukan semua pengaturan ini, buka aplikasi WhatsApp di HP Android kamu dan pilih Opsi lainnya > Pengaturan > Obrolan > Cadangan obrolan.

Kendati demikian, permasalahan saat mencadangkan obrolan WhatsApp bisa saja terjadi. Misalnya, kamu mencoba mencadangkan obrolan WhatsApp, tetapi mengalami macet? 

Ini masalah umum di kalangan pengguna WhatsApp. Pencadangan obrolan WhatsApp yang memakan waktu terlalu lama juga dapat disebabkan oleh berbagai masalah.

Dilansir Online Tech Tips, Sabtu (30/9/2023), pencadangan WhatsApp yang terlalu lama bisa jadi karena HP kamu tidak memiliki cukup ruang untuk menyimpan cadangan baru.

Kesalahan jaringan, perangkat lunak yang bertentangan, firmware ponsel kedaluwarsa, dan bahkan beberapa kesalahan internal pada aplikasi WhatsApp juga bisa menjadi penyebabnya.

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari Online Tech Tips, cara mengatasinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Memperbaiki Cadangan WhatsApp yang Macet di Android

Untuk melakukan pencadangan, pastikan terlebih dahulu kamu memiliki koneksi internet yang stabil (sebaiknya jaringan Wi-Fi yang kuat) dan akun WhatsApp Anda tertaut ke akun Google yang aktif. 

1. Restart Aplikasi

Jika riwayat obrolan WhatsApp macet saat dicadangkan, ada kemungkinan klien WhatsApp juga macet. Hal pertama yang bisa kamu coba adalah restart aplikasi dan jalankan pencadangan lagi.

2. Kecualikan Video Dari Cadangan

Jika ada terlalu banyak video yang kamu terima atau kirim kepada pengguna lain di WhatsApp, itu bisa menjadi alasan mengapa aplikasi kesulitan menyelesaikan pencadangan. 

Video WhatsApp menghabiskan banyak ruang penyimpanan dan mungkin membuat pencadangan mengalami macet.

Untuk memperbaikinya, luncurkan WhatsApp dan buka Pengaturan WhatsApp. Kemudian pilih Pengaturan > Obrolan > Cadangan obrolan. Gulir ke bawah dan nonaktifkan opsi Sertakan video.

3. Hapus Cache WhatsApp

Jika aplikasi mengumpulkan banyak cache, hal ini dapat menyebabkan masalah saat memuat aplikasi dan menjalankan cadangan obrolan. Menghapus cache dapat membantu memperbaikinya. 

Untuk menghapus cache di WhatsApp, buka aplikasi Pengaturan di HP Android kamu dan pilih Aplikasi (atau Kelola Aplikasi). Kemudian, pilih WhatsApp.

3 dari 4 halaman

Cadangan Lama WhatsApp di Google Drive Menghambat Pencadangan Baru

4. Keluar dari Program Beta WhatsApp

Pengguna WhatsApp Android dapat mendaftar ke program beta WhatsApp. Program ini memungkinkan kamu mendapatkan akses dan menguji pembaruan baru sebelum rilis resminya ke publik.

Namun, versi beta aplikasi terkadang lamban dan menyebabkan masalah seperti cadangan obrolan WhatsApp macet. Coba keluar dari program beta untuk melihat apakah program tersebut meningkatkan pengalaman keseluruhan pada HP Android kamu.

5. Hapus Cadangan Lama Dari Google Drive

Jika kamu sudah mencadangkan obrolan WhatsApp ke akun Google Drive, mungkin file cadangan lama menyebabkan masalah pada cadangan terbaru.

Buka Google Drive dan pilih Penyimpanan dari menu di sisi kiri layar untuk mengelola penyimpanan. Pilih Cadangan di sudut kanan atas layar. Dan temukan cadangan lama yang tidak diperlukan dan ingin dihapus, klik kanan dan pilih Hapus Cadangan.

4 dari 4 halaman

Perbarui Aplikasi WhatsApp dan Google Play Store

6. Perbarui WhatsApp

Jika pencadangan pesan WhatsApp memakan waktu terlalu lama, hal ini mungkin disebabkan oleh versi aplikasi yang kamu gunakan sudah ketinggalan zaman. Untuk memastikan WhatsApp yang mutakhir, buka Google Play Store dan cari WhatsApp .

Di halaman aplikasi, pilih Perbarui. Jika versi WhatsApp kamu sudah terbaru, kamu akan melihat tombol 'Buka', bukan 'Perbarui'.

Kamu juga dapat mencopot pemasangan WhatsApp, mengunduh versi terbaru dari Play Store, dan memasangnya kembali. Kemudian, setelah aplikasi diperbarui, buka WhatsApp untuk melihat apakah tindakan tersebut telah menyelesaikan masalah.

7. Perbarui Layanan Google Play

Jika kamu yakin kesalahan eksternal menyebabkan masalah pada aplikasi WhatsApp, kamu bisa mencoba memperbarui aplikasi layanan Google Play. 

Meskipun kamu tidak menggunakannya secara langsung, aplikasi ini memengaruhi hampir setiap proses terkait aplikasi di HP Android kamu.

Jika kamu belum pernah mengunduh pembaruan perangkat lunak untuk layanan Google Play sebelumnya, kamu mungkin menjalankan perangkat lunak versi lama. Ini  yang menyebabkan masalah dengan aplikasi lain di HP Android kamu.

Nah, itu dia cara mengatasi masalah pencadangan obrolan WhatsApp yang macet di HP Android.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.